Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Keuangan Dalam Penggunaan Produk Dan Jasa Lembaga Keuangan

  • Ni Kadek Kiki Novita Mahaeni Universitas Warmadewa, Denpasar Bali
  • A. A. Ketut Jayawarsa Fakultas Ekonomi Universitas Warmadewa
  • Kompiang Bagiada Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali
Kata Kunci: jenis kelamin, pendapatan orangtua, daerah asal, literasi keuangan dalam penggunaan produk dan jasa lembaga keuangan

Abstrak

Literasi keuangan adalah rangkaian proses atau aktivitas untuk meningkatkan pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill) dan keyakinan (confidence) konsumen dan masyarakat luas sehingga mereka mampu mengelola keuangan pribadi lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mengetahui pengaruh jenis kelamin, pendapatan orang tua dan daerah asal terhadap literasi keuangan dalam penggunaan produk dan jasa lembaga keuangan secara simultan dan parsial pada mahasiswa aktif semseter V Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kelamin, pendapatan orang tua dan daerah asal berpengaruh positif signifikan terhadap literasi keuangan dalam penggunaan produk dan jasa lembaga keuangan. Kemudian secara parsial jenis kelamin dan daerah asal berpengaruh positif signifikan terhadap literasi keuangan dalam penggunaan produk dan jasa lembaga keuangan sedangkan pendapatan orangtua tidak berpengaruh terhadap literasi keuangan dalam penggunaan produk dan jasa lembaga keuangan.

 

Referensi

damayanti, N. (2013). Perbedaan Jenis Kelamin Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1(3), 1–16. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/3697

Giffari, A. S. (2018). Analisis Literasi Finansial Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Retrieved from https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/6245/skripsi-Arvika Shinta Giffari pdf.pdf?sequence=1

Keown, L.-A. (2011). The Financial Knowledge of Canadians. The Financial Knowledge of Canadians, 11(008), 30–39. Retrieved from https://www150.statcan.gc.ca/n1/pub/11-008-x/2011001/article/11413-eng.htm

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: PT Indeks.

Margaretha, F., & Pambudhi, R. A. (2015). Tingkat Literasi Keuangan Pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 17(1), 76–85. Retrieved from https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.76-85

Muat, S., Miftah, D., & Wulandari, H. (2014). Analisis Tingkat Literasi Keuangan dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pinjaman Pribadi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana. Retrieved from https://repository.uksw.edu/handle/123456789/5773

Otoritas Jasa Keuangan. 2013. Strategi Nasional Literasi Keuanagn Indonesia. Diakses Desember 2019. www.ojk.go.id

Otoritas Jasa Keuangan. 2016. Survei Nasional Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan 2016. Diakses desember 2019. www.ojk.go.id

Surat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 729 Tahun 1999 Tentang “Lembaga Keuanganâ€.

Ulfatun, T., Udhma, U. S., & Dewi, R. S. (2016). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Tahun Angkatan 2012-2014. Pelita - Jurnal Penelitian Mahasiswa UNY, 11(2), 1–13. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/pelita/article/view/10924

Diterbitkan
2020-09-29
Abstrak viewed = 817 times
PDF downloaded = 597 times