Determinan Minat Penggunaan E-Money Pada Mahasiswa Akademi Pariwisata Denpasar

  • I Wayan Wirawan Akademi Pariwisata Denpasar, Bali, Indonesia
  • I Gusti Ayu Ratih Permata Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Warmadewa, Bali, Indonesia

Abstract

This study aims to empirically test the influence of perceived benefits, perceived ease of use, service features, and security on the interest in using e-money among students of the Denpasar Tourism Academy. Perceived benefits, perceived ease of use, service features, and security as independent variables and interest in using e-money as dependent variables. The type of research used is quantitative research using questionnaire data collection methods and purposive sampling techniques. The number of samples used in this study was 100 respondents with the sample used being e-money users at Akademi Pariwisata. The data analysis method used is multiple linear regression analysis using Stata Version. The results of this study indicate that perceived benefits, perceived ease of use, and security have a positive and significant effect on interest in using e-money. This means that the more benefits, ease of use, service features, and security are felt, the greater the interest in using e-money.

References

Abrilia, N. D., & Sudarwanto, T. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Aplikasi Dana Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(3), 1006–1012.

Ainiyah, G. Z., Aziz, M. N., Permatasari, K. D., & Yubiharto. (2023). Peningkatan Penggunaan E-Money Di Masa Pandemi. Medikonis: Jurnal Media Ekonomi Dan Bisnis, 14(1), 27–41.

Amelina, N., & Sa’diyah, M. (2023). Pengaruh Pengetahuan, Keamanan dan Risiko terhadap Minat Penggunaan E-Money Ovo dalam Perspektif Ekonomi Islam. AKSES : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis.

Amruddin, Priyanda, R., Agustina, T. S., Ariantini, N. S., Lia, R. N. G. A., Aslindar, D. A., Ningsih, K. P., Wulandari, S., Putranto, P., Yuniati, I., Untari, I., Mujiani, S., & Wicaksono, D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 6). Pradina Pustaka.

Andi, Siagian, H., & Efendi, N. (2023). Pengaruh E-Service Quality, Manfaat, Keamanan, Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi OVO (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Mikroskil). Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil (JWEM), 13(2), 155–167. https://doi.org/10.55601/jwem.v13i2.1020

Aprilia, R. W., & Susanti, D. N. (2022). Pengaruh Kemudahan, Fitur Layanan, dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Dana di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 4(3), 399–409. https://doi.org/10.32639/jimmba.v4i3.121

Artina, N. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Kepercayaan Dan Fitur Layanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan E-Money Di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang, 11(1), 120–131.

Cahyono, Y. T., & Adha, A. H. (2022). Pengaruh Manfaat, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Minat Penggunaan E-Money Pada Aplikasi Dana Di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 1, 439–444.

Damanik, R. M., & Efriyenti, D. (2023). SEIKO : Journal of Management & Business Pengaruh Persepsi Kemudahan , Persepsi Manfaat , dan Tingkat Pemahaman Terhadap Minat Penggunaan E-Money. 6(1), 236–244. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4165

Darwin, M., Mamondol, M. R., Sormin, S. A., Nurhayati, Y., Tambuhan, H., Sylvia, D., Adnyana, I. M. D. M., Prasetiyo, B., Vianitati, P., & Gebang, A.

A. (2021). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Media Sains Indonesia.

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 13(3), 319–339. https://doi.org/10.2307/249008

Endriyanto, R., & Indrarini, R. (2022). Pengaruh Promosi dan Fitur Layanan terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Linkaja (Studi Kasus di Surabaya). Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 5(1), 67–80. https://doi.org/10.26740/jekobi.v5n1.p67-80

Ernawati, N., & Noersanti, L. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan terhadap Minat Penggunaan pada Aplikasi OVO. Jurnal Manajemen STIE, 3(2), 27–37.

Fatonah, F., & Hendratmoko, C. (2020). Menguji Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Minat Generasi Millennial Menggunakan E-Money. Jurnal Manajemen, 12(2), 209–217. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN%0AMeng uji

Humaidi, H., Utomo, S., & Lestari, D. (2022). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Fitur Layanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa FISIP ULM Di Kota Banjarmasin). Jurnal Bisnis Dan Pembangunan, 11(1), 23. https://doi.org/10.20527/jbp.v11i1.13133

Ishaq, A. H. (2020). Strategi Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Kartu E-Money untuk Peningkatan Kinerja Pemasaran. Jurnal Riset Perbankan, Manajemen, Dan Akuntansi, 4(2), 60. https://doi.org/10.56174/jrpma.v4i2.68

Kurnianingsih, H., & Maharani, T. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan E-Money Di Jawa Tengah. Akuntoteknologi : Jurnal Ilmia Akuntansi Dan Teknologi, 12. https://doi.org/10.31294/jeco.v4i2.7934

Kurniawan, A. W., & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Pandiva Buku.

Laloan, W., Wenas, R., & Loindong, S. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, dan Risiko Terhadap Minat apengguna E- Payment QRIS pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(02), 375–386. https://doi.org/10.35794/emba.v11i02.48312

Leoni, J., & Sitinjak, T. (2019). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Penggunaan Layanan Pembayaran Digital Go-Pay. Jurnal Manajemen, 8(2), 27–39.

