BENTUK IMPLEMENTASI TANGGUNG JAWAB SOSIAL PADA BANK SYARIAH MANDIRI CABANG MATARAM

  • Anak Agung Istri Pradnyarani Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa
  • Mulyani Damayanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Abstract

Tanggung jawab sosial atau Corporate Sosial Responsibility (selanjutnya disebut CSR) pada perusahaan sedang banyak diperbincangkan. Hal ini dipengaruhi oleh terjadinya peningkatan keingintahuan perusahaan dan instansi-instansi swasta yang ingin melaksanakan program tanggung jawab sosial di dalam perusahaan mereka. Hal yang sama juga berlaku bagi entitas perbankan dan juga perbankan syariah dalam melaksanakan aktivitas tanggung jawab sosialnya. Beberapa penelitian menyebutkan bentuk pelaksanaan tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh bank syariah masih dianggap sebagai alat untuk membentuk citra perusahaan semata yang ujungnya akan menguntungkan pihak perusahaan. Kondisi demikian bertolak belakang dengan filosofi perbankan syariah yang berlandaskan prinsip syariah yang mendorong untuk beroperasi dengan landasan moral, etika, dan tanggung jawab sosial. Melalui pendekatan interpretif dengan metode studi kasus, peneliti ingin mendalami bagaimana program tanggung jawab sosial yang digulirkan perbankan syariah tersebut memiliki manfaat yang besar dan sesuai dengan kebutuhan stakeholder. Hasil penelitian menyebutkan bahwa BSM cabang Mataram telah melakukan tanggung jawab sosial yang sumber pendanannya dikelola oleh Laznas (Lembaga Amil Zakat). BSM cabang Mataram bersama Laznas telah melakukan beberapa program tanggung jawab sosial yaitu program Didik Umat, dimana memberikan santunan untuk biaya pendidikan untuk anak yatim dan dhuafa, dan program Simpati Umat dimana BSM dan Laznas mengadakan program bantuan bencana alam Lombok-Sumbawa, pemotongan hewan qurban untuk masyarakat sekitar yang kurang mampu dan perbaikan masjid.

References

Annual Report Laznas, 2017-2018
Anto, H. M.B., dan Astuti, D.R. 2008. Persepsi Stakeholder Terhadap Pelaksanaan Corporate Sosial Responsibility: Kasus Pada Bank Syariah di DIY. Sinergi, Kajian Bisnis dan Manajemen, vol. 10 No. 1: 20 – 21.
Djakfar, Muhammad. 2010. Teologi Ekonomi: Membumikan Tintah Langit di Ranah Bisnis. UIN Maliki Press. Malang.
Dusuki, A. W. 2008. Understanding the Objectives of Islamic Banking: A Survey of Stakeholders' Perspectives. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management Vol. 1 Issue: 2, pp.132-148.
Erwanda, Edwin. 2012. Tanggung Jawab Sosial Pada Organisasi Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Bni Syariah Cabang Malang). JIMFEB vol 1 No 2.
Haniffa, R. 2002. Sosialreporting disclosure: An Islamic perspective. Indonesian Management and Accounting Research 1 (2) pp 128-146.
Haniffa, R., dan Hudaib, M. 2001. A conceptual framework for Islamic accounting: The Shariah paradigm. International Conference on Accounting, Auditing and Finance. Palmerstone North, New Zealand, Unpublished article.
Isnawati. 2018. Analisis Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Pada Tiga Bank Syariah Di Indonesia. Jurnal Akuntansi UNP vol 6 No 1.
Kamla, R. 2007. Critically Appreciating SosialAccounting and Reporting in the Arab MiddleEast: A Postcolonial Perspektive. Advance in International Accounting Vol. 20 pp. 105-177.
Meutia, Inten. 2010. Menata Pengungkapan CSR di Bank Islam (Suatu Pendekatan Kritis).Jakarta: Citra Pustaka Indonesia.
Miles, B. B,.dan Huberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.
Prajarto, N. 2012. Kepedulian dan Tanggung Jawab CSR dari Tumpukan Uang Bank CSR Indonesia Sinergi Pemerintah, Perusahaan dan Publik. Thesis. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gajah Mada
Prastowo dan Huda. 2011. Corporate Sosial Responsibility Kunci Meraih Kemuliaan Bisnis.Yogyakarta: Samudra Biru.
Sairally, Salma. 2005. Evaluating the „SosialResponsibility‟ of Islamic Finance: Learning From the Experiences of Sosially Responsible Investment Funds. Proceeding of The 6th International Confrence on Islamic Economic and Finance. Vol.1. Jakarta.
Sayekti dan Wandabio. 2007. Pengaruh CSR Disclosure Terhadap Earning Response Coeffcient. Simposium Nasional Akuntansi X. Makasar.
Siwar, C., & Hossain, M. T. (2009). An Analysis of Islamic CSR Concept and the Opinions of Malaysian Managers, Management of Environmental Quality: An International Journal, Vol. 20 Issue: 3, pp. 290-298.
Turmudi, M. 2018. Pemanfaatan Dana Corporate Social Responsibility Bank Syariah Mandiri Cabang Kendari. Al Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian-ISSN: 1978-9726 (p); 2541-0717 (e), Volume 13, Nomor 1
Wibisono, Y., 2007.Membedah Konsep dan Aplikasi CSR (Corporate Sosial Responsibility). Gresik: Fascho Publishing.
Yusuf, M., Y. 2010. How to Implement Islamic Banking‟s CSR in the Society?. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 1(1), 1-15
Published
2020-06-03
Section
Articles
Abstract viewed = 813 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 1435 times