PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR BARANG KONSUMSI

  • Ni Luh Nyoman Lilik Sugiarti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa
  • Partiwi Dwi Astuti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa
  • I Nyoman Sutapa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa

Abstract

Persepsi masyarakat terhadap keberhasilan perusahaan bisa terbentuk dari hal yang dimiliki dan atau yang dilakukan oleh perusahaan dalam upaya mewujudkan nilai perusahaan. Berdasarkan data dari website BEI dalam 3 (tiga) tahun terakhir perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi memiliki nilai perusahaan yang fluktuatif.  Pada tahun 2019 nilai perusahan sebesar 3,8%, dan di tahun 2020 meningkat menjadi 19,24%, sedangkan tahun 2021 terjadi penurunan menjadi 19%. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komisaris independen, dewan direksi dan komite audit terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil populasi manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di BEI tahun 2019-2021. Melalui metode purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan, diperoleh 20 perusahaan sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan; kepemilikan institusional berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan; dan komisaris independen berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini juga menemukan bahwa dewan direksi memiliki pengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan dan komite audit memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan.

References

Aizah, A. N., Setyaningrum, A., & Nurhayati, E. (2021). Pengaruh Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Enterprise Risk Management Sebagai Variabel Moderating. Humanities, Management and Sciene, 1(2), 141–155.

Amaliyah, F., & Herwiyanti, E. (2019). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Dewan Komisaris Independen, dan Komite Audit Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Pertambangan. Jurnal Akuntansi, 9(3), 187–200.

Arum, S., Adi, P., & Suwarti, T. (2022). Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 13(2), 585–596.

Eisenhardt, K. M. (1989). Agency Theory: An Assessment and Review. Source: The Academy of Management Review, 14(1), 57–74.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate IBM SPSS 23 (8th ed.). Universitas Diponogoro.

Hafizah, N. Y. (2020). Pengaruh Good Corporate Governance dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Propertyand Real EstateTahun 2016-2018). Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Finansial Indonesia, 4(1), 41–48.

Hasanah, A. N., & Lekok, W. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan: Kebijakan Dividen Sebagai Pemediasi. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 21(2), 165–178.

Hendrawaty, E. (2017). Perspektif Excess Cash Dalam Teori Keagenan. CV Anugrah Utama Raharja.

Indriantoro, N., & Supomo, B. (2016). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen (Ketujuh). BPFE Yogyakarta.

Itan, I. (2021). Pengaruh Atribut Dewan Direksi dan Struktur Kepemilikan terhadap Kinerja Perusahaan dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening. Forum Ekonomi, 23(2), 254–263.

Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory of The Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure. In Journal of Financial Economics (Vol. 3). Q North-Holland Publishing Company.

Kamela, H. (2021). Dewan Direksi, Dewan Komisaris Terhadap Nilai Perusahaan Konsumsi: Top 20 Perusahaan Terdaftar di BEI. Journal Of Applied Managerial Accounting, 5(1), 01–07.

Manossoh, H. (2016). Good Corporate Governance Untuk Meningkatkan Kualitas Laporan Keuangan (I. Wulansari, Ed.). PT Norlive Kharisma Indonesia.

Mawei, M. F. G., & Tulung, J. E. (2019). Pengaruh Dewan Direksi, Ukuran Perusahaan Dandebt To Equity Ratioterhadap Nilai Perusahaan Pada Subsektor Food And Beverageyang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA, 7(6), 3249–3258.

Mirnayanti, & Rahmawati, I. (2022). Pengaruh Komite Audit Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2019. Jurnal Bina Bangsa Ekonomi, 15(1), 20–29.

Nurdiwaty, D. (2020). Analisis Pengaruh Mekanisme GCG terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Logam Dan Sejenisnya. Jurnal PETA, 5(2), 50–65.

Nursanita, Faruqi, F., & Rahayu, S. (2019). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di Indonesia tahun 2015-2018. Jurnal STEI Ekonomi, 28(1), 153–171.

Pramesti, A. A. (2022). Pengaruh Diversitas Dewan Direksi Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 1(2), 188–198.

Puja, S. S., Widiatmoko, J., & IndartI, MG. K. (2019). Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Periode 2015-2018). National Conference on Applied Business, 452–463.

Purba, N. M. B., & Effendi, S. (2019). Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Jurnal Akuntansi Barelang, 3(2), 64–74.

Published
2023-07-11
How to Cite
Sugiarti, N. L. N. L., Astuti, P. D., & Sutapa, I. N. (2023). PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR BARANG KONSUMSI. Jurnal Riset Akuntansi Warmadewa, 4(1), 01-06. https://doi.org/10.22225/jraw.4.1.7613.01-06
Abstract viewed = 358 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 298 times