Implementasi Pelayanan Penerbitan Akta Kelahiran Balita Menggunakan Klampid New Generation di Kelurahan Dupak

  • Frida Apprilia Pradini Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Surabaya-Indonesia
  • Endik Hidayat Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Surabaya-Indonesia
Kata Kunci: Administrasi kependudukan, pelayanan publik, akta kelahiran

Abstrak

Salah satu produk Pemerintah dalam Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil yaitu Akta Kelahiran. Akta Kelahiran adalah sebuah bukti sah yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil paling lama 60 (enam puluh) hari setelah peristiwa kelahiran yang memuat status dan peristiwa kelahiran seorang anak dari suatu keluarga yang menunjukkan bahwa seorang anak tersebut menjadi Warga Negara yang sah menurut hukum. Akta Kelahiran dianggap kurang penting kepemilikannya bagi sebagian warga karena proses penerbitannya yang dianggap sulit dan memakan waktu yang lama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas pelayanan penerbitan akta kelahiran dengan menggunakan aplikasi Klampid New Generation di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang menggunakan metode induktif. Dalam pengumpulan data, digunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan untuk analisis data, digunakan metode Reduki Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah implementasi pelayanan penerbitan Akta Kelahiran secara online menggunakan Klampid New Generation di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya sudah berjalan secara efektif dengan penerbitan 3 (tiga) dokumen sekaligus pada 1 (satu) permohonan.

Referensi

Beddy Irawan Maksudi. (2017). Dasar-dasar administrasi dari klasik ke kontemporer. Rajawali Pers.

Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik Konsep, dimensi, indikator dan implementasi (Cet. 1). Java Media.

Meyliano, R., & Putra, D. (2018). Inovasi Pelayanan Publik di Era Disrupsi (Studi tentang Keberlanjutan Inovasie-Health di Kota Surabaya) (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga). Kebijakan Dan Manajemen Publik, 6(2), 1–13.

Putra, I. P. A. P., & Putri, N. P. D. K. (2023). Analisis Sistem Sadar Lingkungan (Sidarling) Melalui Perspektif E-Government di Kota Denpasar. Aplikasi Administrasi: Media Analisa Masalah Administrasi, 26(1), 10–18. https://doi.org/10.30649/aamama.v26i1.153

Richardus Eko Indrajit. (n.d.). Electronic Government : Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital.

Setiawan, H., & Ikhsanditya, F. (2020). Gerakan Masyarakat Tertib Administrasi Kependudukan Melalui Inovasi Pelayanan Lukadesi (Keluarga Berduka Desa Siaga) Di Kabupaten Sleman D.I. Yogyakarta. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 19(1), 38. https://doi.org/10.35967/jipn.v19i1.7853

Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. CV.Alfabeta.

Diterbitkan
2024-01-02
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 61 times
PDF downloaded = 76 times