PENGARUH NILAI BUKU PER LEMBAR SAHAM, LIKUIDITAS DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP HARGA SAHAM

  • Ni Kadek Rita Anggreni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa
  • Partiwi Dwi Astuti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa
  • I Gusti Ayu Intan Saputra Rini Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali

Abstract

Kepercayaan investor terhadap perusahaan di sektor transportasi menurun karena penurunan harga saham dianggap sebagai penurunan kinerja perusahaan, sehingga menimbulkan reaksi pasar, dan investor tidak optimis berinvestasi di perusahaan sub sektor transportasi. Selain itu, terdapat juga perbedaan hasil pengujian mengenai indikator – indikator yang dapat memberi pengaruh terhadap harga saham. Hal inilah yang menjadi latar belakang pengujian ini. Latar belakang dari analisis ini yakni guna menguji pengaruh nilai buku per lembar saham, likuiditas dan kepemilikan manajerial terhadap harga saham. Pengujian ini dilaksanakan pada perusahaan sektor transportasi yang terdaftar di BEI periode 2019-2021. Pengujian ini menerapkan metode purposive sampling sebagai metode dalam menentukan jumlah sampel. Data dari uji ini dikumpulkan melalui metode dokumentasi selain itu data diolah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian ini menjelaskan nilai buku per lembar saham dan kepemilikan manajerial menunjukkan hubungan positif serta signifikan terhadap harga saham, dan likuiditas menunjukkan hubungan positif serta tidak signifikan terhadap harga saham.

References

Adelia, P. (2021). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Likuiditas, Growth Opportunity dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Tahun 2016-2019. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Anggadini, S. D., & Damayanti, S. (2021). Indikasi Current Ratio Dalam Peningkatan Harga Saham. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, Vol. 10 No. 1. Hal. 47-57.

Brigham & Houston. (2021). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Caronge, E. (2022). Pengaruh Return on Equity (ROE), Earning per Share (EPS), Price to Book Value (PBV) terhadap Harga Saham. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), Vol. 5 No. 2. Hal. 173-181.

Fahmi, I. (2021). Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Irfan, M., & Kharisma, F. (2020). Pengaruh Price to Book Value terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Borneo Student Research (BSR), Vol. 1 No. 2. Hal. 1104-1110.

Lestari, D. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018. Skripsi. Universitas Pancasakti Tegal

Panjaitan, M. A., & Syafina, L. (2023). Pengaruh Informasi Akuntansi Terhadap Harga Saham Sektor Teknologi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, Vol. 7 No. 1. Hal. 721-732.

Saprudin, S. (2019). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Leverage dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, Vol. 3 No. 3. Hal. 19-26.

Published
2023-07-11
How to Cite
Anggreni, N. K. R., Astuti, P. D., & Intan Saputra Rini, I. G. A. (2023). PENGARUH NILAI BUKU PER LEMBAR SAHAM, LIKUIDITAS DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP HARGA SAHAM. Jurnal Riset Akuntansi Warmadewa, 3(2), 18-23. https://doi.org/10.22225/jraw.3.2.7630.18-23
Abstract viewed = 209 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 153 times

Most read articles by the same author(s)