Edukasi Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan Pelatihan Pasar Modal pada Sekaa Teruna Widya Bhakti Banjar Pegok, Kelurahan Sesetan, Denpasar Selatan

  • Made Dharmesti Wijaya Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa
  • Anak Agung Gede Indraningrat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa
  • Ida Ayu Agung Idawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Warmadewa
Keywords: TOGA, pasar modal, sekaa teruna

Abstract

Sekaa Teruna (ST) merupakan organisasi sosial masyarakat yang ada di tingkat banjar di Bali. Pada setiap banjar, ST dibentuk sebagai wahana bagi remaja untuk belajar berorganisasi dan menjalankan berbagai program kepemudaan baik dari segi sosial keagamaan maupun sosial kemasyarakatan. Mitra pada PKM ini adalah ST Widya Bhakti yang dibentuk di Banjar Pegok Sesetan dan aktif melakukan aktivitas kepemudaan di tingkat banjar dan desa. Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini difokuskan dalam mengatasi permasalahan mitra untuk memberikan pendampingan dan pengetahuan tentang tanaman obat keluarga (TOGA). Selain itu, mitra juga membutuhkan pelatihan tentang pasar modal khususnya tentang investasi saham. Dalam kegiatan ini, metode yang digunakan adalah focus group discussion, penyuluhan tentang konsep dan cara pemanfaatan TOGA secara tradisional, pelatihan tentang investasi pasar modal, serta pemberian bantuan berupa bibit TOGA dan set composting bag untuk mengolah sampah organik. Berdasarkan hasil pretest dan posttest, diketahui telah terjadi peningkatan pemahaman dan pengetahuan mitra terkait materi yang diberikan, dari nilai rata-rata 60/100 menjadi 88/100 setelah pemberian materi. Hasil monitoring dan evaluasi (monev) menunjukkan bahwa mitra sudah memanfaatkan bibit yang diberikan dengan menanamnya di pekarangan rumah. Mitra juga telah mencoba melakukan recycle sampah organik dengan composting. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegiatan PKM ini telah meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mitra dalam pemanfaatan TOGA dan literasi pasar modal.

References

Anonim. ST Widya Bakti Banjar Pegok Dukung Percepatan Pemulihan Perekonomian Bali. Bisnis Bali. 2022.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Surat Edaran No. HK.02.02/IV/2243/2020 tentang Pemanfaatan Obat Tradisional untuk Pemeliharaan Kesehatan, Pencegahan Penyakit, dan Perawatan Kesehatan. 2020.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/187/2017 tentang Formularium Ramuan Obat Tradisional Indonesia.

Zaenab., Nasution A. Sosialisasi Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Guna Meningkatkan Imunitas Tubuh Pada Masa Pandemi Covid dI Kampung Belimbing III Kota Depok Kecamatan Pancoran Mas Tahun 2020. Jurma: Jurnal Program Mahasiswa Kreatif. 2020;4(2):222-32.

Dwidjosumarno BHS, Yayah A, Sasi A. PKM Literasi Pasar Modal Bagi Mahasiswa di Surabaya. Share: Journal of Service Learning. 2022;8(1).

Published
2023-05-28
Section
Articles
Abstract viewed = 87 times
PDF downloaded = 86 times