Pengaruh Persepsi, Gender dan Tipe Kepribadian Mahasiswa Terhadap Pemilihan Karir Mahasiswa Akuntansi sebagai Akuntan Publik (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Darma Persada)

  • Mohamad Ridwan Aditya Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Darma Persada
  • Ahmad Basid Hasibuan Fakultas Ekonomi, Universitas Darma Persada

Abstract

This research aims to analyze the influence of Perception, Gender and Accounting Student Personality Types toward Career Choice as a Public Accountant. This research was conducted by using surveys and questionnaires to students of accounting undergraduate programs who active and registered in the Accounting Department of the Economics Faculty, Darma Persada University in the study period 2018/2019 with a range of classes from 2014 to 2016. The sampling method in this study used a purposive sampling method. Total questionnaires disseminated were about 215 questionnaires with the number of questionnaires that can be used only as many as 200 questionnaires. This study utilizes primary data and secondary data to supporting research. The data analysis used is Multiple Linear Analysis with tested using SPSS 25 version. The results of the study based on multiple linear regression tests until the hypothesis test showed that the student perception, gender and personality variables had a positive and significant influence on career choice as public accounting by accounting students of Darma Persada University. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Persepsi, Gender dan Tipe Kepribadian Mahasiswa Akuntansi terhadap Pemilihan Karir sebagai Akuntan Publik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan survei dan penyebaran kuesioner kepada mahasiswa program sarjana akuntansi yang aktif dan terdaftar di Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Darma Persada pada periode 2018/2019 dengan rentang angkatan 2014 sampai dengan 2016. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Total kuesioner yang tersebar sebanyak 215 kuesioner dengan jumlah kuesioner yang dapat digunakan hanya sebanyak 200 kuesioner. Penelitian ini memanfaatkan data primer dan data sekunder dalam mendukung penelitian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Linear Berganda yang diuji dengan menggunakan software SPSS versi 25. Hasil penelitian berdasarkan uji regresi linear berganda hingga uji hipotesis menunjukkan bahwa variabel persepsi mahasiswa, gender dan tipe kepribadian memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel pemilihan karir sebagai akuntan publik mahasiswa akuntansi UNSADA.

References

Admin, S. (2016). 2040 : Menerawang Masa Depan Seorang Akuntan. Retrieved from https://spa-febui.com/2040-menerawang-masa-depan-seorang-akuntan/

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. Retrieved from https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Aprilyan, L. A., & Laksito, H. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Akuntansi Dalam Pemilihan Karir Menjadi Akuntan Publik (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi UNDIP dan Mahasiswa Akuntansi UNIKA). Diponegoro University Institutional Repository. Retrieved from http://eprints.undip.ac.id/26837/

Asmoro, T. K. W., Wijayanti, A., & Suhendro. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Akuntansi Dalam Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik. Jurnal Akuntansi ManajeriaL, 1(1). Retrieved from http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/JAM/article/view/734

Candraning, C., & Muhammad, R. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa bekerja di lembaga keuangan syariah. Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, 3(2), 90–98. Retrieved from https://doi.org/10.20885/jeki.vol3.iss2.art5

Chan, A. S. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Menjadi Akuntan Publik Oleh Mahasiswa Jurusan Akuntansi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 1(1), 53–58. Retrieved from http://journal.wima.ac.id/index.php/JIMA/article/download/13/11

Dalton, D. W., Buchheit, S., & McMillan, J. J. (2014). Audit and Tax Career Paths in Public Accounting: An Analysis of Student and Professional Perceptions. Accounting Horizons, 28(2), 213–231. Retrieved from https://doi.org/10.2308/acch-50665

Felton, S., Buhr, N., & Northey, M. (1994). Factors influencing the businessstudent’s choice of a career in chartered accountancy. Issues in Accounting Education, 9(1), 131–141. Retrieved from https://www.econbiz.de/Record/factors-influencing-the-business-student-s-choice-of-a-career-in-chartered-accountancy-felton-sandra/10006409119

Germanou, E., Hassall, T., & Tournas, Y. (2009). Students’ perceptions of accounting profession: work value approach. Asian Review of Accounting, 17(2), 136–148. Retrieved from https://doi.org/10.1108/13217340910975279

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Holt, T., Burke-Smalley, L. A., & Jones, C. (2017). An Empirical Investigation of Student Career Interests in Auditing Using the Big Five Model of Personality. Advances in Accounting Education: Teaching and Curriculum, 20, 1–31. Retrieved from https://doi.org/10.1108/S1085-462220170000020002

Indriantoro, N., & Supomo, B. (2009). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada.

James, G. L., Ivanvevich, J. M., & Donnely Jr, J. H. (1997). Manajemen, Proses dan Struktur, ahli bahasa Agus Dharma. Jakarta: Erlangga.