Marchelina, D., & Pratiwi, R. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko dan Fitur Layanan terhadap Minat Penggunaan E- Money (Studi Kasus Pada Pengguna E-Money Kota Palembang). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 1(1), 1–17. https://core.ac.uk/download/pdf/162164902.pdf

Mawardani, F., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Promosi Cashback Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Dompet Digital Shopeepay Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1455–1463.

Ngatno. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis. Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Diponegoro.

Novalianti, T., & Saad, B. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Pengguna E-Payment (Studi Empiris Terhadap Pengguna Gopay Dan OVO Di DKI Jakarta Dan Depok). Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan (Journal of Economics, Management and Banking), 5(2), 54–63. https://doi.org/10.35384/jemp.v5i2.244

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-dasar Statistik Penelitian. In Sibuku Media. Sibuku Media.

Prabadewi Apsari, I. A., & Putra Astika, I. B. (2020). Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem Informasi, dan Perceived Usefulness pada Kepuasan Pengguna SIMDA. E-Jurnal Akuntansi, 30(3), 611. https://doi.org/10.24843/eja.2020.v30.i03.p05

Prasetya, H., & Putra, S. E. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Manfaat Dan Risiko Terhadap Minat Menggunakan Uang Elektronik Di Surabaya. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 17(2), 151–158. https://doi.org/10.34001/jdeb.v17i2.1340

Putri, C. S. P., Handayani, J., & Agustinus, T. M. (2021). Pengaruh Daya Tarik Promosi, Kemudahan Penggunaan, Dan Keamanan Terhadap Minat Penggunaan E-Money Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Semarang. KEUNIS (Keuangan Dan Bisnis), 9(2), 173–183. https://doi.org/10.32497/keunis.v9i2.2856

Reyhan, E., & Amri. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Kemudahan, Dan Referensi Terhadap Niat Menggunakan E-Money Pada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam, 2(2), 117–130.

Ridhawati, R., Hanifah, & Rahmalia. (2023). Pengaruh Kemanfaatan, Resiko, dan Fitur Layanan Terhadap Minat Penggunaan E-Money (Pada Mahasiswa STIENAS Banjarmasin Pengguna E-Money). 16(1), 203–216.

Robaniyah, L., & Kurnianingsih, H. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Pada Aplikasi Ovo. Journal IMAGE, 10(1), 53–62.

Rufaidah, E., Ma’ruf, A., Pujiati, & Mirza. BR, A. D. (2023). Minat Penggunaan E-Money di Masa Pandemi: Studi Kasus Mahasiswa Universitas Lampung. Jurnal Bisnis Dan Manajemen (JBM), 19(1), 36–43. https://doi.org/10.23960/jbm.v19i1.834

Sa’diyah, M., & Amelina, N. (2023). Pengaruh Kemanfaatan , Efektivitas , Dan Risiko Terhadap Minat Penggunaan E-Money Ovo Dalam Perspektif Ekonomi Islam. AKSES : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 18(2), 102–109.

Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian. KBM Indonesia.

Saraswati, A. N., & Mardhiyah, A. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Keamanan Terhadap Minat Penggunaan E-Money Di Kalangan Generasi Millenial. Journal Business Administration (JBA), 1(2), 45–57.

Sari, S. R. P., & Yatun, R. F. (2022). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko Dan Persepsi Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Gopaylater Pada Aplikasi Gojek. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(06), 114–122. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i06.501

Sati, R. A. S., & Ramaditya, M. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan E-Money (Studi Kasus Pada Konsumen Yang Menggunakan Metland Card). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1–20.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (1st ed., Issue 1). Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian - Bisnis & Ekonomi (I). Pustakabarupress.

Sumadi, Romdhoni, A. H., & Fatakhurrohim. (2022). Analisis Faktor Kepercayaan, Manfaat Dan Keamanan Terhadap Minat Penggunaan E- Money Dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus Pada Masyarakat di Boyolali). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(02), 2195–2201. http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i2.5976

Syahril, W. N., & Rikumahu, B. (2019). Penggunaan Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Analisis Minat Perilaku Penggunaan E-Money Pada Mahasiswa Universitas Telkom. Jurnal Mitra Manajemen, 3(2), 201–214. https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i2.201

Syahza, A. (2021). Metodologi Penelitian (Revisi). Unri Press.

Umaningsih, W. P., & Wardani, D. K. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, dan Keamanan terhadap Niat Menggunakan E-Money. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi, 5(21), 113–119. https://doi.org/10.29407/jae.v5i3.14057

Wicaksono, S. R. (2022). Teori Dasar Technology Acceptance Model (Issue December 2022). https://doi.org/10.5281/zenodo.7754254

Zulfikar, & Apriliyati, K. T. (2022). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Risiko, Keamanan, dan Fitur Layanan terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Aplikasi OVO di Kota Samarinda. Jurnal EKSIS, 18(1), 84–98. https://doi.org/10.46964/eksis.v18i1.301

Published
2024-10-30
Section
Articles
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times