Pengaruh Ukuran Perusahaan, Corporate Social Responsibility, Capital Intensity, Leverage dan Komisaris Independen terhadap Agresivitas Pajak Penghasilan Wajib Pajak Badan pada Perusahaan Industri Konsumsi di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017
Abstract
This research was conducted to analyze the effect of company size, corporate social responsibility (CSR), capital intensity, leverage, and independent commissioners on tax aggressiveness. This research uses quantitative data and the source of the data is a type of secondary data obtained from annual reports or annual reports of consumption industry companies listing on the IDX during 2015 to 2017 obtained on the IDX's official website www.idx.co.id and other relevant sources such as the Indonesian Capital Market Directory (ICMD). The population is the consumption industry companies listed on the Stock Exchange in 2015 and 2017. The number of were 24 companies taken using purposive sampling techniques. The analysis technique is a quantitative analysis using the classic assumption test which includes normality test, autocorrelation test, heterokedasticity test and multicollinearity test. The next analysis technique is the F test, regression coefficient test, t test, and the determinant coefficient test. Based on the results of the analysis, the regression coefficient equation is obtained Y = -45,230 + 0,000 X1 + 165,299 X2 + 4,204 X3 - 30,658 X4 + 45,620 X5 + e. Based on the t test, the results of corporate social responsibility (CSR) and capital intensity have a positive effect on the aggressiveness of income taxes, while company size, leverage and independent commissioners have no effect on the aggressiveness of income tax. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, corporate social responsibility (CSR), capital intensity, leverage, dan komisaris independen terhadap agresivitas pajak. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif serta sumber data yang digunakan merupakan jenis data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan atau annual report perusahaan industri konsumsi yang listing di BEI selama tahun 2015 sampai dengan tahun 2017 yang diperoleh dalam situs resmi BEI www.idx.co.id serta sumber lain yang relevan seperti Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Populasi yang digunakan adalah perusahaan industry konsumsi yang terdaftar di BEI pada tahun 2015 dan 2017. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 24 perusahaan yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, ui autokorelasi, uji heterokedastisitas dan uji multikolonieritas. Teknik analisis selanjutnya yaitu uji F, uji koefisien regresi, uji t, dan uji koefisien determinan. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka diperoleh persamaan koefisien regresi adalah Y = -45,230 + 0,000 X1 + 165,299 X2 + 4,204 X3 – 30,658 X4 + 45,620X5 + e. Berdasarkan uji t didapatkan hasil corporate social responsibility (CSR) dan capital intensity berpengaruh positif terhadap agresivitas pajak penghasilan, sedangkan ukuran perusahaan, leverage dan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak penghasilan.References
Ayem, S., & Setyadi, A. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Komite Audit Dan Capital IntensityTerhadap Agresivitas Pajak (Studi Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2013- 2017). Jurnal Akuntansi Pajak Dewantara, 1(2), 228–241. Retrieved from https://doi.org/10.24964/japd.v1i2.905
Cahyono, D. D., Andini, R., & Raharjo, K. (2016). Pengaruh Komite Audit, Kepemilikan Institusional, Dewan Komisaris, Ukuran Perusahaan (Size), Leverage (Der) Dan Profitabilitas (Roa) Terhadap Tindakan Penghindaran Pajak (Tax Avoidance) Pada Perusahaan Perbankan Yang Listing Bei Periode Tahun 2011 – 2013. Jurnal Ilmiah Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pandanaran, 2(2). Retrieved from https://jurnal.unpand.ac.id/index.php/AKS/article/view/462
Dwiyanti, I. A. I., & Jati, I. K. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Capital Intensity, dan Inventory Intensity pada Penghindaran Pajak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 27(3), 2293–2321. Retrieved from https://doi.org/10.24843/EJA.2019.v27.i03.p24
Fadli, I., Ratnawati, V., & Kurnia, P. (2016). Pengaruh Likuiditas, Leverage, Komisaris Independen, Manajemen Laba,Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Agresivitas Pajak Perusahaan (Studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2013). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 3(1). Retrieved from https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFEKON/article/view/11451
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM 23 SPSS. Semarang: BPFE Universitas Diponogoro.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hidayati, N. D., & Saifi, M. (2019). Corporate Social Responsibility (Csr) Dan Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Semen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017). Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya, 72(2), 100–109. Retrieved from http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2870
Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Mustika, Ratnawati, V., & Silfi, A. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Capital Intensity dan Kepemilikan Keluarga terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan dan Pertanian yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia P. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 4(1), 1886–1900. Retrieved from https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFEKON/article/view/13315
Nugraha, N. B., & Meiranto, W. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leveragedan Capital Intensityterhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris pada Perusahaan Non Keuanganyang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2012-2013). DIPONEGORO JOURNAL OF ACCOUNTING, 4(4), 1–14. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/253478-pengaruh-corporate-social-responsibility-b8c8ea8d.pdf
Rina, N. F. (2016). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibili (CSR), Ukuran Perusahaan (Size), Leverage, Return On Asset (Roa) Dan Kepemilikan Keluarga Terhadap Agresivitas Pajak (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013 -. Jurusan Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi Bisnis Dan Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Retrieved from http://eprints.iain-surakarta.ac.id/260/1/18. Nona Fajar Rina.pdf
Rudangga, I. G. N. G., & Sudiarta, G. M. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(7), 4394–4422. Retrieved from https://www.neliti.com/id/publications/243363/pengaruh-ukuran-perusahaan-leverage-dan-profitabilitas-terhadap-nilai-perusahaan
Suandy, E. (2004). Perencanaan Pajak. Jakarta: Salemba Empat.
Untung, B. H. (2009). Corporate Social responsibility. Cetakan Kedua. Jakarta: Sinar Grafika.