Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for SINTESA (Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PERSYARATAN NASKAH UNTUK JURNAL SINTESA


1. Artikel merupakan/diangkat dari hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat atau yang setara dengan hasil penelitian (ada temuan) di bidang sosial dan politik.
2. Artikel ditulis dengan bahasa Inggris/ Indonesia sepanjang 8-20 halaman kwarto 1.5 spasi, dilengkapi dengan abstrak (200-300 kata) dan kata-kata kunci. Identitas peneliti (nama, profesi, email) dicantumkan pada halaman pertama naskah.
3. Artikel (hasil penelitian/hasil pengabdian kepada masyarakat) memuat :
Judul
Identitas Penulis (Nama, Profesi, Email)
Abstrak dalam Bahasa Inggris
Kata Kunci
Pendahuluan
Tinjauan Pustaka
Metode
Hasil dan Pembahasan
Kesimpulan dan Saran
Daftar Pustaka
4. Artikel (setara hasil penelitian) memuat :
Judul
Identitas Penulis (Nama, Profesi, Email)
Abstrak dalam Bahasa Inggris
Kata Kunci
Pendahuluan (tanpa subjudul)
Subjudul
Subjudul (sesuai kebutuhan)
Subjudul
Penutup (Kesimpulan dan Saran)
Daftar Pustaka
5. Uraian singkat dari masing masing adalah sebagai berikut :
Judul/Title
• Harus singkat, maksimum (10 dalam bahasa inggris, dan 15 kata untuk bahasa Indonesia) yang mencerminkan isi artikel.
• Bila judulnya panjang. Jadikan judul utama sebagai inti (maintitle) dan frase penjelas sebagai subjudul (subtitle).

Penulis/Authors
• Nama dibuat lengkap, tetapi tanpa gelar akademis dan dicantumkan dibawah judul.
• Diurut sesuai dengan keinginan penulis (bila lebih dari satu penulis).
• Nama lembaga lengkap dengan email penulis.

Abstrak/Abstract
• Dibuat ringkas namun unsure harus lengkap : tujuan penelitian, lingkup, metode, hasil utama termasuk fakta-fakta baru, kesimpulan utama dan keberartiannya.
• Disajikan satu paragraph dalam bahasa Inggris untuk artikel berbahasa Indonesia dan sebaliknya dalam bahasa Indonesia untuk artikel berbahasa Inggris, maksimal 200 kata.
• Ditulis dengan kalimat penuh bukan kalimat telegram.
• Mengandung semua kata kunci yang akan diindekskan.

Kata – kata kunci/keywords
• Cantumkan kata-kata yang akan dijadikan inti pembahasan.
• Maksimal 8 kata dalam bahasa Inggris

Pendahuluan/Introduction
• Uraikan masalah atau alasan penelitian, pernyataan logis atau yang mengarah ke hipotesis atau topic.
• Status kajian sesuai dengan situasi actual kontemporer.
• Hipotesis (kalau ada) dinyatakan dengan jelas.
• Panjang tidak lebih dari 4 halaman ketik atau 5-8 paragraf.
• Berisi cara pendekatan atau pemecahan masalah.

Bagian Utama/ Main Body
• Bahas butir permasalahan secara rinci dan mendalam.
• Pembahasan berurut sesuai dengan urutan dalam tujuan.
• Hindari perincian yang tidak perlu atau pengulangan dari bagian bagian sebelumnya.
• Diskusikan tentang prinsip-prinsip yang berlaku.
• Berikan alasan/bukti pendukung untuk pilihan tertentu.
• Diskusikan keberhasilan/kegagalan.
• Gunakan diagram/table secara baik.
• Tafsirkan hasilnya dan sarankan implikasinya untuk penelitian yang akan dating.

Penutup/Conclusion
• Ringkas apa yang telah didiskusikan dan apa implikasinya
• Rumuskan kesimpulan.
• Ucapan terimakasih / Acknowledgment, sampaikan pengakuan atas bantuan /kontribusi orang lain (bila perlu).

