Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sebagai Upaya Pencegahan Stunting di SDN 2 Kerta, Kabupaten Gianyar

  • Komang Trisna Sumadewi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa
  • Saktivi Harkitasari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa
  • Luh Gede Evayanti Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa
  • Dewa Ayu Agung Alit Suka Astini Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa
  • Ni Putu Diah Witari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa
Keywords: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Sekolah Dasar, Banjar Pilan

Abstract

Kesehatan merupakan salah satu indikator untuk menentukan kesejahteraan suatu bangsa. Salah satu masalah kesehatan yang saat ini menjadi fokus pemerintah adalah stunting. Untuk menurunkan angka kejadian stunting diperlukan suatu upaya yang dapat meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat akan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Usia sekolah dasar sangat baik dalam pemberian stimulus dan efektif untuk merubah perilaku yang lebih baik. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman siswa mengenai PHBS serta melatih siswa mencuci tangan yang benar. Berdasarkan wawancara bersama Kelian Banjar Pilan didapatkan permasalahan antara lain kurangnya pengetahuan siswa mengenai PHBS dan penerapannya karena keterbatasan informasi yang didapatkan serta keterampilan siswa dalam mencuci tangan yang benar juga masih rendah. Dari permasalahan tersebut, maka ditetapkan solusi berupa sosialisasi mengenai PHBS, simulasi mencuci tangan yang benar dan pendampingan kepada siswa dalam mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN 2 Kerta dan diikuti oleh 35 orang siswa. Program pengabdian ini terlaksana dengan lancar dan seluruh siswa (100%) hadir saat kegiatan berlangsung. Seluruh siswa (100%) memiliki peningkatan pengetahuan setelah sosialisasi yang dilihat dari nilai pretest dan posttest. Rerata pretest sebesar 6,17 sedangkan untuk rerata posttest sebesar 9,66 (peningkatan pengetahuan sebesar 56,5%). Hasil observasi selama pendampingan menunjukkan peningkatan keterampilan siswa dalam mencuci tangan secara mandiri. Untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat serta penyebaran informasi yang lebih luas, hendaknya kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan dengan melibatkan peserta yang lebih luas.

References

Julianti R, Nasirun HM. Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Ilmiah Potensia. 2018; 3(2): 11-17

Rengas P, Hinai K, Humaizi KL, Yusuf M. Peningkatan Kesadaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Anggota Karang Taruna Desa. Dharma Raflesia Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS. 2021;19(01):146–53.

Sumadewi KT, Harkitasari S, Lestarini A. Pencegahan Stunting Melalui Perbaikan Gizi Di Banjar Gadungan, Desa Bresela, Kecamatan Payangan. Warmadewa Minesterium Medical Journal. 2022;1(3): 68-75

Purwanto D, Elia Rahmad R. Pengaruh Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Terhadap Stunting Pada Balita di Desa Jelbuk Kabupaten Jember. Jurnal Ilmiah Wawasan Kuliah Kerja Nyata. 2020; 1(1): 10-13

Ulum RB, Ulya U, Munawaroh S, Salsabila AN, Assyauqi SA. Implementasi Pola Hidup Sehat Pada Masyarakat Desa Banjarsari Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang Sebagai Upaya Penanggulangan Stunting. JRCE (Journal of Research on Community Engagement) [Internet]. 2023 Mar 31;4(2):93–101.

Witari NPD, Kerans FFA, Sumadewi KT, Dewi AAAIP, Putri NLP. Pendampingan Gizi Seimbang Pada Kader Posyandu Banjar Tengah Desa Blahbatuh Gianyar Bali. Jurnal Peduli Masyarakat. 2023; 5(1): 75-79

Purbo MZ, Sari AP, Anaqoh JS et al. Pengenalan dan Implementasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam Pencegahan Stunting di PAUD Desa Ngoro. Jurnal Mangente. 2022; 2(1).

Suryani L, Payung S, Pekanbaru N. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Siswa/I Sekolah Dasar Negeri 37 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru.

Andriansyah Y, Natalia Rahmantari D. Penyuluhan Dan Praktik PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat) Dalam Mewujudkan Masyarakat Desa Peduli Sehat. Inovasi dan Kewirausahaan. 2013;2(1):45–50.

Salim MF, Syairaji M, Santoso DB, Pramono AE, Askar NF. Edukasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Samigaluh Kulonprogo. Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat. 2021; 4(1): 19-24

Fadila RA, Rachmayanti RD. Pola Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Tatanan Rumah Tangga di Kota Surabaya, Indonesia. Media Gizi Kesmas. 2021; 10: 213-221

Tahir M, Suhaenah A. Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Di SD Inpres Borisallo Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa. 2019;4(2).

Damayanti AY, Studi P, Gizi I, Kesehatan I, Gontor D. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Dan Status Gizi Santriwati Di Pondok Pesantren. Darussalam Nutrition Journal. 2020;4(2):143–50.

Amalia A, Dewi PAPL, Salsabilla LR, Wardan IGANRK, Sakti HF, Yanseda YT, et al. Penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Sebagai Upaya Pencegahan Stunting di Desa Eyat Mayang Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. 2022; 5(4):338–42.

Published
2023-05-28
Section
Articles
Abstract viewed = 643 times
PDF downloaded = 293 times