Klinik Wisata Dan Kode Etik Rumah Sakit

  • Made Indra Wijaya Warmadewa University
  • Luh Gede Pradnyawati
  • I Made Aditya Mantara Putra
Keywords: program kemitraan masyarakat, kesehatan pariwisata, RSU Payangan, Universitas Warmadewa

Abstract

ABSTRAK

Sepanjang tahun 2022, COVID-19 dengan tingkat keparahan yang rendah masih dilaporkan terjadi di Bali. Walaupun demikian, wisatawan, baik nusantara maupun asing, telah mulai berdatangan ke Bali. Pertemuan, insentif, konferensi, dan pameran yang memerlukan transportasi dan akomodasi, mulai berlangsung di Bali. Menjelang pertemuan G20, pertemuan, insentif, konferensi, dan pameran semakin sering diselenggarakan di Bali. Ubud, yang menjadi tujuan wisata terkenal di Bali, juga mulai pulih. Dengan program pengabdian kepada masyarakat terhadap kelompok profesional pemberi asuhan dan karyawan yang terlibat dalam pemasaran rumah sakit, diharapkan akan memfasilitasi Rumah Sakit Payangan untuk merintis pelayanan klinik wisata. Kelompok karyawan non klinis adalah staf atau karyawan yang terlibat dalam pemasaran, sedangkan profesional pemberi asuhan terdiri dari apoteker/tenaga teknis kefarmasian, bidan, perawat, dan dokter umum. Untuk menggali informasi tentang pelayanan kesehatan bagi wisatawan, maka mula-mula dilakukan grand round. Dengan demikian, bimbingan teknis yang diberikan sesuai dengan apa yang dibutuhkan karyawan. Dari grand round ditemukan bahwa: (1) praktik kedokteran pariwisata belum mengikuti panduan dari Perhimpunan Kedokteran Pariwisata Internasional atau Jaringan dan Pusat Kesehatan Pariwisata Nasional; dan (2) kelompok karyawan non klinis belum terpapar dengan kode etik pemasaran rumah sakit.

References

Hatz C, Chen LH. Pretravel consultation. In: Travel Medicine. ; 2018. doi:10.1016/B978-0-323-54696-6.00004-5

Sanford C, McConnell A, Osborn J. The pretravel consultation. Am Fam Physician. 2016;94(8).

Bazemore A, Huntington M. The pretravel consultation. Am Fam Physician. 2009;80(6).

Murray HW. The Pretravel Consultation: Recent Updates. Am J Med. 2020;133(8). doi:10.1016/j.amjmed.2020.02.005

Yung A, Leder K, Torresi J, et al. Manual of Travel Medicine. Vol 19.; 2012. doi:10.1111/j.1708-8305.2012.00648.x

Hunt SD, Vitell S. A General Theory of Marketing Ethics. J Macromarketing. 1986;6(1). doi:10.1177/027614678600600103

Ferrell OC, Keig DL. The Marketing Ethics Course: Current State and Future Directions. J Mark Educ. 2013;35(2). doi:10.1177/0273475313491498

Schlegelmilch BB, Öberseder M. Half a century of marketing ethics: Shifting perspectives and emerging trends. J Bus Ethics. 2010;93(1). doi:10.1007/s10551-009-0182-1

Murphy PE. Research in marketing ethics: Continuing and emerging themes. Rech Appl en Mark. 2017;32(3). doi:10.1177/2051570717701414

Hopkins CD, Ferrell OC, Ferrell L, Hopkins KH. Changing Perceptions of Marketing Ethics and Social Responsibility in Principles of Marketing. J Mark Educ. 2021;43(2). doi:10.1177/0273475321995553

Laczniak GR, Murphy PE. The role of normative marketing ethics. J Bus Res. 2019;95. doi:10.1016/j.jbusres.2018.07.036

Published
2023-09-28
Abstract viewed = 226 times
PDF downloaded = 192 times