Penggunaan Fitur Laporkan dalam Twitter Sebagai Upaya Literasi Digital Guna Ketahanan Nasional
Abstrak
Dalam pelaksanaan ketahanan nasional, terdapat banyak cara untuk dilakukan. Literasi digital menjadi solusi dan tujuan dari pelaksanaan unsur tertentu dalam ketahanan nasional. Berfokus pada penelitian tentang keefektifan fitur yang ada pada media sosial Twitter. Hasil penelitian ini digunakan sebagai jawaban dari bentuk keberhasilan interpretasi literasi digital. Topik pembahasan ini diharap dapat memberi pengetahuan bahwa pentingnya penguasaan literasi digital sebagai pedoman bermedia sosial dan menegaskan bahwa bentuk pelaksanaan ketahanan naisonal dapat bervariasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Menggunakan data primer maupun sekunder dalam proses penelitian. Penyebaran survei kuisioner sebagai wujud penggunaan metode kuantitatif yang menjaring responden sesuai syarat yang diberikan. Data sekunder yang digunakan adalah kajian literasi dari buku, artikel, website, dan observasi tak langsung sebagai bentuk metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sesuai dengan ditemukannya data pendukung dalam penelitian. Dengan demikian, ketahanan nasional dapat terjaga karena pengamalan literasi digital dapat dilakukan dengan baik di kalangan masyarakat Indonesia. Setelah itu, perdamaian antarindividu dan rakyat dapat diwujudkan dengan baik.
Referensi
Assidik, G. K. (2018, March 10). Kajian IDEntifikasi Dan Upaya Penangkalan Pemberitaan Palsu (Hoax) Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Http://Repositori.Kemdikbud.Go.Id/10238/1/KAJian Identifikasi Dan Upaya Penangkalan.Pdf
Dihni, V. A. (2021). Inilah 10 Negara dengan Pengguna Twitter Terbanyak, Ada Indonesia? Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/04/inilah-10-negara-dengan-pengguna-twitter-terbanyak-ada-indonesia. Diakses 7 Januari 2022 Pukul 16.37
Grossberg, Lawrence; Wartella, Ellen, Whitney, D. Charles, & Wise, J. M. (2006). Media Making: Mass Media in Popular Culture (Second edi). Sage Publications.
Jamaludin, U., & Damanhuri, D. R. (2017). Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Palembang: BKS PTN-BARAT.
Kaelan. (2007). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Penerbit Paradigma.
Literasi. 2016. Pada KBBI Daring. Diambil 9 Januari 2022, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/literasi
Mastel. (2017, Februari 13). Hasil Survey MASTER Tentang Wabah HOAX Nasional. Retrieved from Mastel.
Sulianta, F. (2020). Literasi Digital, Riset, Perkembangan & Perspektif Social Studies. Bandung: Feri Sulianta.
Twitter. (2022, Januari 9). Melaporkan Pelanggaran. Retrieved from Pusat Bantuan: https://help.twitter.com/id/rules-and-policies/twitter-report-violation
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows: Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)