Perencanaan Dan Perancangan Pasar Seni Tradisional Dengan Fasilitas Creative Hub Di Gianyar, Bali.

  • I Made Ari Saputra Ari Saputra Universitas Warmadewa
  • I Gede Surya Darmawan Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali, Indonesia
  • Agus Kurniawan Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali, Indonesia
Kata Kunci: Pasar Seni Tradisional, UKM, Seniman, Kerajinan, Creative Hub

Abstrak

Pasar seni tradisional merupakan bagian dari fasilitas penunjang sektor pariwisata, dalam peranannya pasar seni tradisional berperan sebagai wadah bagi pelaku UKM untuk berperan dalam industri perdagangan. Pasar seni tradisional adalah pasar tradisional yang komoditi penjualan barang seni kerajinan dari UKM dengan metode penjualan menerapkan sistem tradisional yaitu dengan cara tawar-menawar. Kabupaten Gianyar, Bali memiliki potensi dalam sektor industri, wisata, dan perdagangan. Berdasarkan hasil observasi pengembangan fasilitas, kenyamanan dan penataan kios dan los pedagang kurang begitu baik sehingga mempengaruhi kenyamanan pengunjung, ditambah berkembangnya toko oleh-oleh modern,  terlihat dari minat pengunjung yang mulai menurun untuk berbelanja di pasar seni tradisional. Sebagai pasar seni tradisional tempat bernaungnya UKM perlu adanya pengembangan potensi UKM dan seniman pada pasar seni tradisional, mengembalikan kenyamanan dan minat pengunjung berbelanja di pasar seni, dan memberikan fasilitas yang baik dalam perkembangan kedepannya maka di perlukan suatu gagasan dan rancangan yang baru yaitu pasar seni yang memiliki fasilitas yang dapat mengembangkan potensi UKM dan seniman lokal yaitu Pasar Seni yang di lengkapi fasilitas Creative Hub serta menerapkan arsitektur yang erat hubungannya terhadap seni itu sendiri, desain arsitektur adaptif dan dinamis terhadap waktu dan kondisi.

Referensi

Sudati, H. D. (2019). UMKM SEBAGAI PILAR MEMBANGUN EKONOMI BANGSA. Jurnal REP, 137.

Tempo. (2019). Masyarakat Kabupaten Gianyar Menekuni Seni dan Kerajinan. Bali: Tempo. Diambil kembali dari https://travel.tempo.co/read/1198173

Ida Ayu Dwi Mithaswari, I. W. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang di Pasar Seni Guwang. Jurnal Ilmiah, 297.

Elisse, J. T. (2019). CREATIVE HUB DI YOGYAKARTA. Tugas Akhir, 3.

Stevy Buloglabna, A. J. (2014). Pasar Seni di Manado Penerapan Prinsip Maniera Menurut Arata Isozaki. Jurnal Ilmiah, 156.

Iswari, A. D. (2018). Perancangan Interior Jogja Creative Hub di Daerah Istimewa Yogyakarta . Tugas Akhir .

Diterbitkan
2022-01-03
Abstrak viewed = 317 times
PDF downloaded = 515 times