Evaluasi Kebijakan Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Abiansemal

  • I Kadek Dede Junaedy Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali, Indonesia
  • I Made Mardika Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali, Indonesia
  • I Made Yudhiantara Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali, Indonesia
Kata Kunci: evaluasi, sistem zonasi

Abstrak

Evaluasi Kebijakan Sistem Zonasi Dalam Penerimaan Siswa Baru (PPDB) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 AbiansemalKebijakan sistem zonasi dalam penerapannya di SMPN 1 Abiansemal bermasalah, web sulit dibuka saat proses seleksi sekolah oleh siswa dan sejak diterapkannya sistem zonasi sekolah sulit menemukan siswa yang memiliki prestasi akademik berbeda dari saat penerimaan siswa melalui jalur TPA. Hal ini menunjukkan bahwa perlu dilakukan evaluasi terhadap kebijakan sistem zonasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kebijakan sistem zonasi pada Penerimaan Siswa Baru di SMPN 1 Abiansemal ditinjau dari pemerataan akses dan mutu pendidikan, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan kebijakan sistem zonasi di SMPN 1 Abiansemal.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan sistem zonasi belum dilaksanakan secara efektif dan efisien. Dan itu belum mampu menciptakan pemerataan akses dan pemerataan kualitas dalam Penerimaan Siswa Baru di SMPN 1 Abiansemal, karena zonasi belum dilakukan secara merata dan telah terjadi penurunan kualitas sekolah. Faktor pendukung penerapan kebijakan sistem zonasi dalam Penerimaan Siswa Baru di SMPN 1 Abiansemal, antara lain koordinasi kantor dan kepala sekolah, serta memiliki SOP dan petunjuk teknis pelaksanaan kebijakan sistem zonasi dalam penerimaan siswa baru di SMPN 1 Abiansemal . Adapun faktor penghambat penerapan kebijakan sistem zonasi di SMPN 1 Abiansemal antara lain kurangnya sarana dan prasarana, kurangnya sumber daya manusia, pembatasan jumlah kuota dan zonasi berdasarkan alamat banjar, dan tekanan dari pihak eksternal sekolah.

 

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Referensi

Abdul Hadis dan Nurhayati B. (2010). Manajemen Mutu Pendidikan . Bandung: Alfabeta.

Adiwisastra, Irawati & Purwanti. 2018Efektivitas Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Zonasi Bagi Siswa Rawan Menlanjutkan, Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, Universitas Galuh, Vol 5, No 4. Diakses dari https: //jurnal .unigal.ac.id/ index. php/ dinamika/ article/ view/1737/1409, pada 23 Juli 2020.

Anam, Hasbullah. 2019. Evaluasi Kebijakan Sistem Zonasi Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Di Tingkat Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kabupaten Pamekasan. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tribhuwana Tunggadewi, Vol 9 No.2. Diakses darihttps://jurnal. unitri. ac.id/index.php/reformasi/ article/view/1413/pdf, pada 23 Juli 2020.

Arikunto, Suharsimi;. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bambang Sunggono. (1994). Hukum dan Kebijakan Publik.Jakarta:PT Karya Unipress.

Creswell, J. W. (2014). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Desi Wulandari, 2018. Pengaruh Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Sistem Zonasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Di SMPN 1 Labuhan Ratu Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Diaksesdarihttp://digilib.unila.ac.id/30935/20/SKRIPSI% 20TANPA %20BAB%20PEMBAHASAN.pdf, pada 26 November 2019.

Desrijayanti, R. (2019). Pengaruh Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Batang Peranap.

Desrijayanti, 2019. Pengaruh Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Batang Peranap. Diakses dari http://repository.uin-suska.ac.id/20910/, pada 4 Februari 2020.

Dunn. (1999). Pengantar Analisis Kebijakan Publik . Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ghozali, Imam;. (2006). Aplikasi Analisis Multivare Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hoerudin, 2019. Implementation Of Admission Policy For New Studentswith Zonation System In Indonesia. International Journal Of Humanities, International Academy Of Scinence, Engineering and Technology, Vol.8 No.5. Diakses dari http://digilib.uinsgd.ac.id, pada 23 Juli 2020.

https://e-ppid.kemdikbud.go.id

https://www.bps.go.id/

https://balicitizen.com/bali-masuk-10-besar-wilayah-yang-banyak-adukan-masalah-PPDB/

https://www.balipost.com/

Jones. (1996). Pengantar Kebijakan Publik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kencana, Inu;. (2003). Sistem Administrasi Negara. Bandung: Bumi Aksara.

Marzuqi,2017. Mutu Pendidikan. Diakses dari http://etheses. iainkediri.ac.id /109/3/BAB%20II.pdf, pada 22 Desember 2019.

Miles, Matthew B; Huberman, Michael;. (2007). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia.

Nurlailiyah. 2019. Analisis Kebijakan Sistem Zonasi Terhadap Perilaku Siswa SMP di Yogyakarta.Jurnal Universitas Islam Negeri Kalijaga Yogyakarta, Vol.17 No.1. Diaksesdari https://jurnal.iainkediri.ac.id /index. Php /realita /article /view /1381 /735, pada 23 Juli 2020.

Noor, J. (2014). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana.

Nugroho, R. (2014). Public Policy. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Nugroho, Riant. (2009). Public Policy. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Pasolong, H. (2008). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Pasolong, Harbani. (2012). Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru

Peraturan Menteri Pendidilkan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024

Pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, Atau Bentuk Lain yang Sederajat.

Rukiyati, Pradewi. 2019. Kebijakan Sistem Zonasi dalam Perspektif Pendidikan. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, Vol.4 No.1. Diakses dari http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp, pada 16 Juli 2020.

Subarsono, A. (2005). Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugesti, Tutik; Purba, Sukarman;. (2017). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Persiapan Negeri 4 Medan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9, 56.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Usman, Husaini. (2009). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

wibawa, Samodra. (1994). Evaluasi Kebijakan Publik. Yogyakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Winarno, B. (2008). Kebijakan Publik Teori, Proses, Dan Studi Kasus. Yogyakarta: CAPS.

Wirawan. (2011). Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi, Dan Profesi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Made, Yudhiantara. (2008). Metode Penelitian Kualitatif. Denpasar: Graha Media Saraswati.

Diterbitkan
2021-12-13
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 717 times
PDF downloaded = 1425 times