Pendekatan Arsitektur Kontemporer Pada Bangunan Youth Center Di Denpasar

  • Ni Gusti Ayu Trisnawati Trisnawati Program Studi Arsitektur, Universitas Warmadewa
  • I Gede Surya Darmawan Program Studi Arsitektur, Universitas Warmadewa
  • Made Anggita Wahyudi Linggasani Program Studi Arsitektur, Universitas Warmadewa

Abstract

Kenakalan remaja timbul karena remaja memiliki keinginan untuk mencoba segala hal baru dalam proses pencarian jati diri. Saat remaja berada di titik tersebut, maka saat itulah peran serta bimbingan orang dewasa disekitarnya dapat menentukan remaja tersebut. Perancangan Youth Center merupakan salah satu wadah yang akan memberi fasilitas kepada remaja untuk mengembangkan potensi diri remaja. Youth Center memiliki tujuan untuk menjadi pusat kegiatan remaja yang menekankan pada banyak aktivitas diantaranya kegiatan sosial, rekreasi , kreativitas dan melakukan kegiatan seni serta olahraga yang bisa dilakukan oleh para remaja dalam proses mengembangkan bakat dan minat. Pendekatan dengan Arsitektur kontemporer pada Youth Center dipilih karena  menekankan terciptanya ruang-ruang yang menyatu satu sama lain untuk mengurangi terciptanya ruangan negatif agar remaja tidak melakukan kegiatan negatif di dalam Youth Center. Dengan demikian pendekatan yang digunakan pada perancangan Youth Center akan menjadi sesuatu yang iconic dan mampu memberi penekanan yang berbeda dari pengembangan bakat yang sudah terdapat sebelumnya baik dari segi penyedian fasilitas yang spesifik untuk pengembangan remaja hingga dari tampilan luar arsitektur yang dapat mewakilkan identitas remaja yang sesuai.

References

Badan Pusat Statistik Provinsi Bali . (2019). Statistik Kriminal Provinsi Bali 2019 . Provinsi Bali : Bps Provinsi Bali .

Bambang Darma Sasmita, D. I. (2014). Youth Center Di Semarang . Jurnal Ilmiah, 90.

Kamsin. (2014). Perancangan Pusat Seni Budaya Gayo Di. Jurnal Ilmiah , 1.

Muhammad Alwan Rosyadi, A. W. (2018). Pendekatan Building Infill Pada Perancangan Youth Center Di Kotatua Jakarta. Jurnal Ilmiah, 52.

Natalia, C. G. (2016 ). Youth Activity Center Di Sleman . Jurnal Ilmiah , 18.

Wijaya, R. (2017 ). Desain Gaji Pokok Pt Trans Mitra Samudra. Jurnal Ilmiah , 23.

Published
2021-07-06
How to Cite
Trisnawati, N. G. A. T., Darmawan, I. G. S., & Linggasani, M. A. W. (2021). Pendekatan Arsitektur Kontemporer Pada Bangunan Youth Center Di Denpasar. Undagi : Jurnal Ilmiah Jurusan Arsitektur Universitas Warmadewa, 9(1), 30-39. https://doi.org/10.22225/undagi.9.1.3596.30-39
Abstract viewed = 812 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 1063 times