Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Nasabah pada PT. BPR Sukawati Pancakanti

  • A.A Putu Jaya Pramana Putra Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali
  • I Gst Lanang Putu Tantra Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali
  • Ni Putu Rediatni Giri Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali
Kata Kunci: kualitas pelayanan, citra perusahaan dan loyalitas nasabah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap loyalitas nasabah. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang menggunakan produk bank ≥ 3 tahun dengan sampel yang digunakan sebanyak 31 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda, Koefisien Determinasi, Uji t dan Uji f. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa; kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. Citra perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Kualitas pelayanan dan citra perusahaan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah.

 

Referensi

Atmaja, Ni Putu. Cempaka Dharmadewi. Pengaruh Kewajaran Harga, Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengguna Jasa Penerbangan Domestik Garuda Indonesia di Denpasar. Tesis Magister Manajemen Pada Program Pascasarjana Universitas Udayana, Denpasar

Durianto, Darmadi. 2011. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Cetakan XX. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, J, 2005 Customer’s Loyalty Management, CV. Mandar Maju, Bandung.

Gronroos, C. 1988. Service Quality: The Six Criteria of Good Perceived Service Quality. Review of Business, 9(3): 10-13.

Hurriyati, Ratih. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta

Ismail. 2010. Manajemen Perbankan. Jakarta : Prendamedia Group.

Kasmir . 2002.. Dasar – Dasar Perbankan . Jakarta . PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip and Keller Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 12.Jilid 1. Jakarta: Penerbit PT Indeks.

Pontoh, Michael, Lotje Kawet, Willem A. Tumbuan. 2014. Kualitas Layanan, Citra Perusahaan Dan Kepercayaan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Bri Cabang Manado. Jurnal Emba Vol.2 No.3 September2014.

Purnaningsih, Retna Brata. 2008. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah di PD. BPR BKK Jepara. Skripsi. Sarjana Jurusan Manajemen pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Qomariah, Nurul. 2012. Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Institusi terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Aplikasi Manajemen. 10(1) h:177-187

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods), Bandung: Alfabeta.

Diterbitkan
2023-04-06
Abstrak viewed = 143 times
PDF downloaded = 195 times