PENGUATAN PERAN KELUARGA DALAM PENCAPAIAN TARGET REGULASI GULA DARAH PASIEN DIABETES MELITUS DI RS SANJIWANI

  • W Eka Saputra Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali-Indonesia
  • Dewa Nyoman Sadguna Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali, Indonesia
  • D. A. P Niti Widari Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali-Indonesia

Abstract

Diabetes Melitus (DM) merupakan kelompok penyakit metabolik yang ditandai dengan tingginya kadar glukosa di dalam darah (hiperglikemia) yang diakibatkan gangguan sekresi insulin, penurunan kerja insulin atau akibat dari keduanya. Target regulasi kadar gula darah pada pasien diabetes adalah kunci keberhasilan menenkan kesakitan serat mencegah munculnya komplikasi DM seperti gagal ginjal kronis, penyakit jantung ataupun stroke. Mencapai target gula darah yang terkendali baik merupakan hal yang sangat sulit bagi pasien akibat perilaku kurang disiplin dalam melakukan pengobatan maupun melaksanakan diit makanan yang merupakan standar pengobatan DM. Dukungan keluarga dekat sangat dibutuhkan dalam menegakkan disiplin pasien DM untuk mematuhi pengobatan dan pola makan yang sesuai instruksi dokter.   Kegiatan PKM ini bertujuan untuk membentuk kelompok pengawas minum obat dan pola makan pada mitra yang akan memantau pasien DM dalam mematuhi instruksi dokter. Kegiatan PKM dimulai dengan sosialisasi kegiatan, focus group discussion, pelaksanaan kegiatan serta evaluasi hasil kegiatan. Adapun outcome dari PKM ini adalah terdapat peningkatan pengetahuan mitra mengenai penyakit DM, baik dari penyebab, gejala penyakit, pengobatan serta pola diit penderita DM. Dari hasil kegiatan PKM didapatkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan mitra mengenai penaykit DM, pengobatan serta pola diit DM sebesar 80%. Outcome  kegiatan berupa regulasi kadar gula darah terkontrol baik dengan melakukan pemeriksaan kadar gula darah puasa dan 2 jam PP menunjukkan perbaikan sebesar 80%.

References

Seaquist ER, Anderson J, Childs B, Cryer P, Dagogo-Jack S, Fish L, et al. Hypoglycemia and diabetes: a report of a workgroup of the American Diabetes Association and the Endocrine Society. J Clin Endocrinol Metab. 2013;98(5):1845–59.
Eliana F, SpPD K, Yarsi B. Penatalaksanaan DM Sesuai Konsensus Perkeni 2015. PB Perkeni Jakarta. 2015;
Putra AAGM, Saraswati MR. PREVALENSI DIABETES MELITUS TIPE 2 DENGAN HIPERTENSI DI RSUP SANGLAH DENPASAR TAHUN 2015. E-Jurnal Med Udayana. 9(8):97–100.
Paramita DP, Lestari AAW. Pengaruh Riwayat Keluarga Terhadap Kadar Glukosa Darah Pada Dewasa Muda Keturunan Pertama Dari Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2 di Denpasar Selatan. E-Jurnal Med Udayana. 2019;8(1).
Idris H, Hasyim H, Utama F. Analysis of diabetes mellitus determinants in Indonesia: a study from the Indonesian Basic Health Research 2013. Acta Med Indones. 2017;49(4):291–8.
Trisnawati S, Widarsa T, Suastika K. Faktor risiko diabetes mellitus tipe 2 pasien rawat jalan di Puskesmas Wilayah Kecamatan Denpasar Selatan. 2013;
Suardana IK, Rasdini A, Kusmarjathi NK. Hubungan Dukungan Sosial Keluarga Dengan Kualitas Hidup Pasien Diabetes Melitus Tipe II Di Puskesmas IV Denpasar Selatan. J Skala Husada. 2015;12(1):96–102.
Published
2021-10-07
Section
Articles
Abstract viewed = 485 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 736 times