PERAN KEPUASAN MEMEDIASI PENGARUH CITRA LPD TERHADAP LOYALITAS NASABAH LPD DESA ADAT ABIANTUWUNG DI TABANAN

Indonesia

  • Gusti Alit Suputra Universitas Hindu Indonesia
Kata Kunci: LPD Image, Customer Satisfaction, Customer Loyalty

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran kepuasan memediasi pengaruh citra LPD terhadap loylitas nasabah LPD Desa Adat Abiantuwung di Tabanan. penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Propotionate StratifiedRandom dimana cara pegambilan dari sampel anggota populasi secara acak dan secara proporsional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan digunakan teknis Analisis Jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Citra LPD berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan, hal ini berarti citra positif yang dirasakan  nasabah dapat mempengaruhi loyalitas nasabah dalam  bertransaksi di LPD Desa Adat Abiantuwung, karena yang diinginkan nasabah sesuai dengan kenyataan yang ada, 2) Citra LPD berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasaan nasabah, karena citra LPD memiliki peran yang besar dalam membangun kepercayaan nasabah, dengan citra yang positif yang diberikan maka nasabah yang bertransasksi merasa loyal untuk menjadi nasabah di LPD Desa Adat Abiantuwung, 3) Kepuasan nasabah berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas nasabah, hal ini berarti nasabah yang puas akan menciptakan rasa loyal kepada LPD Abintuwung. 4) kepuasan nasabah dapat memediasi hubungan antara citra LPD dengan loyalitas nasabah Hasil  penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagilembaga keuangan Indonesia khususnya di LPD Desa Adat Abiantuwung dalam mengidentifikasi variabel yang dapat mempengaruhi loyalitas nasabah khususnya kepuasan yang dapat meningkatkan citra LPD, agar dapat meningkatkankualitas nasabah.

Referensi

Aryani, Dwidan Febrina Rosinta. 2010. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi. Vol.17, No.2, Mei-Agustus.

C. Mowen, John dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta : Erlangga.

Griffin, Jill. 2010. Custumer Loyalty. Jakarta:Penerbit: Erlangga.

Handoko, T. Hani. 2014. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE, Yogyakarta.

Kotler, Philip. 2008. ManajemenPemasaran: AnalisisPerencanaan, Implementasi, danKontrol. Edisi 10 (Millennium). Jakarta: Penerbit PT. Prehalindo.

_________. 2009. Marketing Management. Millenium Editions, Prentice Hall Inc.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. PenerbitSalembaEmpat. Jakarta.

Soemirat, Ardianto. 2003. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya.Jakarta : Bumi Aksara

Soemirat, Ardianto. 2007. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tjiptono, Fandy. 2005, PemasaranJasa, EdisiPertama, Yogyakarta; Penerbit. Bayumedia Publishing.

Diterbitkan
2020-08-03
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 209 times
pdf downloaded = 405 times