Reformasi Administrasi dan Birokrasi Pemerintahan Daerah Dalam Menigkatkan Kualitas Layanan Publik di Daerah

  • Gede Sandiasa Universitas Panji Sakti, Indonesia
  • Putu Agustana Universitas Panji Sakti, Indonesia
Keywords: Reformasi Administrasi, Pemerintahan Daerah, Kualitas Layanan

Abstract

Tujuan pelaksanaan reformasi administrasi dan birokrasi pemerintahan daerah adalah untuk meningkatkan kualitas layanan publik di daerah, untuk menjadikan kinerja organisasi pemerintah daerah yang lebih efektif, menyentuh kebutuhan masyarakat di daerah, memaksimalkan pengelolaan sumberdaya pembangunan berbasis kepentingan masyarakat. Reformasi administrasi dan birokrasi pemerintah daerah dapat diwujudkan dalam tiga hal, yaitu pertama adalah a) penguatan pada regulasi dan kebijakan pemerintah; b) penerapan e-government dan e-governance dan c) kerjasama antar pemerintah “collaborative Governanceâ€, bertujuan pertama, memperkuat pemerintahan di daerah, meredifinisi hubungan pusat dan daerah, daerah dengan daerah lainnya dalam territorial bond. Kedua, reformasi mendorong partisipasi dan kepercayaan publik kepada pemerintah daerah melalui system kerja yang trasfaran, efektif, efisien, responsif dan di dukung oleh akuntabilitas yang tinggi. Rekomendasi, diperlukan sinergitas antar pemerintah yang bertumpu pada kepentingan nasional dan kepentingan masyarakat, menyusun regulasi dan kebijakan yang bersifat fleksibel, adaptif, kreatif dan dapat mendorong peningkatan kapasitas daerah dalam mengelola potensi daerah, serta mampu bersaing pada era kekinian dan di masa mendatang.

References

Anonym, 2008. Regulatory Governance in Developing Countries. IFC, The World Bank and UKAID, UK

Brata, Roby Arya, 2014. Good Governance & Permasalahan Pemerintahan Strategis. In Media, Bogor

Brata, Roby Arya, 2014. Good Governance & Permasalahan Pemerintahan Strategis. In Media, Bogor

Brinkerhoff & Benyamin Crosby, 2002. Managing Policy Reform Concept and Tools for Decision Makers in Developing and Transitioning Countries. Kumarian Press, US

Croley, Steven P, 2009. Theories of Regulation : Incorporating The Administrative Process (Columbia Law Review). Columbia Review Association

Den Hardt, JU & RD Denhardt, 2002. The Public Service Serving Not Steering. ME Sharpe, New York

Denhardt, Janet V & Robert B Denhardt, 2007. The New Public Service, Sering Not Steering. M.E. Sharpe, Armonk New York

Doherty, Tony L & Terry Horne, 2002. Managing Public Service Implementing Change. Routledge, London

Dwiyanto, Agus dkk, 2008. Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta

Dwiyanto, Agus, 2015. Reformasi Birokrasi Kontekstual. Kembali Ke Jalur yang Benar. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta

Elcock, Howard, 1994. Local Government: Policy and Management in Local Authorities. Routledge, London

Farazmand, Ali edt. 2002. Adminsitrative Reform in Developing Nations. Praeger Publisher, US Of Amerika

Garry, Jacob, et all. 2018. “The Future of Democracy: Challenges & Prospectsâ€. In Cadmus Promoting Leadership in Thought that Leads to Action, Volume 3, Issue 4 - May, 2018

Gelan, Cristina Ariton, 2015. “Creating electronic Identity-Fundamental Objective of E-Governmentâ€. In Case Study in Public Administration services.Fakulty of Law and Administrative Sciences “Ovidus†University Romania

Halim, Abdul (eds.), 2014. “Manajemen Keuangan Sektor Publikâ€. Salemba Empat, Jakarta.

Henderson, KM dan OP Dwivedi, 1999. Bureaucracy and the Alternatives in World Perspective. ST Martin’s Press Inc, New York

Hollins, Bill & Sadie Shinkins, 2006. Managing Service Operations: Design and Implementation. Sage Publication, California

Kenall, Dustin. 2018. “Administrative Remedies for Administrative Disputes: Perfecting Public Control of Public Procurementâ€. In Canadian Journal of Administrative Law & Practice; Scarborough Vol. 31, Iss. 2, (Jun 2018)

Líšková, Zuzana Dvořáková, Petra Pártlová & Alfréd Krogmann, 2018. Multi – Level Governance Towards Regional Development In Postcommunist Countries. In Theoritical and empirical research in Urban Management Vol 13, Issues 2 May 2018

Qaribov, Asaf & Afaq Huseyn, 2017. “The Functions Of The State And Improvement Of Public Administration System In Modern Age In The Republic Of Azerbaijanâ€. In Studia UBB, Europaea, LXII, 4, 2017, 95-107.

Rahmayanty, Nina, 2013. Manajemen Pelayanan Prima: Mencegah Pembelotan dan Membangun Custumer Loyality. Graha Ilmu, Yogyakarta

Sandiasa, Gede 2016. “Strengthens the Regional Position in the Era of Autonomy

Dimensions of Administration Reform and Governance†in Administration & Governance†http://gedesandiasa.com/media/file/PAPER_SARBAGITA__GEDE_SANDIASA.pdf

Sandiasa, Gede, Bambang Supriyono, Mardiyono, & Sarwono, 2015. “The Implementation Study of Irrigation System Policy Based on Local Wisdom at Buleleng, Bali, Indonesia†International Journal of Applied Sociology p-ISSN: 2169-9704 e-ISSN: 2169-9739 2015; 5(3): 139-143

Sedarmayanti, 2012. Good Governance (Kepemerintahan Yang Baik) Dalam Rangka Otonomi Daerah: Upaya Membangun Organisasi Efektif dan Efisien melalui Restrukturisasi dan Pemberdayaan. CV Mandar Maju, Bandung

Silaban, Togar, edt. 2012. Menuju Manajemen Publik Kelas Dunia: Untuk Reformasi Birokrasi di Indonesia. Sekretariat Wakil Presiden RI, Jakarta

Silaban, Togar, edt. 2012. Menuju Manajemen Publik Kelas Dunia: Untuk Reformasi Birokrasi di Indonesia. Sekretariat Wakil Presiden RI, Jakarta

Sinambela, Lijan Poltak, 2011. Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan dan Implementasi. Bumi Aksara, Jakarta

Smith. BC, 1985. Decentralization: The Territorial Dimension of The State. George Allen & Unwin, London

Styhre, Alexander, 2007. The Innovative Bureaucracy. Routledge, New York

Thoha, Miftah, 2011. Birokrasi Pemerintahan Indonesia di Era Reformasi. Kencana Prenada Media Group, Jakarta

Published
2018-10-03
Section
Articles
Abstract viewed = 7216 times
PDF downloaded = 11205 times