PENGARUH MOTIVASI KERJA, PENGALAMAN KERJA DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA GURU DI SMK KESEHATAN BALI DEWATA
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi kerja, riwayat kerja, dan pendidikan terhadap kinerja guru. Survei dilakukan di Sekolah Tinggi Kesehatan Bali Dewata, dengan menggunakan sampel sebanyak 36 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Seluruh data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner dapat digunakan dan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan regresi berganda dan pengujian hipotesis (uji-t dan uji-f). Hasilnya, (1) motivasi kerja, pengalaman kerja, dan pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di Sekolah Tinggi Kesehatan Bali Dewata (2) motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di Sekolah Tinggi Kesehatan Bali Dewata Hal tersebut terbukti berdampak positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Artinya semakin tinggi motivasi kerja maka semakin baik kinerja guru di Sekolah Tinggi Kesehatan Bali Dewata. (3) Riwayat pekerjaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di Sekolah Tinggi Kesehatan Bali Dewata. Artinya semakin baik pengalaman profesional maka semakin baik pula kinerja guru Sekolah Tinggi Kesehatan Bali Dewata. (4) Pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di Sekolah Tinggi Kesehatan Bali Dewata. Dengan kata lain, semakin banyak pelatihan maka semakin baik kinerja guru di Sekolah Tinggi Kesehatan Bali Dewata.
Referensi
Ace Nungki Wibowo (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Morivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Blora Tahun 2021. Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol 4. No 6
Ai Elis Karlinda, Putri Azizi, Mardhatila Fitri Sopali (2021). Pengaruh Pengalaman Kerja, Prestasi Kerja, Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Pengembangan Karir Pada Pt. Pln (Persero) Kota Padang Rayon Kuranji. E-Jurnal stmkijayakarta Vol. 5 No.2
Dwi Handayani (2019). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan,Motivasi, serta Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Negeribanyuasin. E-Journal Ilmu Manajemen Vol 6 No 2
Gusti Marliani, Toto Sugiarto, Grey Verent (2017). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PT.PLN (Persero) Tamiang Layang. E-Journal Stimi, 4(2), 32.
Herodia Totween Helniha (2019) . Pengaruh Pelatihan Guru, Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 2 Ambon. E-Journal Vol 13. No 2
I Kadek Suadnyana, I Wayan Gede Supartha (2018). Pengaruh Penilaian Kinerja, Pengalaman Kerja, Dan Pelatihan Terhadap Pengembangan Karir Karyawan. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 4
Imam Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 2Kasmir. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik) (PT Raja Gr).
Kasmir. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik) (PT Raja Gr)
Malayu. S.P Hasibuan. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Mangkunegara, A. A. A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Malayu. S.P Hasibuan. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Mangkunegara, A. A. A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rivai, Veithzal, dkk. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: dari Teori ke Praktek (Depok: PT RajaGrafindo Persada (ed.)).
Rizaldi Putra, Nyoto, Suyono, Evi Wulandari (2019). Pengaruh, Motivasi Pelatihan, Budaya Organisasi,Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Guru Di SMK Negeri Kota Pekanbaru. E-Journal Ilmiah Manajemen Vol 7. No. 3
Suwarno, Ronal Aprianto (2019). Pengaruh Pengalaman Kerja Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Sinar Niaga Sejahtera Kota Lubuklinggau. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Volume 24 No. 1
Sugiyono. (2017). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.Bandung: ALFABETA
Yuse Herlina, Ahmad Alim Bachri, Maya Sari Dewi (2019). Pengaruh Motivasi, Pendidikan, Pelatihan Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Guru SMKN 5 Banjarmasin. E-Jurnal Wawasan Manajemen, Vol. 7 Nomor 1