Pendidikan Gizi dengan Metode Tutor Sebaya (Peer Teaching) Sebagai Upaya untuk Mengatasi Obesitas
Abstract
Latar belakang. Angka kejadian obesita di Indonesia terus mengalami peningkatan dan diikuti pula dengan meningkatya prevalensi penyakit tidak menular. Peran serta masyarakat untuk ikut berperan dalam menurunkan angka obesitas sangat diperlukan. Pendidikan gizi melalui pemanfaatan potensi masyarakat yang peduli dengan permasalaan obesitas menjadi upaya yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi permasalahan obesitas. Tujuan. Mengetahui pengaruh pendidikan gizi melalui pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan pemahaman dalam mencegah obesitas. Metode. Program Pengabdian kepada Masyarakat dilaksanakan di RT 01 RW 02 Kelurahan Dukuh Menanggal dengan memberikan pendidikan gizi terkait obesitas melalui metode peer teaching (tutor sebaya) menggunakan media informasi booklet dan flipchart. Kegiatan ini diikuti oleh 18 warga yang terdiri dari 3 tutor dan 15 peserta tutoring. Efektivitas kegiatan diukur dari hasil peningkatan pemahaman yang dilihat dari skor pre-pos test dan kepuasan peserta tutoring yang diukur dengan kuesioner kepuasan. Hasil dan pembahasan. Rata-rata pemahaman peserta tutoring mengalami peningkatan sebesar 29,7% dan 80% peserta merasa puas serta 20% merasa cukup puas dengan pelaksanaan pendidikan gizi melalui metode tutor sebaya. Kesimpulan. Metode peer teaching atau tutor sebaya tidak hanya memiliki peluang untuk dapat diterapkan di sistem pembelajaran peserta didik, namun juga memiliki peluang diterapkan dalam kegiatan pendidikan gizi. Peran masyarakat sekitar yang peduli terhadap masalah gizi dan kesehatan juga dapat dioptimalkan dengan melibatkan masyarakat tersebut untuk dapat memberikan paparan informasi gizi dan kesehatan kepada masyarakat sekitar tempat tinggalnya.
References
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Hasil Utama Riskesdas 2018. 2018.
Febianti YN. Peer Teaching (Tutor Sebaya) Sebagai Metode Pembelajaran Untuk Melatih Siswa Mengajar. Edunomic. 2014;2 (2):81–7.
Hertiavi MA, Kesaulya N. Peer Teaching sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Program Sarjana Pendidikan Fisika. PSEJ (Pancasakti Sci Educ Journal). 2020;5(1):28–34.
Smith A. Peer Health Teaching Improves Nutrition Behaviors in the Teen Teacher Population. Nutr Heal Sci Diss Theses [Internet]. 2014;48:1–92. Available from: http://digitalcommons.unl.edu/nutritiondiss/48/
Nurhadi ZF, Kurniawan AW. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian. J Komun Has Pemikir dan Penelit. 2017;3(1):90–5.
Putri PH, Ainani FNN, Yuliani K, Sunaryo M, Puspitasari P. Edukasi Dengan Media Booklet Terhadap Pengetahuan Gizi Prakonsepsi, Sikap dan Asupan Zat Gizi Makro Wanita Pranikah. Prev Indones J Public Heal. 2021;6(2):88.
Tullis JG, Goldstone RL. Why does peer instruction benefit student learning? Cogn Res Princ Implic. 2020;5(1).
Wicaksana A. Efektivitas Metode Pembelajaran Peer Tutoring untuk Pencapaian Kompetensi Membuat Pola Rok Siswa Kelas X di SMK Ma’arif 2 Sleman Yogyakarta [Internet]. Https://Medium.Com/. Universitas Negeri Yogyakarta; 2016. Available from: https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Muir LA, Neeley CK, Meyer KA, Baker NA, Brosius AM, Washabaugh AR, et al. Adipose tissue fibrosis, hypertrophy, and hyperplasia: Correlations with diabetes in human obesity. Obesity. 2016;24(3):597–605.
Vekic J, Zeljkovic A, Stefanovic A, Jelic-Ivanovic Z, Spasojevic-Kalimanovska V. Obesity and dyslipidemia. Metabolism [Internet]. 2019;92:71–81. Available from: https://doi.org/10.1016/j.metabol.2018.11.005
Blüher M. Adipose tissue dysfunction contributes to obesity related metabolic diseases. Best Pract Res Clin Endocrinol Metab [Internet]. 2013;27(2):163–77. Available from: http://dx.doi.org/10.1016/j.beem.2013.02.005
Hasanah AN. Efektifitas Metode Tutor Sebaya Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Kelas 5 SD N 1 …. 2021;(1):283–94. Available from: http://etheses.iainponorogo.ac.id/15570/%0Ahttp://etheses.iainponorogo.ac.id/15570/1/210617046_ANGGIA NUR HASANAH_PGMI.pdf
Ullah I, Kaleem M, Aamir SM. Effectiveness of peer tutoring on the academic achievements of tutors and tutees with respect to knowledge, comprehension and application levels of cognitive domain. FWU J Soc Sci. 2020;14(4):68–79.