Pengaruh Inovasi Produk dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Industri Mikro Kecil Makanan di Kota Denpasar)

  • IA Cynthia Saisaria Mandasari Faculty of Economic and Business, Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali

Abstrak

Jumlah Industri Mikro Kecil di Kota Denpasar saat ini telah mengalami peningkatan secara terus menerus. Hal ini menyebabkan persaingan semakin ketat dalam sector industri makanan di Kota Denpasar. Menghadapi ketatnya persaingan, para wirausahawan dituntut untuk selalu berinovasi dalam produknya serta memperkuat karakter kewirausahaan agar dapat meingkatkan kinerja pemasarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran.

Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar terhadap pemilik atau pengelola Industri Mikro Kecil makanan. Ukuran sampel yang diambil sebanyak 100 orang pemilik usaha makanan, dengan metode non probability sampling, khususnya purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah path analysis.

Berdasarkan hasil analisis penelitian ini ditemukan bahwa variabel orientasi kewirausahaan secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pemasaran. Semakin baik orientasi kewirausahaan yang dilakukan maka dapat meningkatkan kinerja pemasaran. Inovasi produk secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pemasaran. Semakin sering pengusaha melakukan inovasi produk mereka maka akan meningkatan kinerja pemasaran. Variabel orientasi kewirausahaan dan inovasi produk berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kemampuan orientasi kewirausahaan dan semakin baik inovasi produk yang dilakukan akan semakin tinggi tingkat kinerja pemasaran pada suatu perusahaan.

Referensi

Alarape, A. A. 2013. Entrepreneurial Orientation and The Growth Performance of Small and Medium Enterprises in Southwestern Nigeria. Journal of Small Business dan Entrepreneurship, 26(6): pp: 553-577.

Djojobo, C.V; dan Tawas, H.N. 2014. Pengaruh orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning di Kota Manado. Jurnal EMBA, 2(3): h: 1214-1224

Galindo, M.A; dan Picazo, M.T. 2013. Innovation, Entrepreneurship and Economic Growth. Journal of Management Decision, 51(3): pp: 501-514.

Helia, R., Naili, F., dan Bulan, P. 2015. Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi Produk sebagai Variabel Antara (Studi Kasus pada IKM Batik di Kampung Batik Laweyan, Solo). Diponegoro Journal Of Social And Political Of Science.

Irawan, B.R. 2015. Dampak Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal AGORA, 3(1): h:127-137.

Killa, M.F. 2014. Effect of Entrepreneurial Innovativeness Orientation, Product Innovation, and Value Co- Creation on Marketing Performance. Journal of Research in Marketing, 2(3): pp: 198-204.

Jayaningrum, E., dan Brillyanes, S. 2018. Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 54 No. 1.

Kotler., dan Keller.. 2008. “Manajemen Pemasaranâ€. Jakarta:Erlangga.

Musrifah. 2018. Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran melalui Keunggulan Bersaing. Management Analysis Journal Vo 6. No 4.

Ndubisi, N.O dan Iftikhar, K. 2012. Relationship between Entrepreneurship, Innovation and Performance. Journal in Research in Marketing and Entepreneurship, 14(2): pp: 214-236.

Priatin, Y., Djasuro, S., dan Indra, S. 2017. Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Inovasi Produk Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Kelompok Usaha Bersama (Kub) Gerabah Di Desa Bumi Jaya Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang ). Journal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa, Vol: 1 (1).

Ryiadi., dan Kerti, Y. 2016. Kemampuan Inovasi Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Produk IMK Sektor Industri Makanan di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(3), h: 1918.

Setiasri,R.I. 2017. Pengaruh Inovasi Produk dan Network Capital Terhadap Kinerja Pemasaran IKM Batik Kampung Batik Pesindon Kota Pekalongan. Diponogoro University Journal of Social and Politic, Business Administration.

Sudarsono, B. 2015. Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Strategi Bisnis dalam Meningkatkan Kinerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Jurnal ORBITH, 11(1): h: 24-29.

Sudaryanto., Ragimun., dan Wijayanti, R.R. 2013. Strategi Pemberdayaan UMKM Menghadapi Pasar Bebas ASEAN. E-Jurnal Syarif Hidayatullah State Islamic University (UIN) Jakarta. ISSN No : 1978-6522.

Utaminingsih, A. 2016. Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Dan Kreativitas Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Ukm Kerajinan Rotan Di Desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara. Media Ekonomi dan Manajemen, Vol. 31 No.2.

Wardoyo, P; Rusdianti E., dan Purwantini S. 2015. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Strategi Usaha dan Kinerja Bisnis UMKM di Desa Ujung- Ujung, kec. Pabelan, Kab. Semarang. Journal & Proceeding feb UNSOED, 5(1): h: 1-19.

Diterbitkan
2020-07-27
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 1121 times
PDF downloaded = 1664 times