Peningkatan Kemampuan Dasar Mahasiswa Arsitektur Melalui Program Magang Di Biro Arsitek

  • I Wayan Darma Yasa Program Studi Arsitektur, Universitas Warmadewa
  • I Made Suryadi Program Studi Arsitektur, Universitas Warmadewa
  • I Wayan Dodik Yasa Program Studi Arsitektur, Universitas Warmadewa
  • Nyoman Ratih Prabandari Program Studi Arsitektur, Universitas Warmadewa
  • Ni Putu Ratih Pradnyaswari Anasta Putri Program Studi Arsitektur, Universitas Warmadewa
Kata Kunci: Peningkatan Kemampuan Mahasiswa, Program Magang Di Biro Arsitek, Kesiapan Kerja

Abstrak

Program magang sangat penting untuk dilakukan guna meningkatkan potensi diri mahasiswa serta melatih kesiapan kerja. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesiapan kerja yang rendah.  Pengaruh pengalaman praktik magang adalah suatu pengetahuan atau keterampilan yang diperoleh dari magang di dunia usaha atau industri selama jangka waktu tertentu. Menyiapkan calon lulusan yang profesional dan kompeten di bidangnya merupakan aspek terpenting dalam penerapan program magang bagi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja pengaruh dan hasil yang didapatkan dalam proses magang terhadap mahasiswa arsitektur untuk terjun ke dunia arsitektur. Dalam proses magang, mendapatkan beberapa pembelajaran tentang pekerjaan apa saja yang dilakukan pada biro arsitek (person-job fit) dan organisasi perusahaan (person-organization fit). Setelah menyelesaikan magang, mahasiswa diharapkan mampu untuk memberikan opini terhadap cara kerja dan ruang lingkup perusahaan magang. sehingga faktor-faktor ini akhirnya membentuk persepsi mahasiswa terhadap karir yang akan dijalankan nanti (person-career fit). penelitian ini menggunakan jenis data primer yang diperoleh dengan melakukan observasi langsung dan wawancara pada pengelola, dan mahasiswa tentang pengelolaan PKL yang diterapkan saat ini. 

Referensi

Suharyanti, C. (2015). Pengaruh Proses Pembelajaran dan Program Kerja Praktek Terhadap Pengembangan Soft Skills Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Sebelas Maret, 4(1), 118291.

Sulindawati, N. L. G. E., Yudantara, I. G. A. P., & Purnamawati, I. G. A. (2017). Model Pengelolaan Kegiatan Praktek Kerja Lapangan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program Diploma III Untuk Memasuki Dunia Kerja. Proceeding TEAM, 2, 541.

Suharyanti, C. (2015). Pengaruh Proses Pembelajaran dan Program Kerja Praktek Terhadap Pengembangan Soft Skills Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Sebelas Maret, 4(1), 118291.

Diterbitkan
2021-12-15
Abstrak viewed = 443 times
PDF downloaded = 541 times