Publikasi Karya Arsitektur Sebagai Strategi Pemasaran Bagi Konsultan Arsitektur

  • Dewi Ratih Purnamasari Program Studi Arsitektur, Universitas Warmadewa
  • I Komang Gelda Manika Aprizio Program Studi Arsitektur, Universitas Warmadewa
  • Komang Junida Aryadi Putra Program Studi Arsitektur, Universitas Warmadewa
  • I Wayan Widanan Program Studi Arsitektur, Universitas Warmadewa
  • Cokorda Istri Arina Cipta Utari Program Studi Arsitektur, Universitas Warmadewa
Kata Kunci: Konsultan Arsitektur, Publikasi, Pemasaran

Abstrak

Konsultan Arsitektur sangat tergantung dengan adanya pengguna jasa atau klien, salah satu strategi pemasaran yang biasanya digunakan tanpa menyalahi kode etik Ikatan Arsitektur Indonesia berupa publikasi karya yang sudah pernah dihasilkan. Publikasi karya ini bisa menggunakan berbagai media, seperti Media cetak (buku / majalah), Sosial Media (Instagram, Facebook, Web), Pameran, Media Online, dan dapat juga berupa kegiatan mahasiswa arsitektur atau komunitas. Dengan adanya kemajuan teknologi, maka konsultan arsitektur dapat menghilangkan Batasan dalam melakukan publikasi karyanya untuk melakukan pemasaran. Dengan penerapan teori Marketing Funnel menjelaskan cara menggapai pasar dan mendapatkan segmen pasar yang baru. Ada beberapa fase yang akan di dapatkan oleh klien, yaitu Fase Awarness yang dapat meningkatkan audience baru, Fase Preference yaitu ketika dapat meyakinkan klien dengan produk jasa yang disediakan, dengan ini diharapkan klien dapat mencapai Fase Loyality ketika klien sudah kontinitas dalam menjalankan kerja sama dengan Konsultan Arsitektur.

Referensi

Hamzah, Y. I. (2013). Potensi media sosial sebagai sarana promosi interaktif bagi pariwisata Indonesia. Jurnal Kepariwisataan Indonesia, 8(3), 1-9.

Ningsih, Y. A., & Oemar, E. A. B. (2021). Perancangan company profile pt wiradecon multi berkah sebagai media promosi. Barik, 2(3), 97-110.

Nurwarsih, N. W. (2017). Korelasi Kebutuhan Fungsi Terhadap Proses dan Program Perancangan Arsitektur. Undagi: Jurnal Ilmiah Jurusan Arsitektur Universitas Warmadewa, 5(2), 19-26

Sekarlangit, N. (2019). ARCHITECTURE BRANDING IN A LOCAL WISDOM BASED ON TOURISM DEVELOPMENT 4.0 IN BALI. Undagi: Jurnal Ilmiah Jurusan Arsitektur Universitas Warmadewa, 7(2), 56-65.

Tegal, H. F. A. B. (2017). Perilaku penggunaan media sosial pada kalangan remaja. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 3(2).

Tiagas, D. H. (2017). Mengukur Apresiasi Konsultan Arsitektur Mengenai Kriteria Rancangan Green Building (Doctoral dissertation, Sam Ratulangi University).

Wulfram I. Ervianto, 2005 Manajemen Proyek Konstruksi (Edisi Revisi).

Yusuf Saleh, M., & Said, M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran.

Diterbitkan
2021-12-15
Abstrak viewed = 376 times
PDF downloaded = 371 times