Kreitner, R., & Kinicki, A. (2014). Perilaku Organisasi. Edisi 9. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Law, P. K. (2010). A theory of reasoned action model of accounting students’ career choice in public accounting practices in the postâ€Enron. Journal of Applied Accounting Research, 11(1), 58–73. Retrieved from https://doi.org/10.1108/09675421011050036

Marriott, P., & Marriott, N. (2003). Are we turning them on? A longitudinal study of undergraduate accounting students’ attitudes towards accounting as a profession. Accounting Education, 12(2), 113–133. Retrieved from https://doi.org/10.1080/0963928032000091738

Mauldin, S., Crain, J. L., & Mounce, P. H. (2000). The Accounting Principles Instructor’s Influence on Students’ Decision to Major in Accounting. Journal of Education for Business, 75(3). Retrieved from https://doi.org/10.1080/08832320009599005

Mbawuni, J. (2015). Examining Students’ Feelings and Perceptions of Accounting Profession in a Developing Country: The Role of Gender and Student Category. International Education Studies, 8(6), 9–23. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1067768.pdf

McShane, S. L., & Von Glinow, M. A. (2010). Organizational Behavior: Emerging Knowledge and Practice for The Real World (5th ed.). New York: The McGraw-Hill Companies.

Mudrika, N. (2011). Membaca Kepribadian Menggunakan Tes MBTI (Myer Briggs Type Indicator). Retrieved from https://nafismudrika.wordpress.com/2011/02/18/membaca-kepribadian-menggunakan-tes-mbti-myer-briggs-type-indicator/

Peer Review Standards Interpretations. (2019). Retrieved from https://www.aicpa.org/Research/Standards/PeerReview/DownloadableDocuments/PeerReviewStandardsInterpretations.pdf

Pramitasari, A. P., Sukoharsono, E. G., & Djamhuri, A. (2017). The Influence of Auditor’s Personality Types, Experience, Ethics, and Gender on Fraud Detection Capability: Study of Big Four Public Accounting Firm in Indonesia. Imperial Journal of Interdisciplinary Research (IJIR), 3(7), 640–653. Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/cee3/e59139e228140c87aba7d82be7a1abcb2d5d.pdf?_ga=2.109151746.660578245.1581036141-1145283201.1581036141

Rahayu, S. (2003). Persepsi mahasiswa akuntansi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan karir. UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret. Retrieved from https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/964/Persepsi-mahasiswa-akuntansi-mengenai-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-pemilihan-karir

Robbins, S. P. (2017). Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi: Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Robbins, S. P., & Couler, M. (2016). Manajemen edisi 13 jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Santrock, J. W. (2011). Life-Span Development, Perkembangan Masa Hidup Jilid 1 (edisi kelima). Jakarta: Erlangga.

Sawarjuwono, T., & Kalanjati, D. (2013). Menumbuhkan Cinta Profesi Akuntan Publik bagi Generasi Penerus. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 13(1). Retrieved from http://dx.doi.org/10.20961/jab.v13i1.132

Setiyani, R. (2005). Faktor-Faktor Yang Membedakan Mahasiswa Akuntansi Dalam Memilih Profesi Sebagai Akuntan Publik dan Non Akuntan Publik. (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi Negeri di Pulau Jawa). Program Pascasarjana Universitas Diponegoro. Retrieved from http://eprints.undip.ac.id/10225/

Showalter, E. (1989). Towards a Feminist Poetics†in Contemporary Literary Criticism. Davis, Robert Con (ed.). London: Longman.

Smith, G. (2005). Reversing the decreasing trend of students majoring in accounting. Managerial Auditing Journal, 20(9), 936–944. Retrieved from https://doi.org/10.1108/02686900510625280

Suyono, N. A. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Unsiq). Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 69–83. Retrieved from https://doi.org/10.32699/ppkm.v1i2.235

Tan, L. M., & Laswad, F. (2009). Understanding Students’ Choice of Academic Majors: A Longitudinal Analysis. Accounting Education, 18(3), 233–253. Retrieved from https://doi.org/10.1080/09639280802009108

Wade, C., & Tavris, C. (2007). Psikologi Edisi Kesembilan Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Wheeler, K. G. (1983). Perceptions of labor market variables by college students in business, education, and psychology. Journal of Vocational Behavior, 22(1), 1–11. Retrieved from https://doi.org/10.1016/0001-8791(83)90002-7

Yendrawati, R. (2007). Persepsi Mahasiswa dan Mahasiswi Akuntansi Mengenai Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir sebagai Akuntan. Fenomena: Jurnal Ilmu Ilmu Sosial Humaniora, 5(2). Retrieved from https://journal.uii.ac.id/index.php/Fenomena/article/view/1107

Zeff, S. A. (2003a). How the U.S. Accounting Profession GotWhere It Is Today: Part II. Accounting Horizons, 17(4), 267–286. Retrieved from http://www.ruf.rice.edu/~sazeff/PDF/Horizons, Part II %28print%29.pdf

Zeff, S. A. (2003b). How the U.S. Accounting ProfessionGot Where It Is Today: Part I. Accounting Horizons, 17(3), 189–205. Retrieved from http://www.ruf.rice.edu/~sazeff/PDF/Horizons, Part I (print).pdf

Published
2020-03-02
Section
Articles
Abstract viewed = 2943 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 3743 times