Pengaruh E-Service Quality dan Experiential Marketing terhadap Repurchase Intention dengan Trust sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Aplikasi Agoda di Denpasar)

-

  • Ni Kadek Dwita Julyastini Magister Manajemen, Universitas Udayana, Denpasar, Indonesia
  • Ni Putu Devighita Tasya Maharani Magister Manajemen, Universitas Udayana, Denpasar, Indonesia
  • Ida Ayu Putu Suryantari Universitas Udayana
  • I Gst. Ayu Kt. Giantari Magister Manajemen, Universitas Udayana, Denpasar, Indonesia
  • Ni Wayan Ekawati Magister Manajemen, Universitas Udayana, Denpasar, Indonesia
Keywords: E-service quality, experiential marketing, trust, repurchase intention

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menyusun strategi pemasaran yang cocok diterapkan pada aplikasi agen perjalanan online dalam rangka meningkatkan jumlah niat pembelian kembali pada aplikasi AGODA. Penelitian ini mempergunakan jenis sampel non-probability sampling, dengan total sampel 100. Teknik analisis yang dipergunakan ialah Path Analysis. Dalam rangka meningkatkan Repurchase intention, aplikasi Agoda harus mengambil tindakan yang spesifik berdasarkan implikasi hasil penelitian ini. Hal ini melibatkan fokus pada pengalaman pelanggan, membangun kepercayaan, menjaga hubungan jangka panjang, memantau dan meningkatkan kualitas layanan elektronik, serta memperkuat komunikasi dan reputasi mereka. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwasanya E-Service Quality memengaruhi Trust secara positif signifikan. E-service quality serta Experiental marketing memengaruhi Trust secara positif signifikan. E Service Quality serta Experience Marketing memengaruhi Repurchase intention secara positif signifikan. Menurut hasil uji statistik didapatkan kesimpulan bahwasanya secara tidak langsung E-Service Quality serta Experience marketing melalui Trust memengaruhi Repurchase Intention secara positif signifikan

 

References

Anggita, M., & Trenggana, A. F. M. (2020). Pengaruh Customer Engagement Dan E-Service Quality Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediator Tiket. Com. ProBank, 5(1), 83–99. https://doi.org/10.36587/probank.v5i1.570

Bernarto, I., Wilson, N., & Suryawan, I. N. (2019). Pengaruh Website Design Quality, Service Quality, Trust Dan Satisfaction Terhadap Repurchase Intention (Studi Kasus: Tokopedia. Com). Jurnal Manajemen Indonesia, 19(1), 80-90.

Ekawati, N., Bayu, G., Seminari, N. (2022). Antecedent Online Marketing Success Bali SMES New Normal Covid-19 Era. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, Vol. 16 No. 1, pp. 151-163. https://doi.org/10.24843/MATRIK:JMBK.2022.v16.i01.p12.

Ekawati, N., Wardana, I., Yasa, N., Kusumadewi, N., & Tirtayani, I. (2023). A strategy to improve green purchase behavior and customer relationship management during the covid-19 new normal conditions. Uncertain Supply Chain Management, 11(1), 289-298. http://dx.doi.org/10.5267/j.uscm.2022.9.014

Febrini, I. Y., Widowati, R., & Anwar, M. (2019). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Di Warung Kopi Klotok, Kaliurang, Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 35–54. https://doi.org/10.18196/mb.10167

Hartono, K. B., & Salim, L. (2020). Pengalaman Pemasaran dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 23(2), 20-30. http://dx.doi.org/10.31941/jebi.v23i2.1215

Hasman, H. C. P., Ginting, P., & Rini, E. S. (2019). The Influence of E-service Quality on E-Satisfaction and Its Impact on Repurchase intention in Using E- Commerce Applications on Students of Universitas Sumatera Utara. International Journal of Research and Review, 6(10), 299–307.

Ikhsan, I., & Lestari, R. (2021). Pengaruh Promotion, Perceived Value, E-service Quality dan Trust Terhadap E-Repurchase Intention dan E-Loyalti Konsumen E-Commerce Tokopedia di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(2), 205–214. https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i2.7848

Lestari, V. T., & Ellyawati, J. (2019). Effect of E-Service Quality On Repurchase Intention: Testing The Role Of E-Satisfaction As Mediator Variable. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering, 8(7C2), 158–162.

Masarianti, I. G. A. A. A., & Darwini, S. (2019). Pengaruh Trust Dan Easy of Use Terhadap Minat Beli Ulang Pada Marketplace Shopee Di Kota Mataram. Jurnal Riset Manajemen, 19(1), 20-32. https://doi.org/10.29303/jrm.v19i1.35.

Rahayu, K. S., & Saodin, S. (2021). E-Servqual On Etrust, E-Satisfaction And Online Repurchase Intention. Review of International Geograohical Education (RIGEO), 11(4), 1426–1439.

Rahmanda, F., & Farida, N. (2021). Pengaruh Brand Image dan Customer Experience Terhadap Repurchase Intention Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Intervening Pada J.Co Donuts & Coffee Paragon Mall Dan Java Supermall Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 866-878. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29862.

Rahmania, M. A., & Wahyono, W. (2022). Interaction Of E-Service Quality, Experiential Marketing, Trust, And Satisfaction On Repurchase Intention. Management Analysis Journal, 11(1), 71-82. https://doi.org/10.15294/maj.v11i1.54279.

Rahmayanti, A., & Wandebori, H. (2016). The Effects Of E-Service Quality On Customer Online Repurchase Intention Towards E-Commerce Marketplace C2C In Indonesia. The 7 Smart Collaboration for Business in Technology and Information Industries, 2016, 35–40.

Rohwiyati, R., & Praptiestrini, P. (2019). The Effect Of Shopee E-Service Quality And Price Perception On Repurchase Intention: Customer Satisfaction As Mediation Variable. Indonesian Journal of Contemporary Management Research, 1(1), 47-54.

Tj, H. W., & Purnama, E. D. (2021). The Effect Of Price Policy And Experiential Marketing On Repurchase Intention Mediated By Customer Satisfaction (Study At PT. Maybank Indonesia Finance Regional Jakarta). International Journal of Science, Technology & Management, 2(6), 2097-2109.

Trivedi, S. K., & Yadav, M. (2018). Predicting Online Repurchase Intentions With E-Satisfaction As Mediator: A Study On Gen Y. VINE Journal of Information and Knowledge Management Systems, 48(3), 427–447.

Wuisan, D. S. S., Chandra, D., Maisie, A. T., Natalia, V., & Bernarto, I. (2020). Pengaruh Website Design Quality Dan E-Service Quality Terhadap Repurchase Intention Sociolla Trust Sebagai Variabel Mediasi. Computatio: Journal of Computer Science and Information Systems, 4(1), 55–67.

Yolandari, N. L. D., & Kusumadewi, N. M. W. (2018). Pengaruh Pengalaman Pelanggan Dan Kepercayaan Terhadap Niat Beli Ulang Secara Online Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Situs Online Berrybenka.Com). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(10), 5343 – 5378.

Published
2023-11-21
Section
Articles
Abstract viewed = 246 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 243 times