Pengaruh E-Wom, Reputasi dan Webqual Terhadap Keputusan Konsumen pada Pengguna Lembaga Kursus Bahasa Inggris

Kata Kunci: e-wom, reputasi, kualitas web, keputusan konsumen

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh E-Wom, Reputasi dan Webqual terhadap Keputusan Konsumen pada Pengguna Lembaga Kursus Bahasa Inggris secara simultan dan parsial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dimana populasi dalam penelitian ini adalah 100 responden dengan metode simple random sampling untuk diberikan kuesioner yang nantinya akan dilakukan pengujian meliputi uji validitas dan reliabilitas instrumen, kemudian pengujian hipotesis dan koefisien determinasi. berdasarkan hasil pengujian keempat hipotesis dapat disimpulkan bahwa semua hipotesis diterima, dimana nilai signifikansi t dan f hitung untuk masing-masing variabel memiliki nilai lebih kecil dari 0,05. dan koefisien determinasi menunjukkan bahwa kepuasan konsumen dijelaskan oleh e-wom, reputasi dan webqual sebesar 25,1%.

Referensi

Abou-Shouk, M. A., & Khalifa, G. S. (2017). The influence of website quality dimensions on e-purchasing behaviour and e-loyalty: a comparative study of Egyptian travel agents and hotels. Journal of Travel and Tourism Marketing, 34(5), 608–623. https://doi.org/10.1080/10548408.2016.1209151

adryansyah. (n.d.). Analisis Pengaruh Reputasi Penjual, Kualitas Informasi Dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Secara Online.

Ahn, J., Shamim, A., & Park, J. (2021). Impacts of cruise industry corporate social responsibility reputation on customers’ loyalty: Mediating role of trust and identification. International Journal of Hospitality Management, 92, 102706.

Akdon, R. (2015). Rumus dan Data Statistika. Bandung: Alfabeta.

Al-Debei, M. M., Akroush, M. N., & Ashouri, M. I. (2015). Consumer attitudes towards online shopping: the effects of trust, perceived benefits, and perceived web quality. Internet Research.

Aryska, M., & Kasmirudin, K. (2017). Pengaruh Reputasi Perusahaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien (Kasus Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru). Riau University.

Bai, B., Law, R., & Wen, I. (2008). The impact of website quality on customer satisfaction and purchase intentions: Evidence from Chinese online visitors. International Journal of Hospitality Management, 27(3), 391–402. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2007.10.008

Barnes, S., & Vidgen, R. (2000). WebQual: an exploration of website quality. ECIS 2000 Proceedings, 74.

Burch, J., & Grudnitski, G. (1989). Information systems: Theory and practice. John Wiley & Sons, Inc.

Fandiyanto, R., Sularso, raden andi, & Irawan, B. (2017). Pengaruh Kemudahan, Keamanan, Ketanggapan, Harga Dan Reputasi Perusahaan Terhadap Kepercayaan Dan Keputusan Pembelian Produk Kerajinan Danbo Secara Online. JGEB, 15(1).

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Gofur, A. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44.

Hamdani, N. A., Abdul, G., & Maulani, F. (2018). The influence of E-WOM on purchase intentions in local culinary business sector. 7, 246–250.

Handi, H., Hendratono, T., Purwanto, E., & Ihalauw, J. J. O. I. (2018a). The effect of E-WOM and perceived value on the purchase decision of foods by using the go-food application as mediated by trust. Quality Innovation Prosperity, 22(2), 112–127. https://doi.org/10.12776/qip.v22i2.1062

Handi, H., Hendratono, T., Purwanto, E., & Ihalauw, J. J. O. I. (2018b). The effect of E-WOM and perceived value on the purchase decision of foods by using the go-food application as mediated by trust. Quality Innovation Prosperity, 22(2), 112–127. https://doi.org/10.12776/qip.v22i2.1062

hanifati, ulfa mustikarini, & saiono, bambang eko. (2018). Analisis Pengaruh Website Qualitydan Ewomterhadap Purchase Decisionmelalui Online Trust Pada Situs Tiket Travel Dan Reservasi Hotel Onlinedi Indonesia (Studi Kasus Pada Traveloka.Com, Tiket.Com Dan Pegipegi.Com). Jurnal TRANSformasi, 2(1), 36–50.

Hanifati, U. M., & Samiono, B. E. (2018). Analisis Pengaruh Website Quality dan EWOM Terhadap Purchase Decision Melalui Online Trust Pada Situs Tiket Travel dan Reservasi Hotel Online di Indonesia (Studi Kasus Pada Traveloka.com, Tiket.com dan PegiPegi.com). TRANSformasi, 11(9), 1689–1699.

Hsu, C. L., Chang, K. C., & Chen, M. C. (2012). The impact of website quality on customer satisfaction and purchase intention: Perceived playfulness and perceived flow as mediators. Information Systems and E-Business Management, 10(4), 549–570. https://doi.org/10.1007/s10257-011-0181-5

Kim, J., & Lennon, S. J. (2013a). Effects of reputation and website quality on online consumers’ emotion, perceived risk and purchase intention: Based on the stimulusâ€organismâ€response model. Journal of Research in Interactive Marketing.