Lampiran/ Appendices (manasuka/optional)
Presentasikan data yang rinci atau kompleks yang mendukung pembahsan utama.

Daftar Pustaka/ References
• Urut Pustaka (buku, artikel, dokumen, hasil riset, dll) yang dikutip/diacu saja.
• Perhatikan teknik penulisan yang sedikit berbeda antara buku, artikel dalam jurnal, dokumen, dan sebagainya.

Biografi Singkat/ Biographical Sketch
• Berikan afiliasi lembaga (jurusan/fakultas/universitas) mdan alamat email terakhir.
• Tonjolkan posisi yang relevan (bila ada).

6. Artikel dikirimkan selambat-lambatnya 1 (satu) bulan sebelum penerbitan via email : sintesaunwar@gmail.com. Alamat : Redaksi Jurnal Sintesa, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik Universitas Warmadewa, Jl. Terompong No.24 Tanjung Bungkak Denpasar, Telp 0361-223858 ext 134, HP 08179793380 (wimas), 087861510941 (emma).

7. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan melalui email. Penulis yang artikelnya dimuat akan mendapatkan imbalan berupa bukti pemuatan sebanyak 2 (dua) eksemplar cetak lepas.
8. Artikel yang dimuat dikenai pengganti biaya cetak dan ongkos kirim jurnal yang besarnya ditetapkan oleh redaksi. Biaya pemuatan dikirimkan ke rekening : atas nama I Made Wimas Candranegara, Nomor Rekening 6485082275 (BANK BCA KCP MAHENDRADATA).


ONLINE SUBMISSION
Setelah memiliki username/password untuk log in ke dalam jurnal SINTESA (Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), penulis akan diarahkan ke halaman pengajuan naskah online yang dalalm hal ini penulis harus klik “penyerahan naskah baru” atau klik “klik di sini” dalam bagian penyerahan naskah baru.

Langkah 1 – Memulai Penyerahan Naskah: Pertama penulis harus memilih bahasa naskah yang digunakan pada artikel. Penulis harus memenuhi dan memberikan tanda rumput (check list) pada check box yang terdapat dalam jurnal dan hal tersebut harus sesuai dengan isi artikel yang akan diserahkan. Penulis dapat memberikan komentar kepada editor jurnal dengan mengisi pada “kolom komentar untuk editor”.

Langkah 2 – Mengunggah Naskah: Untuk mengunggah naskah ke dalam jurnal, klik choose file pada unggah file penyerahan dan pilih artikel yang ingin diunggah (dalam format .doc/.docx), lalu klik tombol “unggah” sampai file terunggah ke dalam jurnal.

Langkah 3 – Memasukkan Metadata Naskah: dalam langkah ini, metadata penulis harus diisi dan menandai hal-hal yang berkaitan dengan penulis. Setelah itu, judul naskah dan abstrak harus diunggah dengan cara copy dan paste teks naskah dalam kolom teks beserta kata kunci.

Langkah 4 – Mengunggah File Tambahan: File tambahan harus diunggah kedalam jurnal termasuk Surat naskah. Lalu, klik pada, choose files, dan klik tombol unggah. Jika tidak ada file tambahan yang ingin diunggah ke dalam jurnal langsugn klik tombol “simpan dan lanjutkan”.

Langkah – 5 Mengkonfirmasi Penyerahan Naskah: Penulis harus melakukan tinjauan terakhir sebelum menggunggah naskah dalam langkah ini. Untuk menyerahkan naskkah ke dalam SINTESA (Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), klik tombol “penyerahan selesai”. Penulis atau kontak terkait naskah akan menerima pemberitahuan pada email dan akan dapat memantau perkembangan naskah dalam proses editorial dengan melakukan log in ke dalam alamat web jurnal.

Setelah menyerahkan naskah, Penulis yang telah menyerahkan naskah akan mendapatkan email konfirmasi. Kemudian, Penulis dapat memantau perkembangan status naskah setiap saat dengan log in pada laman jurnal. Pantauan status jurnal meliputi Status naskah dan proses editorial.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.