Persepsi Masyarakat Sekitar Terhadap Corporate Social Responsibility Berlandaskan Konsep Tri Hita Karana Pada The Kayon Resort Ubud
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Corpotare Social Responsibility dan persepsi masyarakat berlandaskan konsep Tri Hita Karana pada The Kayon Resort Ubud yang diukur berdasarkan variabel Pawongan, Palemahan, dan Parahyangan. Penelitian ini dilakukan pada The Kayon Resort Ubud. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 orang sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan data kuantitatif dengan menggunakan metode kombinasi (mix method). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi Corpotare Social Responsibility dan persepsi masyarakat berlandaskan konsep Tri Hita Karana pada The Kayon Resort Ubud yang dinilai berdasarkan variabel Pawongan, Palemahan, dan Parahyangan sudah dilakukan dengan baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka pihak hotel The Kayon Resort Ubud harus mempertahankan dan meningkatkan program Corporate Social Responsibility yang berlandaskan konsep Tri Hita Karana secara optimal.
References
Alihamdan. (2017). Apa yang Dimaksud Dengan Implementasi? Retrieved from https://www.alihamdan.id/implementasi/
Bardos, K. S., Ertugrul, M., & Gao, L. S. (2020). Corporate social responsibility, product market perception, and firm value. Journal of Corporate Finance, 62, 101588. doi:10.1016/j.jcorpfin.2020.101588
Gursoy, D., Boğan, E., Dedeoğlu, B. B., & Çalışkan, C. (2019). Residents’ perceptions of hotels’ corporate social responsibility initiatives and its impact on residents’ sentiments to community and support for additional tourism development. Journal of Hospitality and Tourism Management, 39, 117–128. doi:10.1016/j.jhtm.2019.03.005
Hadi, N. (2011). Corporate Social Responsibility (CSR) (1st ed.). Jakarta: Graha Ilmu.
Sri Ardani, N. K., & Mahyuni, L. P. (2020). Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Manfaatnya Bagi Perusahaan. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(1), 12. doi:10.38043/jmb.v17i1.2339