Faktor-Faktor yang Dominan Terhadap Perilaku Belanja Online Mahasiswa Universitas Warmadewa

  • Ni Luh Made Intan Krisna G. W Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Warmadewa
  • Ita Sylvia Azita Azis Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Warmadewa
  • Ni Putu Rediatni Giri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Warmadewa
Kata Kunci: Perilaku belanja, sistem pembayaran

Abstrak

Fenomena belanja online merupakan salah satu bentuk perubahan yang dihadirkan oleh internet dalam hal inovasi dalam berbelanja. Penggunaan internet semakin populer di masyarakat. Dari dunia internet kita bisa mengenal belanja online atau online shopping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang dominan terhadap perilaku belanja online mahasiswa Universitas Warmadewa. Penelitian ini menggunakan data primer dengan teknik analisis faktor eksploratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor pertama adalah gaya hidup, faktor kedua adalah produk dan promosi, dan faktor ketiga adalah harga. Faktor dominan perilaku belanja online mahasiswa Universitas Warmadewa secara keseluruhan dijabarkan menjadi faktor utama yaitu Sistem Pembayaran yang terdiri dari lima variabel pernyataan.

Referensi

Asaloei, E. K. (2018). Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Pembelian Ulang Konsumen (Studi Kasus Freshmart Bahu Manado.

C. Mowen, J. d. (2002). Perilaku Konsumen. Jakarta : Erlangga.

Istijanto. (2009). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran-Cara Praktis Meneliti Konsumen dan Pesaing. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Keller, L. (1993). How to manage brand equity. Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jaarta.

Limakrisna, N. &. (2017). Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi dalam Bisnis di Indonesia Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Pamungkas, G. T. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Penggunan E-Money(Studi Kasus Minimarket Indomaret Kec. Binjai Kota, Kota Binjai).

Raf, M. (2012). Analisis Eksplanatori Faktor Industri Daya Saing Kecil.

Rianty, N. (2013). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Menggunakan Kartu

Setiadi, N. J. (2010). Perilaku Konsumen. Cetakan 4. Edisi Revisi. Jakarta: Kencana.

Sustina. (2003). Perilaku Konsumen Dan Komunikasi Pemasaran, Bandung: PT. Remaja.

Wahyuni, I. S. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online Pada Ibu Rumah Tangga Di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang.

Wulandari, M. &. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Pendidikan Ekonomi Stkip Ypm Bangko.

Yuniarti, V. S. (2015). Perilaku Konsumen - Teori Dan Praktik. Bandung: Pustaka Setia.

Diterbitkan
2023-04-10
Abstrak viewed = 158 times
PDF downloaded = 258 times