Implementasi Konsep Healing Environment Pada Desain Club Spa Di Sanur, Bali, Indonesia

  • Pande Putu Nadya Paramitha Program Studi Arsitektur, Universitas Warmadewa
  • I Kadek Merta Wijaya Program Studi Arsitektur, Universitas Warmadewa
  • I Wayan Parwata Program Studi Arsitektur, Universitas Warmadewa
Keywords: SPA, Healing Environment, Skematik Desain, Treatment, Skenario Konsepsual

Abstract

SPA dikenal secara umum sebagai penyembuhan kondisi illness ke wellness melalui suatu treatment dengan menggunakan media air dan ramuan-ramuan yang bersifat tradisional maupun modern. Perkembangan saat ini, media terapi dalam SPA berkembang ke arah psikologis dengan menggunakan pendekatan healing environment. Tujuan penelitian ini adalah merumuskan konsep desain Club Spa dengan implementasi pendekatan healing environment pada konteks arsitektural. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah research and developing (R&D) dalam domain penelitian kualitatif. Langkah pertama yang dilakukan dengan studi research terhadap perkembangan terapi SPA di daerah Sanur dan kajian terhadap konsep healing environment, dan selanjutnya melakukan pengembangan dalam bentuk desain skematik arsitektural. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pendekatan healing environment menghasilkan suatu desain skematik pada konsep rancangan zonning pada site, ruang dalam, fasad bangunan, sistem pencahayaan dan penghawaan, dan ruang luar. Skenario rancangan skematiknya menjelaskan bahwa pengunjung mendapatkan treatment melalui ruang dan bentukkan arsitektur serta unsur hijau (vegetasi) yang dapat dirasakan oleh panca indra.

References

Benge, T. (2018). SPA Sebagai Bagian Dari Penyembuhan Fisik dan Psikologis.

Pramono, J. (2012). Pekembangan Pariwiata Wellness di Bali. Wellness and Spa Tourism Bali dalam Persepektif Multikultur.

Rai Utama, I. G. (2017). Heald and wellness tourism. Heald and wellness tourism: jenis dan potensi Pengembangannya di Bali.

Sutanto, & Batihalim. (2015). SPA. PENGETAHUAN, APLIKASI, DAN MANFAAT. Jakarta: PT. Gamedia Pustaka.

Published
2021-07-06
How to Cite
Paramitha, P. P. N., Wijaya, I. K. M., & Parwata, I. W. (2021). Implementasi Konsep Healing Environment Pada Desain Club Spa Di Sanur, Bali, Indonesia. Undagi : Jurnal Ilmiah Jurusan Arsitektur Universitas Warmadewa, 9(1), 50-57. https://doi.org/10.22225/undagi.9.1.3460.50-57
Abstract viewed = 562 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 439 times