Konsep Desain Skematik Rumah Sakit Umum Daerah Kelas C Dengan Pendekatan Healing Environment

  • Ilyas Rizal Ramadhan Program Studi Arsitektur, Universitas Warmadewa
  • I Kadek Merta Wijaya Program Studi Arsitektur, Universitas Warmadewa
  • I Wayan Widanan Program Studi Arsitektur, Universitas Warmadewa

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah hadir sebagai rumah sakit yang memberikan pelayanan kesehatan untuk berbagai jenis penyakit mulai dari yang bersifat dasar, spesialistik, hingga sub spesialistik yang diselenggarakan dan dikelola oleh pemerintah daerah. Sebagai pusat kedatangan wisatawan ke Provinsi Bali yang tentunya memiliki berbagai latar belakang riwayat penyakit, peningkatan fasilitas pelayanan kesehatan di Kecamatan Kuta Selatan dinilai sangat penting. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan skematik desain Rumah Sakit Umum Daerah kelas C yang mampu memberikan nilai lebih dalam penyembuhan secara Healing Environment. Metode yang dipergunakan adalah kualitatif dengan analisis menggunakan pendekatan research and development (R&D). Metode ini diterapkan dengan melakukan kajian terhadap konsep Healing Environment dan mengembangkannya dalam rancangan Rumah Sakit Umum Daerah kelas C. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep rancangan skematik dengan pendekatan Healing Environment ini dapat membantu mempercepat penyembuhan dengan menggunakan (1) tata zonasi site; (2) bentuk massa bangunan; (3) ruang dalam (interior) rawat inap; dan (4) konsep ruang luar berupa Healing Garden.

References

Badung, D. K. (2019). Profil Kesehatan Badung 2019. Kabupaten Badung: Pemerintah Kabupaten Badung.

Ernas, D. P. (2010). Arsitektur Rumah Sakit. Yogyakarta: PT. Global Rancang Selaras.

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan Research & Development. Malang: Literasi Nusantara Abadi.

Hatmoko, A. U. (2015). Arsitektur Rumah Sakit. Yogyakarta: PT. Global Rancang Selaras.

Kaplan, Robert M, S. J., James M, & Patterson, T. L. (1993). Health And Human Behavior. New York: Mc. Graw Hill Inc.

Kurniawati, F. (2007). Peran Healing Environment terhadap Proses Penyembuhan. Yogyakarta: Mahasiswa Jurusan Teknik Arsitektur.

Lidayana, V., Alhamdani, M., & Pebriano, V. (2013). Konsep dan Aplikasi Healing Environment dalam Fasilitas Rumah Sakit. Jurnal Teknik Sipil Untan, 2.

Sugiyono, P. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Published
2021-07-06
How to Cite
Ramadhan, I. R., Wijaya, I. K. M., & Widanan, I. W. (2021). Konsep Desain Skematik Rumah Sakit Umum Daerah Kelas C Dengan Pendekatan Healing Environment. Undagi : Jurnal Ilmiah Jurusan Arsitektur Universitas Warmadewa, 9(1), 40-49. https://doi.org/10.22225/undagi.9.1.3598.40-49
Abstract viewed = 601 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 424 times