Mutu Pelayanan Keperawatan Berhubungan dengan Kepuasan Pasien

  • Silvia Ni Nyoman Sintari STIKes Wira Medika Bali, Denpasar, Bali-Indonesia
  • Putu Gede Subhaktiyasa STIKes Wira Medika Bali, Denpasar, Bali-Indonesia
  • Kiki Rizki Fista Andriana STIKes Wira Medika Bali, Denpasar, Bali-Indonesia
Kata Kunci: kepusan pasien, mutu

Abstrak

Pentingnya menjaga mutu pelayanan kesehatan. Adanya masalah kepuasan pasien terdapat pelayanan kesehatan keperawatanyang didapatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahun hubungan mutu pelayanan keperawatan denagn kepuasan pasien. Desain penelitian deskriptif kuantitatif corelasi dengan pendekatan crossectional. Populasi adalah pasien di RSX, jumlah sampel 100 orang menggunakan rumus slovin dengan metode pengambilan sampel purposive sampling. Alat ukur yang digunakan kuesioner Mutu dan Kepuasan pasien. Analisis data menggunakan uji rank spearment. Rerata usia responden 36,19 ±13,60 tahun. Terbanyak responden berjenis kelamin perempuan 58 orang (58%), bependidikan  SMA sejumlah 55 orang (58%), yang menilai mutu pelayanan cukup sejumlah74 orang (74%), dan sejumlah 55 orang (55%) menilai  kepuasan pasien dengan kategori puas. hasil uji analisis variabel mutu dengan kepusan pasien diperoleh p value 0.017 (p ≤ 0.05). hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara mutu pelayanan keperawatan denagn kepuasan pasien.  Hal ini diakibatkan karena sudah baiknya mutu pelayan keperawatan yang diberikan dan sudah puasnya pasien dengan pelayanan yang diperoleh, sehingga memunculkan persepsi yang sama antara mutu dengan pelayanan, semakin bagus mutu maka kepuasan akan semakin baik

Referensi

Akbar, A.P, Sidin I, dan Pasinringi, S.A. 2013. Gambaran Kepuasan Pasien terhadap Pelaksanaan Komunikasi Teraupetik Perawat Instalasi Rawat Inap RSUD Labuang Baji Makassar. Naskah Publikasi.

Alamri.A.M, Adisti.A.R dan Febi.K.K. 2015. Hubungan Antara Mutu Pelayanan Perawat Dan Tingkat Pendidikan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam (RSI) Sitti Maryam Kota Manado. Jurnal Ilmiah Farmasi. Vol4No4. http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/pharmacon/article/view/10213/98 00.

Asmuji. 2012. Manajemen Keperawatan Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta. AR- RUZZ MEDIA.

Budiawan, I, N.2015. Hubungan Kompetensi, Motivasi dan Beban Kerja Perawat Pelaksana dengan Kinerja Perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali.

Budiman dan Riyanto A, 2013. Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Desimawati D.W. 2013. Hubungan Layanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Sumbersari Kabupaten Jember.

Mubin, M dan Abdul, M.2014. Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap RSUD Tugurejo Semarang. Jurnal

Cipta. Nursalam, 2013. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. 3 ed. Jakarta:Salemba Medika.

Suryati.2012. Hubungan Antara Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien Rwat Inap di Kelas III RS. PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

Saryono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif. Nuha Medika. YogyakartaSugiyono, D. (2012) Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Triwibowo. T, 2013. Manajemen Pelayanan Keperawatan Di Rumah Sakit. Jakarta. Trans Info Media.

Ahmad, H., Adi, A., Napitupulu, M., & Permayasa, N. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Mangasa Kota Makassar. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia, 6(2), 22–28.

Chairunnisa, C., & Puspita, M. (2017). Gambaran Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Pelayanan di Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura (RSIJS) Tahun 2015. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 13(1), 9. https://doi.org/10.24853/jkk.13.1.9-27

Feneranda, E., Pambudi, R. S., & Septiana, R. (2021). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Sehati Surakarta Selama Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Sahid Surakarta, 1(1), 789–797. https://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/SENRIABD

Gaos Syarifudin. Suhendar. (2019). Gambaran mutu pelayanan kesehatan pada pasien poliklinik mata rumah sakit dustira cimahi. XIII, 118–128.

Indah, S., Betten, P., Anugrahini, C., Ratu, M., Studi, P., Universitas, K., Wehor, J., Haliwen, K., Tenggara, N., Indah, S., Betten, P., Anugrahini, C., & Ratu, M. (2019). Gambaran Kepuasan Pasien dalam Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Atambua Selatan Nusa Tenggara Timur Description of patient satisfaction in nursing services at South Atambua Puskesmas East Nusa Tenggara. 1–7.

Machmud, R. (2008). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 2(2), 186. https://doi.org/10.24893/jkma.2.2.186-190.2008

Mansour Fakih. (2013). Analisis gender dan Transformasi sosial. Pustaka Pelajar:Yogyakarta.

Mubin, M. F., & Jalal, A. (2016). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap RSUD Tugurejo Semarang. Journal Of Holistic Nursing Science, 1(2), 1–7. https://journal.unimma.ac.id/index.php/nursing/article/view/429

Mutiara, H., Mayasari, D., Fattima, E. T., & Saputri, C. (2018). Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam RSUD Dr. H Abdul Moeloek. Jurnal Kedokteran Unila, 2(1), 31–36. https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/JK/article/view/1899

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Rieneka Cipta.

Pasalli’, A., & Patattan, A. A. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Fatima Makale Di Era New Normal. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 4(1), 14–19. https://doi.org/10.52774/jkfn.v4i1.57

Rosa Maharani., S. S. (2022). Kepuasan pasien Rawat Inap Masa Pandemi Covid 19 di Rumah Sakit XYZ Batang. Material Safety Data Sheet, 33(1), 1–12. http://www2.warwick.ac.uk/fac/sci/whri/research/mushroomresearch/mushroomquality/fungienvironment%0Ahttps://us.vwr.com/assetsvc/asset/en_US/id/16490607/contents%0Ahttp://www.hse.gov.uk/pubns/indg373hp.pdf

Sihaloho, N. S. R. U., & Herliana, I. (2017). Hubungan Jenis Kelamin, Tingkat Pendidikan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Mitra Keluarga. Jurnal Ilmu Keperawatan Indonesia, 7(2), 239–247.

Ulumiyah, N. H. (2018). Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Penerapan Upaya Keselamatan Pasien Di Puskesmas. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 6(2), 149. https://doi.org/10.20473/jaki.v6i2.2018.149-155

Wawan.A dan M.Dewi. 2011. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Prilaku Manusia.Yogyakarta.Nuha Medika.

Wijono, D. 2008. Manajemen Puskesmas Kebijakan dan Strategi. Surabaya. Duta Prima Airlangga.

Yanti dan Bambang.2013. Hubungan Karakteristik Perawat, Motivasi, dan Supervisi dengan Kualitas Dokumentasi Proses Asuhan Keperawatan. Jurnal Keperawatan. Vol 1 No 2.

Diterbitkan
2022-12-21
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 1363 times
PDF downloaded = 1463 times