Inovasi Layanan Publik Melalui Program CETTAR Berbasis Digital Dalam Mewujudkan Tatanan Pemerintahan Jawa Timur Yang Baik
Abstrak
Pelayanan publik merupakan suatu tolak ukur kinerja pemerintah yang paling kasat mata. Pelayanan publik berbasis digital merupakan salah satu upaya untuk mengatasi keterbatasan layanan publik secara langsung. Sehingga diperlukan inovasi digital dalam pelayanan publik agar efektif dan efisien. Artikel ini menganalis inovasi layanan publik melalui program CETTAR dalam mewujudkan tatanan pemerintahan Jawa Timur yang baik. Jatim CETTAR merupakan salah satu program dari Nawa Bhakti Satya yang digagas Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak yang bertujuan untuk menyerap berbagai aspirasi dan pengaduan dari masyarakat luas dalam hal pelayanan publik. Aplikasi Jatim CETTAR dapat diakses melalui website dan aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana inovasi program CETTAR berbasis digital dan hambatan yang ada dalam penerapan tata kelola pemerintah yang amanah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kepustakaan (library research). Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data melalui teknik dokumentasi dan penelusuran data secara online dengan penggunaan teknik analisis isi, pada artikel ini dilakukan studi literatur dan penelitian serta jurnal yang terkait. Berdasarkan temuan – temuan yang didapatkan dari peneltian ini menjelaskan bahwa program ini sudah berjalan cukup baik, akan tetapi masih terdapat adanya hambatan berupa kurangnya sosialisasI dan half implemented.
Referensi
Dharmanu, I. P. (2017). Modernisasi dan Inovasi dalam Pelayanan Publik Melalui E-Government di Kota Denpasar. Jurnal ADHUM,VII(2),93.
Dhewanto, Wawan. (2013). Manajemen Inovasi: Peluang Sukses Menghadapi Perubahan. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.
Hardiansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Gava Media.
https://cettar.jatimprov.go.id/
https://pusatstudijatim.id/pemikirandankebijakan/detail/?ids=47
https://faktualnews.co/2019/02/14/cettar-cara-gubernur-khofifah-layani-warga-jawa-timur/124084/
https://intrapublik.com/aplikasi-cettar-bukti-nyata-mundurnya-tata-kelola-birokrasi-provinsi-jatim/
https://smartid.co.id/blog/2021/07/01/cettar-provinsi-jawa-timur/
https://surabaya.liputan6.com/read/4382309/khofifah-dorong-asn-pemprov-jatim-jaga-ritme-kerja-cettar
https://www.dipendajatim.go.id/?p=1125
https://www.republika.co.id/berita/pmx3gs354/khofifah-buat-jargon-jatim-cetar
https://www.jawapos.com/jpg-today/12/02/2019/khofifah-siapkan-program-cetar/
Ida Wantri Hastuti, S. S. (2018). Analisis Inovasi Pelayanan Perizinan Jemput Bola di DinasPenanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Semarang
Kurniati, N. (2019). Inovasi Pelayanan Perizinan Investasi Di Kota Mataram. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), 71–81. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.72
Kurniawan, A. D. (2015). Inovasi Pelayanan Publik (Studi Deskriptif tentang Inovasi Pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) di Badan Penanaman Modal dan Perizinan Kabupaten Lamongan). Kebijakan Dan Manajemen Publik, 3(3), 167–176.
Kurniawan, Robi. (2016). Inovasi Pelayanan Publik Pemerintah Daerah. Open acces from : http://jurnal.fh.unila.ac.id
Lestari, Puji et all. (2021). INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS DIGITAL (E-GOVERNMENT) DI ERA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmu Administrasi Vol. 18 No.2 pp 212-224 © 2021 ISSN 1829 – 8974 e-ISSN 2614-2597
Maysara et all, (2021). INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI SISTEM APLIKASI POTENSI INVESTASI (SIAPI) DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA DUMAI. Retrieved from http://jmiap.ppj.up.ac.id
Nur Fitriana, D. (2014). Inovasi Pelayanan Publik BUMN (Studi Deskriptif tentang Inovasi Boarding Pass System dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kereta Api PT KAI di Stasiun Gubeng Surabaya). Kebijakan Dan Manajemen Publik, 2(2), 1–10. Retrieved from http://www.journal.unair.ac.id/download-fullpapers-kmp3c8840fbddfull.pdf
Pangestu, W. R. (2016). Inovasi Pelayanan One Stop Service ( Studi Peningkatan Kualitas Pelayanan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya ). Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik, 4, 1–7.
Peraturan Pemerintah RI No. 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik pasal 1
Pransiska, E. (2018). Inovasi Pelayanan Publik Dalam Perspektif Best Practice (Praktik Terbaik) Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru. 53(9), 1689–1699.
Putra, M. T. (2016). Evaluasi Partisipasi Masyarakat dalam E-Government Pelayanan Publik di Kabupaten Boyolali. Jurnal Publik, 4(1).
Putra, R. M. D. (2018). Inovasi Pelayanan Publik di Era Disrupsi (Studi Tentang Keberlanjutan Inovasi E-Health di Kota Surabaya) Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO978110741 5324.004
Rasyidin, A. W. (2017). Analisis Pelayanan Publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palopo
Ronnyta, R. V. (n.d.). Inovasi Pelayanan Perizinan Melalui Si-Imut Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Semarang 1–15.
Suwarno, Yogi. (2008). Inovasi di Sektor Publik. Jakarta: STIA-LAN PreSS
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows: Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)