Pengaruh Persepsi Tentang Sanksi Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Kewajiban Moral Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan Di Kpp Pratama Gianyar
Abstract
This research takes the title of perception about taxation sanctions, awareness of taxpayers, service quality, moral obligation to corporate taxpayer compliance at Gianyar Pratama KPP. This study aims to empirically examine the effect of perceptions of taxation sanctions, taxpayer awareness, service quality, moral obligations on corporate taxpayer compliance. The population in this study were all corporate taxpayers registered at the Gianyar Pratama Tax Office in 2015, namely 6501 corporate taxpayers. Sampling is done using the nonprobability sampling method. The data collection method used in this study is to use a media questionnaire. The number of samples used in this study were 100 respondents. The data analysis technique used in this study is the Analysis of Multiple Linear Regression. Based on the results of the analysis carried out, it was obtained that the perception of tax sanctions, awareness of taxpayers, service quality, moral obligations had a positive effect on corporate taxpayer compliance at Gianyar Primary Tax Office. Keyword: Corporate taxpayer compliance; Moral obligations; Perception of tax sanctions; Service quality; Taxpayer awareness. Penelitian ini mengambil judul persepsi tentang sanksi perpajakan, kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, kewajiban moral terhadap kepatuhan wajib pajak badan pada KPP Pratama Gianyar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh persepsi tentang sanksi perpajakan, kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, kewajiban moral terhadap kepatuhan wajib pajak badan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak badan yang terdaftar di KPP Pratama Gianyar tahun 2015 yaitu sebanyak 6501 wajib pajak badan. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode nonprobability sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan media kuisioner. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan maka diperoleh bahwa persepsi tentang sanksi perpajakan, kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, kewajiban moral berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak badan pada KPP Pratama Gianyar. Kata Kunci: Kepatuhan Wajib Pajak Badan; Kesadaran wajib pajak; Kewajiban moral; Kualitas pelayanan; Persepsi Tentang Sanksi PerpajakanReferences
Aditya Pranata, Putu dan Putu Ery Setiawan. 2015. Pengaruh Sanksi Perpajakan, Kualitas Pelayanan dan Kewajiban Moral Pada Kepatuhan Wajib Pajak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 10.2 (2015) : 456-473 ISSN : 2302 – 8556.
Azwinda, Ica. 2016. Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Pelayanan Fiskus, Pemberian Sanksi, Kesadaran Wajib Pajak dan Persepsi Efektifitas Sistem Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Pada Usaha Kecil di Tanjungpinang). Jurnal Akuntansi Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Aji, Anang Jepri. 2014. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Persepsi Wajib Pajak Orang Pribadi Tentang Kepatuhan Membayar Pajak (survey pada wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Surakarta). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Muhamadmadyah Surakarta .
Dewi, A.A Sri Intan Komala. 2015. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Kewajiban Moral, dan Persepsi Wajib Pajak tentang Sanksi Perpajakan pada Kepatuhan Wajib Pajak Reklame di Dinas Pendapatan Kabupaten Badung. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IMB SPSS 21 Update PLS Regresil, edisi 7. Badan penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
Indriyani, Putu Arika dan I Made Sukartha. 2014. Tanggung Jawab Moral, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Badan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 7.2 (2014): 431-443 ISSN: 2302-8665.
Layata, Sherly dan Putu Ery Setiawan. 2014. Pengaruh Kewajiban Moral, Kualitas Pelayanan, Pemeriksaan Pajak dan Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Badan. E-jurnal Akuntansi Universitas Udayana 9.2 (2014): 540-556 ISSN: 2302-8556.
Lubis, Arfan Ikhsan. 2009. Akuntansi Keperilakuan Edisi 2. Jakarta: Selembar Empat
Sunyoto, Danang. 2016. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung.
Masruroh, Siti dan Zulaikha. 2013. Pengaruh Kemanfaaatan NPWP, Pemahaman Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris pada WP OP di Kabupaten Tegal). E-Jurnal Akuntansi Universitas Diponegoro Vol. 2 No. 4 Tahun 2013 ISSN (Online): 2337-3806.
Muliari, Ni Ketut dan Putu Ery Setiawan. 2011. Pengaruh Persepsi Tentang Sanksi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur. Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.
Mardiasmo. 2016. Perpajakan Edisi Revisi 2016. Yogyakarta: Salemba Empat.
Paramartha, I Putu Indra Pradnya dan Ni Ketut Rasmini. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pengetahuan, dan Sanksi Perpajakan pada Kepatuhan Wajib Pajak Badan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.15.1 April (2016): 641-666 ISSN: 2302-8556
Rohmawati, Alifa Nur dan Ni Ketut Rasmini. 2012. Pengaruh Kesadaran, Penyuluhan, Pelayanan dan Sanksi Perpajakan pada Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Udayana
Kusuma, I Nyoman Try Artha, 2016. Pengaruh Kewajiban Moral, Kualitas Pelayanan, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Badung Utara. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Warmadewa.