Implementasi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Pada Pekerja Formal Di BPJS Ketenagakerjaan Tanjung Perak
Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan
Abstrak
Jaminan sosial ketenagakerjaan merupakan suatu program Pemerintah Indonesia yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dengan tujuan melindungi seluruh tenaga kerja yang ada di Indonesia. Untuk mensukseskan kebijakan program tersebut kegiatan sosialisasi perlu dilakukan. Penelitian ini berfokus pada pekerja formal atau pekerja penerima upah (PU) di Kota Surabaya. Dalam peraturan pemerintah, Perusahaan yang memiliki NIB diwajibkan mendaftarkan badan usaha dan pegawainya pada program BPJS Ketenagakerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui implementasi program jaminan sosial ketenagakerjaan pada pekerja formal di BPJS Ketenagakerjaan dengan menggunakan teori implementasi kebijakan menurut Merilee S. Grindle. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Berdasarkan hasil yang didapatkan bahwa implementasi program jaminan sosial ketenagakerjaan pada pekerja formal di BPJS Ketenagakerjaan Tanjung Perak belum optimal. Hal tersebut dikarenakan masih banyak badan usaha yang belum mendaftarkan perusahaan dan para pegawainya dalam program BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini dibuktikan dengan data internal BPJS Ketenagakerjaan Tanjung Perak yang mencatat baru 8,28% perusahaan dari 1.130 akuisisi perusahaan di wilayah Surabaya yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.
Referensi
Dewi, Rani. 2016. BPJS Ketenagakerjaan Cabang Meulaboh.
Gurusinga, Monica Oktriani, Jurusan Ilmu, Administrasi Publik, Universitas Riau, Jurusan Ilmu, Administrasi Publik, and Universitas Riau. 2023. “Implementasi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Pada Pengemudi Ojek Online Di Kota Pekanbaru†6 (1): 305–14.
Hendrada, Muhammad Athar Haqqa. 2021. “Implementasi Kebijakan Bantuan Sosial Pandemi Covid-19 Oleh Dinas Sosial Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur,†1–12.
Hutahuruk, Yohana. 2021. “Bab 1: Pendahuluan.†Profil Kesehatan Kab.Semarang 41: 1–9.
Lalihatu, Inca Rahel, Desie M.D. Warouw, and Lingkan E. Tulung. 2017. “Peranan Humas Dalam Mensosialisasikan Bpjs Ketenagakerjaan Pada Pedagang Pasar Segar Paal2.†E-Journal Acta Diurna VI (3): 1–13.
Luthfiyyah, Nanda. 2017. “Implementasi Public Relations Dalam Membangun Brand Awareness AIESEC Universitas Andalas Sebagai Organisasi Kepemimpinan.†JOM Fisip 4 (2): 1–14.
Putra, I Putu Adi Permana. 2023. “Perempuan Dalam Pariwisata : Implementasi Kebijakan Pengarusutamaan Gender Pada Pengelolaan Objek Wisata Tukad Bindu Di Kota Denpasar†9 (1): 81–91.
S, Verida Indri. 2010. “Pelaksanaan Public Relations Dalam Sosialisasi.†Pelaksanaan Public Relations Dalam Sosialisasi.
Semi, M. Atar. 2021. “Metoda Penelitian Sastra,†146.
Siyoto, Sandu, and Muhammad Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Studi, Program, Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah, D A N Komunikasi, Universitas Islam, Negeri Sultan, and Syarif Kasim. 2022. Oleh : Khairun Nisa ’ Ramelany.
Tornado, J. 2018. “Implementasi Peran Public Relations Dalam Komunikasi Pelayanan Publik Di Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Dan Cukai Dumai.â€
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows: Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)