BRAND IMAGE, ONLINE CUSTOMER RATING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA TOKOPEDIA

  • Ni Nyoman Febby Cahyani Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Warmadewa Bali- Indonesia
  • Ni Wayan Sitiari Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Warmadewa Bali- Indonesia
  • I. A. Cynthia Saisaria Mandasari Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Warmadewa Bali- Indonesia
Kata Kunci: Brand Image, Online Customer Rating, Online Customer Review, Consumer Trust

Abstrak

Penelitian ini mengangkat judul “Pengaruh Brand Image, Online Customer Rating Dan Online Customer Review Terhadap Kepercayaan Konsumen Pada Marketplace Tokopedia Di Desa Belega Kecamatan Blahbatuh”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh brand image, online customer rating dan online customer review secara simultan dan parsial terhadap kepercayaan konsumen pada marketplace Tokopedia di Desa Belega Kecamatan Blahbatuh. Populasi dalam penelitian ini konsumen marketplace Tokopedia di Desa Belega Kecamatan Blahbatuh yang tidak dapat diidentifikasikan. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 85 orang konsumen. Teknik pengambilan sampelnya adalah secara purposive random sampling. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji signifikansi simultan (uji F-test), serta uji signifikansi parameter individual (uji t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel brand image, online customer rating dan online customer review berpengaruh positif dan signifikan secara simultan dan parsial terhadap kepercayaan konsumen pada marketplace Tokopedia di Desa Belega Kecamatan Blahbatuh.

Referensi

Aris, B.S., Hartono., & Rahmawati, N. . (2020). Pengaruh Viral Marketing Dan Citra Merek Terhadap Kepercayaan Pelanggan (Studi Kasus Pengguna Shopee Mahasiswa Program Sarjana Institut Stiami Jakarta Pusat Tahun Angkatan 2015-2018). JAMBIS Jurnal Mahasiswa Administrasi Bisnis, 1(1), 1–6.

Danniswara, H. (2022). Pengaruh Online Customer Review Pada Marketplace Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening.

Daulay, N. (2020). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee.

Farki, A., Imam, B., & B. M. . (2016). Pengaruh Onine Customer Review dan Rating Terhadap Kepercayaan Dan Minat Pembelian Pada Online Marketplace di Indonesia. Jurnal Teknik ITS, 5(2), 2301–9271.

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk Dan Merek (Planing & Strategi). Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media.

Gilang, A. . (2022). Pengaruh Customer Review Dan Reputasi Penjual Terhadap Kepercayaan Konsumen Pada Platform Online Shopee Di Kota Medan.

Kamisa, N., Almira, D.P., & D. (2022). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Kepercayaan Konsumen (Studi kasus: Pengguna Shopee di Bandar Lampung). Journal of Economic and Business Research, 2(1), 21–29.

Kanitra, A. R., & Kusumawati, A. (2018). Pengaruh Country Of Origin Dan Online Consumer Review Terhadap Trust Dan Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2015/2016 Dan 2016/2017 Tahun Akademik 2017/2018 Pembeli Produk Oppo Smartphon. Jurnal Administrasi Bisnis, 61(1), 64–73.

Karisna. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Kepercayaan Pengguna Produk Smartphone Merek Evercross Di Kota Semarang. Majalah Inspiratif Vol 7 No 13.

Nasikah, D., Suwarto, S., & Yusuf, D. A. A. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Pengguna Aplikasi Grabfood Di Kota Metro. Prosiding Konferensi Ilmiah Akuntansi, 10.

Nurhayati, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Yogyakarta. JBMA, 4(2), 60–69.

Prihastya, Y. . (2020). Pengaruh Orientasi Belanja, Kepercayaan Konsumen, Online Customer Review dan Rating Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Shopee.

Rizkianti, A. . (2023). Pengaruh Brand Image, Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Kepercayaan Konsumen Pada Shopee Di Desa Tegal Tugu Kecamatan Gianyar.

Shidieq, F. . (2020). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Kepercayaan Konsumen Milenial Kota Bandar Lampung Pada Aplikasi Shopee.

Simamora, B. (2013). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Surabaya: Pustaka Utama.

Suharyono., Alfionita, C. M., & Yulianto, E. (2016). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pembeli Oppo Smartphone Di Counter Handphone Matos). Jurnal Administrasi Bisnis, 36(1), 178–185.

Taesar, W., Baiq, H.R., & Sulaeman, S. (2019). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Kepercayaan Konsumen Remaja Kota Mataram Pada Pembelian Produk Fashion Shopee Online Shop. JRM, 19(1).

Tan, T.L., & Trang, D. T. . (2019). Factors Affecting Brand Image: The Case of Pepsodent in Da Nang, Vietnam. The IUP Journal of Brand Management, 16(2), 8–18.

Yodi, F., & Dahliana, K. (2022). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Pelanggan Tiket.Com Di Kota Padang. Abstract of Undergraduate Research, Faculty of Economics, Bung Hatta University, 21(2), 1–2.

Yonatan, S. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Pelayanan Dan Komitmen Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Papua Cabang KEPI). JIHHP Jurnal Ilmu Hukum Humaniora Dan Politik, 2(1).

Diterbitkan
2024-09-06
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 30 times
PDF downloaded = 29 times