Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi dan Volume Penjulan terhadap Laba Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2015-2017

  • I Made Ari Yuda Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali, Indonesia
  • I Ketut Puja Wirya Sanjaya Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali, Indonesia
Keywords: Biaya produksi, biaya promosi, laba perusahaan, volume penjualan

Abstract

This research aims to analyze the effect of Production Costs, Promotion Costs and Sales Volume on Profit in manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The data analysis method used is the Analysis of Multiple Linear Regression. The sample used amounted to 35 randomly selected companies. The independent variables in this research are production costs, promotion costs, and sales volume. The dependent variable is company profit. The results show that partially (t test) the production cost variable with a significance value of 0.016 is smaller than 0.05, which means that production costs have a significant positive effect on company profits. Promotional cost variables with a significance level of 0.015 are smaller than 0.05, which means that promotion costs have a significant positive effect on company profits. And the sales volume variable with a significance value of 0.041 is smaller than 0.05, which means that the sales volume variable has a significant positive effect on corporate earnings. Penelitian ini betujuan untuk menganalisis pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi dan Volume Penjualan terhadap Laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode analisis data yang digunakan yaitu Analisis Regresi Linier Berganda. Sampel yang digunakan berjumlah 35 perusahaan yang terpilih secara acak. Variabel independen dalam penelitian ini adalah biaya produksi, biaya promosi, dan volume penjualan. Variabel dependen adalah laba perusahaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial (uji t) variabel biaya produksi dengan nilai signifikani 0,016 lebih kecil dari 0,05 yang berarti bahwa biaya produksi berpengaruh positif signifikan terhadap laba perusahaan. Variabel biaya promosi dengan tingkat signifikansi 0,015 lebih kecil dari 0,05 yang berarti bahwa biaya promosi berpengaruh positif signifikan terhadap laba perusahaan. Serta variabel volume penjualan dengan nilai signifikansi 0,041 lebih kecil dari 0,05 yang berarti bahwa variabel volume penjulan berpengaruh positif signifikan terhadap laba perusahaan.

References

Felicia, & Gultom, R. (2018). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Kualitas Dan Biaya Promosi Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013–2015. Jurnal Ilmu Manajemen Methonomix, 1(1), 1–12. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/261770-pengaruh-biaya-produksi-biaya-kualitas-d-d992172e.pdf

Harnanto. (2017). Akuntansi Biaya “Sistem Biaya Historis.†Yogyakarta: Andi Offseet.

Mulyana, A. (2018). Pengaruh Biaya Produksi terhadap Laba Kotor. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 15–26. Retrieved from https://doi.org/10.35138/organum.v1i1.21

Mursid. (2016). Manajemen pemasaran. Edisi 1. Cetakan 7. Jakarta: Bumi Aksara.

Novera, A. (2015). Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Penjualan Sepada Motor Honda di CV. Mitra Makmur Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Mulawarman, 2(4), 899–913. Retrieved from https://ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id/site/?p=944

Putra, Y. A. (2014). Analisis Pengaruh Biaya Produksi Dan Penjualan Terhadap Laba Perusahaan (Studi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar). Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/29241/9/02._Artikel_Publikasi_Ilmiah.pdf

Ramadhan, F. Z. (2015). Pengaruh Biaya Produksi Dan Biaya Opersional Terhadap Laba Bersih (kasus Pada Perusahaan Industri Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Sub Rokok Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Digital library - Perpustakaan Pusat Universitas Komputer Indonesia. Retrieved from https://repository.unikom.ac.id/22887/

Riansyah, F. (2017). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, Dan Volume Penjualan Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bei.

Sayyida. (2014). Pengaruh Biaya Produksi Terhadap Laba Perusahaan. Performance: Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 1–18. Retrieved from https://doi.org/10.24929/feb.v7i1.343

Sujarweni, V. W. (2016). Akuntansi Sektor Publik Teori, Konsep, Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Suwardjono. (2016). Teori Akuntansi, Perekayasaan Pelaporan Keuangan Edisi Ketiga. Yogyakarta: Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada.

Published
2020-03-02
Section
Articles
Abstract viewed = 5141 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 5208 times