Perencanaan E-Sport Center Dengan Penerapan Arsitektur Futuristik Di Denpasar – Bali

  • Ramadhani Estu Segara Aji Program Studi Arsitektur, Universitas Warmadewa
  • Ni Putu Ratih Pradnyaswari Anasta Putri Program Studi Arsitektur, Universitas Warmadewa
  • I Nyoman Gede Mahaputra Program Studi Arsitektur, Universitas Warmadewa
Kata Kunci: E-Sport, Game, Arsitektur Futuristik

Abstrak

Saat ini Indonesia telah dipengaruhi oleh adanya e-sport (olahraga elektronik), olahraga elektronik ini melakukan Tournament atau kompetisi berskala regional ataupun nasional dalam game online. Dengan adanya e-sport tersebut menjadikan peluang bagi para gamers / pemain game online yang ada di Indonesia untuk ikut serta ke dunia e-sport dan memainkan game online. Maka dari itu dibutuhkan wadah bagi para gamer untuk tempat berkumpul dan juga sebagai tempat mengadakan kompetisi game. Proses pembuatan sebuah wadah atau tempat yang dipusatkan untuk memberikan hiburan tentang perkembangan game di Kota Denpasar ini dengan proses pembentukan yang inovatif, bangunan ikonik dan ramah terhadap lingkungan perkotaan. Konsep perancangan E-sport center memiliki pendekatan arsitektur futuristik dengan bentuk fasade dikombinasikan dengan kayu yang tidak memiliki ornamen dan polos, minimalis futuristik sehingga akan menjadi pusat pengembangan dalam bermain game, karena didalamnya tidak hanya disediakan tempat berkumpul saja, tetapi disediakan Tournament Venue untuk menonton kompetisi, Gaming Area, toko game, dan juga Cafe.

Referensi

Muhammad, R. (2018). PONTIANAK GAME CENTER. Jurnal online mahasiswa Arsitektur Universitas Tanjungpura, 4354.

Tisnawati, A. A. (2014). Sejarah Konsep Tata Cahaya, Warna, Tekstur dan Pola Standardisasi Istilah Interior ( Teori Interior).

Kharis, Zaenal. 2014. “EXECUTIVE GAME CENTER†dalam Tugas Akhir Dasar Program Perencanaan dan Perancangan Arsitektur (DP3A).

Muhammad, R. (2018). PONTIANAK GAME CENTER. Jurnal online mahasiswa Arsitektur Universitas Tanjungpura, 4354.

Setiamurti Rahardjo, 5th Bandung Creative Movement International Conference on Creative Industries 2018 (5th BCM 2018), 488 (2018), Vol. 197

Diterbitkan
2023-01-20
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 209 times
PDF downloaded = 237 times