Pengaruh Biaya Promosi Penjualan dan Biaya Periklanan terhadap Nilai Penjualan Produk pada Optik Kalista di Tabanan

  • I A Cynthia Saisaria Mandasari Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Warmadewa Denpasar Bali
  • Putu Ari Kusuma Wardana Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Warmadewa Denpasar Bali

Abstract

In an effort to increase the value of product sales, Kalista Optics carries out various types of promotions consisting of sales promotion costs and advertising costs, which in recent years have experienced ups and downs in sales. The purpose of this study was to determine the effect of simultaneous and partial between sales promotion costs and advertising costs on the value of product sales in Kalista Optics in Tabanan. This research is explanatory research. The objects in this study are sales promotion costs and advertising costs and the value of product sales. Data analysis consisted of multiple linear regression analysis, classic assumption test, F statistical test and statistical test t. The conclusion of the research is that multiple linear regression equations can be said to have a positive effect simultaneously between the cost of sales promotion and the cost of product advertising or in other words increasing the value of product sales is influenced simultaneously by the increase in sales promotion costs and advertising costs. Dalam upaya meningkatkan nilai penjualan produk, Optik Kalista melaksanakan berbagai jenis promosi yang terdiri dari biaya promosi penjualan dan biaya periklanan yang beberapa tahun terakhir ini mengalami pasang surut penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial antara biaya promosi penjualan dan biaya periklanan terhadap nilai penjualan produk pada Optik Kalista di Tabanan. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori. Obyek pada penelitian ini adalah biaya promosi penjualan dan biaya periklanan serta nilai penjualan produk. Analisis data terdiri dari Analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji statistik F dan uji statistik t. Simpulan hasil penelitian adalah persamaan regresi linier berganda dapat dikatakan ada pengaruh yang positif secara simultan antara biaya promosi penjualan dan biaya periklanan produk atau dengan kata lain meningkatnya nilai penjualan produk dipengaruhi secara simultan oleh peningkatan biaya promosi penjualan dan biaya periklanan.

References

Akmal, S., Restuti, S., & Rahayu, D. D. (2015). Pengaruh Biaya Periklanan Dan Biaya Promosi Penjualan Terhadap Volume Penjualan Pada Pt. Agung Automall Soetomo Pekanbaru. Jom FEKON, 2(1), 1–17.

Assauri, S. (2014). Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi (Cetakan ke). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Desmita, Y., Suarman, & Ngadlan. (2015). Volume Penjualan Pt Rianda Ganda Mandiri Di. Universitas Riau.

Jayadi, R., & Sulistiono. (2011). Pengaruh Biaya Periklanan Terhadap Volume Penjualan Studi Kasus Pada Pt Ramayana Lestari Sentosa, Tbk. Cabang Btm Bogor. Jurnal Ilmiah Ranggagading, 11(1), 12–16.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Published
2019-03-12
How to Cite
Mandasari, I. A. C. S., & Wardana, P. A. K. (2019). Pengaruh Biaya Promosi Penjualan dan Biaya Periklanan terhadap Nilai Penjualan Produk pada Optik Kalista di Tabanan. Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ), 1(1), 27-32. https://doi.org/10.22225/wmbj.1.1.2019.27-32
Abstract viewed = 326 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 1168 times