PKM Kesehatan Pekerja Seks Perempuan dalam Penanggulangan IMS dan HIV/AIDS di Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung

  • Luh Gede Pradnyawati Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa
  • Dewa Ayu Putu Ratna Juwita Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa
  • Made Indra Wijaya Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa
  • Komang Triyani Kartinawati Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa
Keywords: Pekerja seks perempuan, IMS, HIV/AIDS, Kecamatan Kuta

Abstract

Bali adalah salah satu provinsi di Indonesia yang menjadi tujuan para traveler dari seluruh dunia, baik untuk berwisata, berbisnis, maupun bekerja yang rentan terhadap penyebaran dan penularan penyakit IMS dan HIV/AIDS. Lokalisasi Jalan Setia Budi adalah salah satu titik lokalisasi yang berada di Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Lokalisasi ini sudah ada sekitar 10 tahun dan beroperasi 24 jam dan rentan penularan IMS dan HIV/AIDS. Minimalnya pengetahuan mitra PSP (Pekerja Seks Perempuan) mengenai penanggulangan IMS dan HIV/AIDS tersebut. Mitra yang dalam hal ini sebagai perpanjangan tangan dari tenaga kesehatan tidak memiliki gambaran mengenai pelaksanaan program penanggulangan IMS dan HIV/AIDS tersebut. Mereka tidak mengetahui hal-hal yang berbahaya dari IMS dan HIV/AIDS, faktor risiko, cara penularannya serta cara pencegahannya salah satunya adalah program VCT. Dengan terjadinya pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung sejak 3 tahun lalu, membuat terjadinya penurunan pemasukan dari pelanggan yang berdampak pada perekonomian mereka. Sehingga mereka membutuhkan penghasilan tambahan selain dari memuaskan pelanggan. Dari permasalahan yang dihadapi, maka solusi yang dapat ditawarkan adalah melaksanakan focus group discussion mengenai pencegahan IMS dan HIV/AIDS dengan melibatkan mitra, mucikari dan PSP. Dari kegiatan ini telah meningkatkan pemahaman PSP serta orang-orang di sekitar lokalisasi mengenai pentingnya penanggulangan IMS dan HIV/AIDS. Peningkatan skill PSP melalui pelatihan bagi mitra dalam pembuatan APD seperti masker, handsanitizer, face shield. Pelatihan ini dilakukan untuk membantu PSP dalam mencari pemasukan tambahan selain bekerja di lokalisasi sehingga permasalahan perekonomian mereka terbantu di masa pandemi Covid-19.

 

Kata Kunci : Pekerja seks perempuan, IMS, HIV/AIDS, Kecamatan Kuta

 

References

Profil Kecamatan Kuta, 2020. Profil Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Purnamawati, D. (2013). Perilaku Pencegahan Penyakit Menular Seksual di Kalangan Wanita Pekerja Seksual Langsung Behavioral Prevention of Sexual Transmitted Disease among Direct Female. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, Volume 7.

WHO. (2013). Report on Global Sexually Transmitted Infection Surveillance 2013.

Pradnyawati et al. 2019. Sexual Behaviours for Contracting Sexually Transmitted Infections and HIV at Badung Traditional Market, Bali. Jurnal Kesehatan Masyarakat KEMAS. 14 (3) (2019) 340-346.

Widyastuti, W. (2007). Perilaku Menggunakan Kondom pada Wanita Penjaja Seks Jalanan di Jakarta Timur Tahun 2006. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, Volume 1, 161–167.

SDKI. (2012). Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia. Jakarta.

Kemenkes. (2013). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta.

Kemenkes. (2015). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta.

Dinas Kesehatan Kota Denpasar. (2015). Laporan Tahunan Dinas Kesehatan Kota Denpasar. Denpasar.

Dinas Kesehatan Provinsi Bali. (2015). Laporan Tahunan Dinas Kesehatan Provinsi Bali. Denpasar.

Pradnyawati. (2020). An explorative study on the use of condom among direct commercial female sex workers in Sanur. The Proceedings of the 1st Seminar The Emerging of Novel Corona Virus, nCov 2020.

Pradnyawati et al. (2022). Risky sexual behavior and prevention of STIs in female merchants based on behavioral theory of health belief model: an exploratory study in Denpasar city, Bali. Journal of International Surgery and Clinical Medicine (JISCM) 2022, Volume 2, Number 1: 26-30.

Pradnyawati. (2021). Preventive Behavior of Sexually Transmitted Infections and HIV/AIDS Among Female Sex Workers in Gianyar Regency. Jurnal Genta Kebidanan. Volume 10 Nomor 2 Juni (2021) 72-79.

Pradnyawati dan Cahyawati. (2019). Pemberdayaan Perempuan di Pasar Sindhu Sanur, Kota Denpasar untuk Pencegahan IMS dan HIV/AIDS. Community Services Journal (CSJ), 1(2) (2019), 74-78.

Published
2023-05-28
Section
Articles
Abstract viewed = 191 times
PDF downloaded = 164 times