TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) UNTUK MENGANALISIS PENGGUNAAN ONLINE BANKING DI PT BANK RAKYAT INDONESIA, TBK. CABANG GIANYAR

  • Putu Yudha Asteria Putri UNIVERSITAS WARMADEWA
  • I Gede Nyoman Carlos Wiswanatha Mada
  • Putu Yudha Asteria Putri
Kata Kunci: Technology Acceptance Model

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menjelaskan secara menyeluruh penggunaan online banking yang dipengaruhi oleh Technology Acceptance Model pada nasabah di PT Bank Takyat Indonesia, Tbk. Cabang Gianyar. Penelitian juga bertujuan memberikan pertimbangan bagi manajemen sebuah perbankan terkait pentingnya fokus perhatian terhadap penggunaan online banking guna meningkatkan kualitas pelayanan pada nasabah. Penelitian ini menggunakan 100 nasabah yang menggunakan online banking sebagai sampel penelitian. Dari tujuan penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Theory Acceptance Model (TAM) yang terdiri dari persepsi kemudahan dan persepsi kebermanfaatan serta computer self efficacy di PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Cabang Gianyar berpengaruh positif pada penggunaan online banking.  

Referensi

Achjari, D. (2012). UGM Menuju Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum(PK BLU). Rapat Kerja Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Rapat Kerja Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Salatiga, 28 Januari 2012.
Antasari, A. S. (2013). Pengaruh Penggunaan Internet Banking Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 1 No.(April 2013), 5–6.
Beldad, A., Jong, M. de, & Steehouder. (2010). How shall I trust the faceless and the intangible? A literature review on the antecedents of online trust. Computers in Human Behavior, Vol. 26 No(2010), 857–869.
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quartely, Vol. 13 No(1989), 319–339.
Hermana, B. (2010). Pengukuran Kualitas Layanan Internet Banking. Jurnal Ekonomi Bisnis, Vol. 15 No(April 2010), 7–8.
Islam, S. M., Taohidul, & Zamri, C. (2011). Disaster in Bangladesh and Management with Advanced Information System. Disaster Prevention and Management, Vol 20 No, 521–530.
Kurniawan, D., Hatane, S., & Edwin, J. (2013). Analisis Penerimaan Nasabah terhadap Layanan Mobile Banking dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model dan Theory of Reasoned Action. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol 1 No 1(2013), 1–13.
Medyawati, H., Marieta, C., & Yunanto, M. (2011). E-Banking Adoption Analysis Using Technology Acceptance Model (TAM): Empirical Study of Bank Customers in Bekasi City,. International Conference on Innovation, Management, and Service, Vol 14 No(91–95).
Muntianah. (2012). Pengaruh Minat Perilaku terhadap Actual Use Teknologi Informasi dengan Pendekatan Teory Acceptance Model. Profit, Vol 6 No 1(2012).
Teo, T. (2011). Technology Acceptance in Education: Research and Issues. Netherlands. Sense Publisher.
Wijayanti, R., Fitriansyah, H., & Armaini, A. (2011). Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penerimaan Nasabah Terhadap Layanan Internet Banking (Studi Empiris Terhadap Nasabah Bank di Depok. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Sipil) Universitas Gunadarma, Vol 4(2011), 121–127.
Diterbitkan
2021-02-28
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 571 times
pdf downloaded = 936 times