Pengaruh Kompetensi, Disiplin dan Lingkungan Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Kantor Camat Denpasar Timur

  • Tri Indarwati Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali, Indonesia
Kata Kunci: kompetensi, disiplin, lingkungan kerja, kualitas pelayanan

Abstrak

Salah satu langkah yang ditempuh Kantor Camat Denpasar Timur dalam rangka menumbuhkan kualitas pelayanan yang baik adalah dengan memperhatikan atau fokus pada kompetensi, disiplin dan lingkungan kerja. Yang mana dengan pengamatan pertama ditemukan adanya masalah yaitu penempatan karyawan yang tidak sesuai dengan keahliannya, peraturan pelanggaran karyawan, hubungan antara karyawan tidak harmonis dan keluhan dari pelanggan tentang kualitas pelayanan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kompetensi berpengaruh terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Camat Denpasar Timur, apakah disiplin berpengaruh terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Camat Denpasar Timur, apakah lingkungan kerja berpengaruh terhadap kualitas pelayanan di Kantor Camat Denpasar Timur. Kantor Camat Denpasar Timur, apakah kompetensi, disiplin dan lingkungan kerja berpengaruh secara simultan terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Camat Denpasar Timur. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan teori kompetensi menurut Sanjaya (2006), disiplin menurut Gorda (2004), lingkungan kerja menurut Sedarmayanti (2013: 131) dan kualitas pelayanan menurut Parasuraman (Tjiptono (2006: 26), serta Dilakukan metode kuantitatif dengan kuisioner, angket kepada 31 orang sampel, kemudian teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier.Hasil penelitian ini: Hasil penelitian ini: Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada kualitas pelayanan Kantor Camat Denpasar Timur karena secara parsial diperoleh hasil pengujian koefisien regresi kompetensi sebesar 0,670 dan koefisien t-test kompetensi sebesar 2,4187 dengan koefisien signifikan adalah 0,023. Disiplin berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Pelayanan pada Kantor Camat Denpasar Timur. Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Camat Denpasar Timur, karena dari hasil pengujian secara parsial koefisien regresi kedisiplinan sebesar 3,043 dan koefisien uji-t kedisiplinan sebesar 5,481 dengan koefisien signifikan 0,000. Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Camat Denpasar Timur, lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Camat Denpasar Timur, karena secara parsial diperoleh hasil pengujian koefisien regresi lingkungan kerja sebesar 0,357 dan Koefisien t-test lingkungan kerja 2,300 dengan koefisien signifikan 0,029. Kompetensi, disiplin dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kinerja karyawan pada kualitas pelayanan di Kantor Camat Denpasar Timur, karena hasil analisis koefisien determinan 92,4% dan koefisien F-test 109,955 dengan koefisien signifikan 0,000

Referensi

Eriswanto, Elan. 2017. Pengaruh Sikap Dan Kompetensi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik RUSD R. Syamsudin, SH. Kota Sukabumi. Seminar Nasional dan The 4th Call for Syariah Paper.

Ghozali Imam, 2016, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Penerbit BP UNDIP, Semarang

Gorda, IGN, 2004, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Resivi, Penerbit STIE Satya Dharma, Singaraja.

Harbani, Pasolong. 2013. Kepemimpinan Birokrasi. Bandung : CV.Alfabeta.

Hasibuan SP. Malayu, 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Bumi Aksara, Jakarta.

Heidjrachman dan Suad Husnan, 2009, Manajemen Personalia, Edisi 4, Cetakan Kesembilan, BPFE, Yogyakarta.

Mahfudoh, 2019. Pengaruh Kompetensi Konselor Terhadap Pelayanan Penanganan Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga Pada P3KC. Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi. Volume 3, Nomor 1, Hal:1–12

Mangkunegara Anwar Prabu, 2009, Evaluasi Kinerja SDM, Penerbit Refika Aditama, Bandung.

Mangkunegara Anwar Prabu, 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Manulang M, 2007, Manajemen Personalia, Aksara Baru, Jakarta.

Nitisemito Alex S, 2010, Manajemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manusia), Penerbit Ghalia, Jakarta.

Nurmasitha, Faiza. 2017. Pengaruh Kompetensi Pegawai Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 1, No. 6, Hal. 1220-1228

Nyangun, Agustina Luhung. 2017. Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kutai Barat. eJournal Pemerintahan Integratif, 2017, 5(3) : 390-399.

Printo, A. 2006. Menakar Kualitas Pelayanan Publik, Andi.

Priansa Donni Juni dan Garnida Agus, 2013, Manajemen Perkantoran (Efektif, Efisien dan Profesional), Cetakan ke-1, Alfabeta, Bandung

Rangkuti Freddy, 2008, Bisnis Plan, Cetak Ulang Ke-10, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Ridwan, 2019. Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Melalui Motivasi Kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Kelurahan Sekecamatan Bantaeng Di Kabupaten Bantaeng. YUME : Journal of Management, Volume 2 No. 2, Hal : 1-18.

