PERAN VARIASI MENU, LOKASI, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KEMBALI (STUDI KASUS PADA ZACTIE BAR AND RESTAURANT)
Abstrak
Di tengah persaingan industri kuliner yang semakin intens ditandai dengan pertumbuhan jumlah restoran yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, pemasar perlu memberikan upaya ekstra untuk memahami kebutuhan dan keinginan konsumen. Pemahaman yang lebih baik dapat menjadi referensi dalam menyusun strategi pemasaran demi meningkatkan minat konsumen melakukan pembelian kembali. Hal tersebut menjadi latar belakang penelitian ini untuk menganalisis faktor yang mendorong keputusan pembelian kembali. Penelitian ini melakukan studi kasus di Zactie Bar and Restaurant Denpasar. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung ke Zactie Bar and Restaurant. Sampel penelitian berjumlah 96 responden yang diambil menggunakan rumus Crochran. Metode pengumpulan data adalah survey dengan kuesioner. Teknik analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji pengaruh variabel bebas terhadap variabel dependen. Hasil Penelitian menemukan bahwa variasi menu, lokasi, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dalam upaya meningkatkan keputusan pembelian, aspek-aspek yang perlu diperhatikan terkait variasi menu adalah memperbanyak jenis pilihan makanan dan minuman, membuat cita rasa makanan dan minuman yang unik dan bervariasi serta menambah ukuran porsi makanan dan minuman. Aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam pemilihan lokasi yaitu keterjangkauan lokasi, kelancaran akses menuju lokasi, serta kedekatan lokasi dengan pusat kegiatan masyarakat. Aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan kualitas pelayanan yaitu kehandalan karyawan, daya tanggap karyawan, jaminan kualitas makanan, pemahaman terhadap permintaan konsumen, serta kenyamanan ruang restoran.
Referensi
Daftar Pustaka
Adeline, M. S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Rumah Makan D’Pawon Tegal. In Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Katolik Parahyangan. Bandung.
Afifi, F. F., & Widodo, A. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Restoran Aroma Kitchen Kota Padang. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(2), 481-486.
Angriani, A. (2018). Pengaruh Varian Menu dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Catering Ukhuwah Di Makassar. Universitas Muhammadiyah, Makassar.
Anim, A., & Indiani, N. L. P. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Kembali (Studi Kasus Pada Start Up Coffee Renon Denpasar). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 99–108. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/2432.
Aryandi, J., & Onsardi, O. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Cafe Wareg Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 1(1), 117–127.
Azlam, R., & Asse, A. (2018). Strategi Pemasaran Online (Studi Kasus Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank Di Makassar) Online Marketing Strategy (Case Study of Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank in Makassar). Jurnal Komunikasi KAREBA, 7(2), 219–231.
Belch, G.E., & Belch, M. A. (2010). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective (8 th Editi). Pearson Education.
Ghanimata, F., & Kamal, M. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang). Diponegoro Journal of Management, 1(2), 1–10.
Hardiansyah, F., Nuhung, M., & Rasulong, I. (2019). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Singapore Di Kota Makasar. 3(1), 90–107.
Hasbi, R., & Hadi, S. P. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Pada Portobello Cafe Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(2), 1074–1084.
Istianto, John, H., & Maria, J. T. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Makan Ketty Resto. Jurnal Ekonomi Dan Informasi Akuntansi (JENIUS), 1(3), 275–293.
Istiqomah, L. (2019). Pengaruh Citra Merek, Suasana Toko, Variasi Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian di Resto X. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Iswayanti, I. P., & Dwiyanto, B. M. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Harga, dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada rumah makan “Soto Angkring Mas Boed†di Semarang). Universitas Diponegoro.
Jayasmara, W. B. M. (n.d.). Pengaruh kualitas pelayanan, dan lokasi terhadap keputusan konsumen menginap pada Risata Bali Resort & Spa. Universitas Warmadewa.
Katrin, I. L., & Setyorini, H. D. (2018). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Restoran Javana Bistro Bandung. The Journal Gastronomy Tourism, 3(1), 246–254.
Kinanti, S. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan variasi produk terhadap keputusan pembelian Ramen Rajuri cabang Jatinangor: Studi pada konsumen Ramen Bajuri cabang Jatinangor. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Kotler, & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi Keduabelas. Terjemahan Benjamin Molan (12th ed.). PT Indeks.
Kotler, Philip & Keller, K. L. (2011). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. (2004). Marketing Management. Prentice Hall.
Nur Arifiani, P. (2020). Pengaruh variasi menu, store atmosphere dan citra restoran terhadap keputusan pembelian. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.
Oktavianto, R., & Hidayat, W. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keberagaman Menu, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Angkringan Ariesta Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(1), 130–139.
Perwira, M. G. (n.d.). Pengaruh Atribut Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Restoran Nasi Kulit Syuurga. STIE Malangkucecwara.
Prasetyo, P. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Ayam Bakar Kq5 Bandung. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.
Puspa, R., Permana, A., & Nuryanti, S. (2017). Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Perumahan Ciujung River Park Serang, Banten). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 3(02), 205–215.
Rasa, D. A. N. (2021). analisis regresi linier. Hasil penelitian ini menunjukkan. 2(3), 368–376.
Rifa’I, F. (2012). Pengaruh Kualitas Layanan, Lokasi dan Variasi Menu Terhadap Keputusan Pembelian Pada Warung Makan Airin Kebumen. Jurusan Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Kebumen.
Santoso, A., & Widowati, S. (2011). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 13(2), 179 – 190.
Saputra, M. D. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Di Restoran Ayam Penyat Surabaya Di Boyolali. EKOBIS: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 7(2), 43–47.
Sasongko, D. R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Rumah Makan Barokah Purwokerto). Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Senggetang, V., Mandey, S. L., & Moniharapon, S. (2019). Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado (The Influence Of Location, Promotion And Price Perception To Consumer Purchase On Kawanua Emerald City Manado Housing). Jurnal EMBA, 7(1), 881–890. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/22916
Setiawan, A. I. (2020). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Padang Padi Rimbun Banjarbaru. Universitas Islam Kalimantan MAB.
Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasa. Rineka Cipta.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi Offset.