Penerapan Pendekatan Arsitektur Perilaku dalam Children Care Center di Kabupaten Badung, Bali

  • I Gusti Ngurah Nara Indra Prima Satya Program Studi Arsitektur, Universitas Warmadewa
  • I Putu Hartawan Program Studi Arsitektur, Universitas Warmadewa
  • Anak Agung Gede Raka Gunawarman Program Studi Arsitektur, Universitas Warmadewa
Kata Kunci: Anak Usia Dini, Arsitektur Perilaku, Pengasuhan, Pendidikan Pra-sekolah, Children Care Center

Abstrak

Tingginya jumlah orang tua yang sibuk denga pekerjaannya terutama para ibu yang seharsunya menjadi sosok pendidik dan pengasuh bagi anak, menyebabkan dibutuhkannya fasilitas yang dapat menjadi wadah bagi anak-anak agar nantinya mereka mendapatkan pengasuhan dan pendidikan yang baik, efisien dan juga sesuai sehingga hal ini akan dapat membantu tumbuh kembang mereka kedepannya untuk menjadi pribadi atau individu yang lebih baik.Maka dari itu fasilitas yang dapat menjadi solusi dalam permasalahan ini adalah fasilitas Children Care Center yang sekiranya dapat mengakomodasi seluruh kebutuhan anak usia dini dengan mencangkup jasa penitipan dan pendidikan pra sekolah. Dengan adanya fasilitas umum Children Care Center yang melibatkan anak-anak sebagai pelaku utama maka diperlukannya pendekataan Arsiterktur yang sesuai agar dapat menjadikan Children Care Center sebagai fasilitas yang tanggap akan seluruh kebutuhan anak usia dini sebagai pengguna utama. Pendekatan Arsitektur Perilaku merupakan pendekatan yang sekiranya tepat untuk fasilitas Children Care Center ini, dikarenakan dengan penerapan pendekatan Arsitektur Perilaku pada  fasilitas ini , diharapkan fasilitas dapat memenuhi kebutuhan anak usia dini akan fasilitas apa saja yang mereka butuhkan dengan mengetahui atau memperlajari kebiasaan, karakter,  perilaku, dan pola kegiatan anak usia dini.

Referensi

Abdul Muttaqin, R. A. (2017). PUSAT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI PEKANBARU. Jom FTEKNIK, Vol 4, No 1.

BPS. (2021). Hasil Sensus Penduduk 2021 Provinsi Bali. Badung: Badan Pusat Statistik Provinsi Bali.

Dian Cahya Fatikhasari, M. R. (2019). Perencanaan Baby And Kids Care Center di Samarinda Dengan Pendekatan Arsitektur Kontemporer. Vol 7, No 2.

Erikson, E. (1963). Childhood and Society 2nd Edition. New York: W. W Norton.

Fakriah, N. (2015). PENDEKATAN ARSITEKTUR PERILAKU DALAM PENGEMBANGAN KONSEP . Dosen Arsitektur Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Vol. 1, No. 2.

Halim, D. (2005). Psikologi Arsitektur Pengantar Kajian Lintas Disiplin. Jakarta: Grasindo.

Haryadi, S. B. (2010). Arsitektur, Lingkungan dan Perilaku. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ibda, F. (2015). PERKEMBANGAN KOGNITIF: TEORI JEAN PIAGET. INTELEKTUALITA, Volume 3, Nomor 1.

Laurens, J. M. (2004). Arsitektur dan Perilaku Manusia. Jakarta: Grasindo.

Putri, S. R. (2020). PONTIANAK DAY CARE AND PRE-SCHOOL. Jurnal online mahasiswa Arsitektur Universitas Tanjungpura, Vol 8, No 1.

Diterbitkan
2022-08-03
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 571 times
PDF downloaded = 503 times