Kriteria Desain Perancangan Mall UMKM Bidang Industri Kreatif Di Denpasar

  • I Kadek Dwika Satriya Program Studi Arsitektur, Universitas Warmadewa
  • I Wayan Widanan Program Studi Arsitektur, Universitas Warmadewa
  • Made Suryanatha Prabawa Program Studi Arsitektur, Universitas Warmadewa
Keywords: Ekonomi Kreatif, Mall, UMKM, Generasi Muda, Lokal

Abstract

Minat generasi milenial di Bali untuk mulai usaha berkontribusi sebesar 12,57 % terhadap Product Domestic Bruto (PDB). Dengan dukungan pemerintah contohnya Kota Denpasar yang terus berupaya mengembangkan dan memajukan  ekonomi khususnya dalam bidang industri kreatif di kalangan milenial, dengan memberikan Kredit Usaha Rakyat yang difokuskan ke pelaku UMKM. Dalam memulai sebuah usaha adapun masalah yang dihadapi contohnya kurangnya tempat untuk mewadahi usaha tersebut, pemilihan tempat yang berpengaruh dalam perkembangan pemasaran produk, dan konsumen yang merasa kurang puas dengan pemasaran produk lewat online, karena konsumen tidak bisa melihat secara langsung produk yang ditawarkan dalam peneleitian ini akan menganalisis kriteria desain perancangan mall UMKM yang berlokasi di Denpasar. Metode pengumpulan data dalam penulisan ini yaitu dengan observasi lapangan, studi literatur, dan wawancara dengan beberapa pelaku UMKM lokal. Dari permaslahan yang ada  maka diusulkan untuk membuat perancangan Mall UMKM Bidang Industri Kreatif di Denpasar sebagai wadah bagi pelaku UMKM dalam melakukan kegiatan komersial dan terus mengembangkan produk lokal di Bali. Serta memberikan fasilitas seperti workshop, exehibition, retail ( kuliner, kriya, fashion, dan lain sebagainya ), sekaligus menawarkan tema Green Architecture yang diharapkan dapat menguntungkan bagi civitas yang ada pada mall UMKM ini, serta menghilangkan pemahaman terhadap arsitektur Mall yang kurang ramah lingkungan.

References

Ahmad Kamil. (2015). Industri Kreatif Indonesia:Pendekatan Analisis Kinerja Industri. Journal.Trunojoyo, 168.

Aulusia Ika Kosanti, Agung Dwiyanto. (2018). Kajian Terhadap Fasad Mall Di Semarang. Ejurnal Undip, 102.

Walikota Denpasar. (2013). Peraturan Walikota Denpasar Nomor 6 Tentang Peraturan Zonasi Kawasan Strategis Sanur. Denpasar: JDIH Kota Denpasar.

Yuli Rahmini Suci . (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 54.

Published
2021-07-06
How to Cite
Satriya, I. K. D., Widanan, I. W., & Prabawa, M. S. (2021). Kriteria Desain Perancangan Mall UMKM Bidang Industri Kreatif Di Denpasar. Undagi : Jurnal Ilmiah Jurusan Arsitektur Universitas Warmadewa, 9(1), 172-181. https://doi.org/10.22225/undagi.9.1.3473.172-181
Abstract viewed = 539 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 570 times