PENGELOLAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) INTERNAL BERDASARKAN PERSEPSI KARYAWAN HOTEL BINTANG LIMA DI WILAYAH KUTA
PENGELOLAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) INTERNAL BERDASARKAN PERSEPSI KARYAWAN HOTEL BINTANG LIMA DI WILAYAH KUTA
Abstract
Kesejahteraan karyawan menjadi isu dan fenomena yang menarik tentang CSR, karena pada umumnya CSR hanya dilakukan kepada pihak eksternal seperti masyarakat dan lingkungan sekitar. Penelitian mengenai pengungkapan CSR internal khususnya pada industri perhotelan masih jarang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan CSR internal hotel bintang lima di Wilayah Kuta, menganalisis persepsi karyawan hotel tentang kegiatan CSR internal yang dilakukan oleh hotel, serta membandingkan kegiatan CSR internal dengan GRI Standards. Sampel responden dipilih dengan dengan random sampling dan metode pengumpulan data dengan kuesioner, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif dan analisis data kualitatif deskriptif komparatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa: 1) Kegiatan CSR internal yang telah dilakukan oleh hotel bintang lima di Wilayah Kuta secara umum meliputi pemberian tanggungan kesehatan dan ketenagakerjaan, menjenguk karyawan yang sedang sakit, memberikan sumbangan kepada karyawan yang sedang berduka cita, memberikan cuti hamil. 2) Persepsi karyawan hotel mengenai kegiatan CSR internal yang dilakukan hotel bintang lima di Wilayah Kuta secara umum setuju bahwa hotel telah melakukan kegiatan CSR internal berdasarkan indikator sosial pada GRI Standards dengan total 9 aspek. 3) Berdasarkan perbandingan antara kegiatan CSR internal dengan GRI Standards, CSR interbal yang telah dilakukan oleh hotel bintang lima di Wilayah Kuta telah sesuai dengan GRI Standards.
Kata Kunci: Kegiatan CSR Internal, Persepsi Karyawan Hotel, Perbandingan Kegiatan CSR Internal dengan GRI Standards.