Kim, J., & Lennon, S. J. (2013b). Effects of reputation and website quality on online consumers’ emotion, perceived risk and purchase intention. Journal of Research in Interactive Marketing, 7(1), 33–56. https://doi.org/10.1108/17505931311316734

Kotler dan Armstrong. (2016). Pengaruh Harga Produk Dan Kualitas Pelayanan Beauty Advisor Wardah Cosmetics Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Studi Kasus Pelanggan Wardah Cosmetics di Wardah Beauty House Bandung (p. 47). Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15th Global Edition. In England: Pearson Educationn Limited.

Loiacono, E. T., Watson, R. T., & Goodhue, D. L. (2002). WebQual: A measure of website quality. Marketing Theory and Applications, 13(3), 432–438.

lukman, arby, & suryawardani, bethany. (2020). Pengaruh Website Quality 4.0 Terhadap E-Purchase Decision Pada Website Custommice Project Tahun 2020. E-Proceeding of Applied Science, 6(2), 2836–2843. www.teknoia.com

McKnight, D. H., Choudhury, V., & Kacmar, C. (2002). The impact of initial consumer trust on intentions to transact with a web site: a trust building model. The Journal of Strategic Information Systems, 11(3–4), 297–323.

Nasiruddin, K., Hashim, H., & Raja Yusof, R. N. (2016). Electronic Word of Mouth: Exploring the Consumer Perspective. International Journal of Accountig, Business and Mangement, 4(2), 19–25.

Ningsih, Y. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Strategi Bisnis Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus pada APKJ (Asosiasi Pengusaha Kerajinan Jombang). STIE PGRI Dewantara.

Rahmaan, A. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Sistem Informasi Akuntansi (Studi Kasus Pada Proudly Shoes Bandung). Program Studi Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi-Bisnis Universitas Widyatama.

Ruhamak, M. D., & Rahmadi, A. N. (2019). Pengaruh E-WOM, Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Konsumen (Studi Kasus Pada Lembaga Kursus Fajar English Course Pare-Kediri). BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 7(2), 233–246.

Ruhamak, M. D., Vaulia Puspita, N., & Putra, Y. P. (2021). E-WoM and Destination Image: How Does It Affect the Revisit Intention at English Village.

Sastika, W. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Website (Webqual 4.0) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Website E-Commerce Traveloka (Studi Kasus : Pengguna Traveloka di Kota Bandung Tahun 2015). In Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi. www.pegipegi.com,

Setiadi, N. J. (2019). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen Edisi Ketiga (Vol. 3). Prenada Media.

Sfenrianto, S., Wijaya, T., & Wang, G. (2018). Assessing the buyer trust and satisfaction factors in the E-marketplace. Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research, 13(2), 43–57.

Shia, B. C., Chen, M., & Ramdansyah, A. D. (2016). Measuring customer satisfaction toward localization website by WebQual and importance performance analysis (case study on AliexPress Site in Indonesia). American Journal of Industrial and Business Management, 6(02), 117.

Solihin, W. A., Tewal, B., & Wenas, R. (2020). Pengaruh Sikap Konsumen Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone (Studi Pada Mahasiswa Unsrat Di Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1).

Sørum, H., Andersen, K. N., & Vatrapu, R. (2012). Public websites and human–computer interaction: an empirical study of measurement of website quality and user satisfaction. Behaviour & Information Technology, 31(7), 697–706.

Sugianto, Y. M. N. (2016). Pengaruh Website Quality, Electronic Word-of-mouth, Dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Pada Zalora. Jurnal Strategi Pemasaran, 3(2), 9.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). In Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1016/j.drudis.2010.11.005

Sunyoto, D. (2014). Praktik riset perilaku konsumen. Yogyakarta: CAPS.

Tarigan, J. (2008). User satisfaction using Webqual instrument: A research on stock exchange of Thailand (SET). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 10(1), 24–47.

Tjahyadi, R. A. (2006). Brand Trust dalam Konteks Loyalitas Merek: Peran Karakteristik Merek, Krakteristik Perusahaan, dan Karakteristik Hubungan Pelanggan-Merek. Jurnal Manajemen Maranatha, 6(1), 65–78.

Tjakraatmadja, albertina tri N., & Harjanti, D. (2018). Pengaruh Reputasi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Produk Kosmetik Di Instagram. Agora, 7(1).

Vidgen, R., Goodwin, S., & Barnes, S. (2001). Web content management. Proceedings of the 14th International Electronic Commerce Conference, 465–480.

Widianingsih, D. (2018). Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, Serta Komite Audit Pada Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan CSR sebagai Variabel Moderating dan Firm Size sebagai Variabel Kontrol. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 19(1), 38–52.

Yusuf, A. S., Razak, A., Hussin, C., Busalim, A. H., Yusuf, A. S., Razak, A., Hussin, C., & Busalim, A. H. (2018). Influence of e-WOM engagement on consumer purchase intention in social commerce. https://doi.org/10.1108/JSM-01-2017-0031

Zalni, Z. rahma, & Abror. (2019). Pengaruh Reputasi , Electronic Word of Mouth dan Web Quality Terhadap Kepercayaan Pelanggan Shopee di Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 01(2), 97–107.

Zviran, M., Glezer, C., & Avni, I. (2006). User satisfaction from commercial web sites: The effect of design and use. Information & Management, 43(2), 157–178.

Diterbitkan
2022-09-28
Abstrak viewed = 347 times
PDF downloaded = 432 times