Sanjaya Wina, 2009, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Simamora Henry, 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 3, Cetakan 1, Bagian Penerbitan STIE YKPN, Yogyakarta.

Sedarmayanti. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Cetakan Pertama. Bandung : PT. Refika Aditama

Siagian Sondang P., 2009, Sistem Informasi Untuk Pengambilan Keputusan, Jakarta, Cetakan Ketiga, Gunung Agung.

Sobari, R. Achmad Rachmat. 2018. Pengaruh Kopetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Bogor. Jurnal Lentera Bisnis, Vol. 7 No. 2, Hal : 126-138

Sulastri, Lalas. 2017. Pengaruh Faktor Lingkungan, Nilai-nilai dan Sumber Daya Terhadap Kualitas Pelayanan Air Bersih di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Medal Cabang Ujungjaya, Tomo dan Paseh Kabupaten Sumedang. E-Jurnal. STIA Sebelas April Sumedang

Supranto J, 2006, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Sugiyono, 2012, Statistika Untuk Penelitian, Cetakan Ke-21, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bisnis Cetakan Ke-23. Alfabeta, Bandung.

Suryadi. 2011. Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik (1st ed). Refika Aditama, Jakarta.

Sutrisno E, 2014, Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Ke-6, Kencana, Jakarta.

Swastha Basu, 2007, Azas-azas Marketing, Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Saydam, Gauzali. 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Toko Gunung Agung, Jakarta.

Uno H. Hamzah B., 2008, Profesi Kependidikan, Problema, Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta.

Usman Husaini dan Akbar Purnomo Setiady, 2006, Pengantar Statistika, Edisi Kedua, Bumi Aksara, Jakarta.

Utama Mudiartha, 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia, Denpasar: Universitas Udayana.

Tjiptono Fandy, 2006, Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Cetakan Keenam, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Tjiptono Fandy, 2012, Service Management (Mewujudkan Layanan Prima), Edisi Kedua, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Tohardi Ahmad, 2009, Pemahaman Praktis Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit Mandar Maju, Bandung.

Wibowo, 2007, Manajemen Kinerja, Penerbit PT Raja Grafindo Persada Jakarta.

Wibowo, 2014, Manajemen Kinerja, Edisi Keempat, Penerbit PT Raja Grafindo Persada Jakarta.

Wijaya Tony, 2011, Manajemen Kualitas Jasa (Desain Servqual, QFD dan Kano Disertai Contoh Aplikasi dalam Kasus Penelitian), Cetakan 1, Jakarta Barat.

Mahfudoh, 2019. Pengaruh Kompetensi Konselor Terhadap Pelayanan Penanganan Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga Pada P3KC. Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi. Volume 3, Nomor 1, Hal:1–12

Nurmasitha, Faiza. 2017. Pengaruh Kompetensi Pegawai Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 1, No. 6, Hal. 1220-1228

Nyangun, Agustina Luhung. 2017. Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kutai Barat. eJournal Pemerintahan Integratif, 2017, 5(3) : 390-399.

Permatasari, Intan. 2019. Pengaruh Kompetensi Pegawai Dan Fasilitas Pelayanan Terhadap Kualitas Pelayanan di Alfamart Sukabirus, Kota Bandung. Seminar dan Konferensi Nasional IDEC, Surakarta.

Ridwan, 2019. Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Melalui Motivasi Kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Kelurahan Sekecamatan Bantaeng Di Kabupaten Bantaeng. YUME : Journal of Management, Volume 2 No. 2, Hal : 1-18.

Sedarmayanti. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung; PT Refka Aditama

Sobari, R. Achmad Rachmat. 2018. Pengaruh Kopetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Bogor. Jurnal Lentera Bisnis, Vol. 7 No. 2, Hal : 126-138

Sulastri, Lalas. 2017. Pengaruh Faktor Lingkungan, Nilai-nilai dan Sumber Daya Terhadap Kualitas Pelayanan Air Bersih di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Medal Cabang Ujungjaya, Tomo dan Paseh Kabupaten Sumedang. E-Jurnal. STIA Sebelas April Sumedang

Suprapto, 2018. Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kualitas Pelayanan Perizinan Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Konawe Utara. Jurnal Administrasi Pembangunan dan Kebijakan Publik, Vol.9, No.2, Hal : 61-69

Yusmadi. 2016. Pengaruh Disiplin Kerja dan Kompetensi Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Utara, Tugas Akhir Program Magister (TAPM) Universitas Terbuka.

Kepmen PAN Nomor 25 Tahun 2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil

Undang-Undang Republik Indonesia No.25 tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik

Diterbitkan
2021-03-16
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 705 times
PDF downloaded = 760 times