Pelayanan Publik Berbasis Sistem Informasi Penatih (SIPENA) di Kelurahan Penatih Kecamatan Denpasar Timur

  • Ni Putu Aris Munikavila Magister Administrasi Publik, Universitas Warmadewa
  • Anak Agung Ayu Dewi Larantika Magister Administrasi Publik, Universitas Warmadewa
Kata Kunci: Pelayanan Publik, SIPENA, Implementasi

Abstrak

Pelayanan publik di Desa Penatih dilakukan dengan Sistem Informasi Penatih (SIPENA) berbasis web. Implementasi program SIPENA yang dilakukan oleh Desa Penatih dilakukan untuk dapat memberikan pelayanan publik yang cepat, tepat dan akurat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami pelayanan publik berbasis SIPENA dan faktor apa saja yang menjadi kendala dalam pelayanan publik berbasis SIPENA di Desa Penatih. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan penerapan teori Edward III. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling, dan analisis data kualitatif bersifat induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program SIPENA dalam penyelenggaraan pelayanan publik di Desa Penatih sudah berjalan cukup efektif, Namun masih terdapat beberapa faktor yang menjadi kendala dalam pelaksanaan program SIPENA di Desa Penatih terkait dengan isi kebijakan, dukungan sumber daya manusia, sarana dan prasarana serta komunikasi.

Referensi

Dunn, William N..2003. Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: PT Hanindita Graha Widya

Edward III, George C. 1980. Implementasi Publik Policy. Washington D.C: Congressioal Quarterly Inc.

Keputusan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya

Peraturan Walikota Denpasar Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Sistem Elektronik (E-Government) di Lingkungan Pemerintah Kota Denpasar

Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa, Edisi Kedua. Yogyakarta: Andy Offset

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Winarno, Budi. 2002. Teori dan Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta: Media Pressindo

Diterbitkan
2022-12-21
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 233 times
PDF downloaded = 354 times