Reformasi Administrasi dan Birokrasi Pemerintahan Daerah Dalam Menigkatkan Kualitas Layanan Publik di Daerah
Abstract
Tujuan pelaksanaan reformasi administrasi dan birokrasi pemerintahan daerah adalah untuk meningkatkan kualitas layanan publik di daerah, untuk menjadikan kinerja organisasi pemerintah daerah yang lebih efektif, menyentuh kebutuhan masyarakat di daerah, memaksimalkan pengelolaan sumberdaya pembangunan berbasis kepentingan masyarakat. Reformasi administrasi dan birokrasi pemerintah daerah dapat diwujudkan dalam tiga hal, yaitu pertama adalah a) penguatan pada regulasi dan kebijakan pemerintah; b) penerapan e-government dan e-governance dan c) kerjasama antar pemerintah “collaborative Governanceâ€, bertujuan pertama, memperkuat pemerintahan di daerah, meredifinisi hubungan pusat dan daerah, daerah dengan daerah lainnya dalam territorial bond. Kedua, reformasi mendorong partisipasi dan kepercayaan publik kepada pemerintah daerah melalui system kerja yang trasfaran, efektif, efisien, responsif dan di dukung oleh akuntabilitas yang tinggi. Rekomendasi, diperlukan sinergitas antar pemerintah yang bertumpu pada kepentingan nasional dan kepentingan masyarakat, menyusun regulasi dan kebijakan yang bersifat fleksibel, adaptif, kreatif dan dapat mendorong peningkatan kapasitas daerah dalam mengelola potensi daerah, serta mampu bersaing pada era kekinian dan di masa mendatang.References
Anonym, 2008. Regulatory Governance in Developing Countries. IFC, The World Bank and UKAID, UK
Brata, Roby Arya, 2014. Good Governance & Permasalahan Pemerintahan Strategis. In Media, Bogor
Brata, Roby Arya, 2014. Good Governance & Permasalahan Pemerintahan Strategis. In Media, Bogor
Brinkerhoff & Benyamin Crosby, 2002. Managing Policy Reform Concept and Tools for Decision Makers in Developing and Transitioning Countries. Kumarian Press, US
Croley, Steven P, 2009. Theories of Regulation : Incorporating The Administrative Process (Columbia Law Review). Columbia Review Association
Den Hardt, JU & RD Denhardt, 2002. The Public Service Serving Not Steering. ME Sharpe, New York
Denhardt, Janet V & Robert B Denhardt, 2007. The New Public Service, Sering Not Steering. M.E. Sharpe, Armonk New York
Doherty, Tony L & Terry Horne, 2002. Managing Public Service Implementing Change. Routledge, London
Dwiyanto, Agus dkk, 2008. Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta
Dwiyanto, Agus, 2015. Reformasi Birokrasi Kontekstual. Kembali Ke Jalur yang Benar. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta
Elcock, Howard, 1994. Local Government: Policy and Management in Local Authorities. Routledge, London
Farazmand, Ali edt. 2002. Adminsitrative Reform in Developing Nations. Praeger Publisher, US Of Amerika
Garry, Jacob, et all. 2018. “The Future of Democracy: Challenges & Prospectsâ€. In Cadmus Promoting Leadership in Thought that Leads to Action, Volume 3, Issue 4 - May, 2018
Gelan, Cristina Ariton, 2015. “Creating electronic Identity-Fundamental Objective of E-Governmentâ€. In Case Study in Public Administration services.Fakulty of Law and Administrative Sciences “Ovidus†University Romania
Halim, Abdul (eds.), 2014. “Manajemen Keuangan Sektor Publikâ€. Salemba Empat, Jakarta.
Henderson, KM dan OP Dwivedi, 1999. Bureaucracy and the Alternatives in World Perspective. ST Martin’s Press Inc, New York
Hollins, Bill & Sadie Shinkins, 2006. Managing Service Operations: Design and Implementation. Sage Publication, California
Kenall, Dustin. 2018. “Administrative Remedies for Administrative Disputes: Perfecting Public Control of Public Procurementâ€. In Canadian Journal of Administrative Law & Practice; Scarborough Vol. 31, Iss. 2, (Jun 2018)
LÃÅ¡ková, Zuzana Dvořáková, Petra Pártlová & Alfréd Krogmann, 2018. Multi – Level Governance Towards Regional Development In Postcommunist Countries. In Theoritical and empirical research in Urban Management Vol 13, Issues 2 May 2018
Qaribov, Asaf & Afaq Huseyn, 2017. “The Functions Of The State And Improvement Of Public Administration System In Modern Age In The Republic Of Azerbaijanâ€. In Studia UBB, Europaea, LXII, 4, 2017, 95-107.
Rahmayanty, Nina, 2013. Manajemen Pelayanan Prima: Mencegah Pembelotan dan Membangun Custumer Loyality. Graha Ilmu, Yogyakarta
Sandiasa, Gede 2016. “Strengthens the Regional Position in the Era of Autonomy
Dimensions of Administration Reform and Governance†in Administration & Governance†http://gedesandiasa.com/media/file/PAPER_SARBAGITA__GEDE_SANDIASA.pdf
Sandiasa, Gede, Bambang Supriyono, Mardiyono, & Sarwono, 2015. “The Implementation Study of Irrigation System Policy Based on Local Wisdom at Buleleng, Bali, Indonesia†International Journal of Applied Sociology p-ISSN: 2169-9704 e-ISSN: 2169-9739 2015; 5(3): 139-143
Sedarmayanti, 2012. Good Governance (Kepemerintahan Yang Baik) Dalam Rangka Otonomi Daerah: Upaya Membangun Organisasi Efektif dan Efisien melalui Restrukturisasi dan Pemberdayaan. CV Mandar Maju, Bandung
Silaban, Togar, edt. 2012. Menuju Manajemen Publik Kelas Dunia: Untuk Reformasi Birokrasi di Indonesia. Sekretariat Wakil Presiden RI, Jakarta
Silaban, Togar, edt. 2012. Menuju Manajemen Publik Kelas Dunia: Untuk Reformasi Birokrasi di Indonesia. Sekretariat Wakil Presiden RI, Jakarta
Sinambela, Lijan Poltak, 2011. Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan dan Implementasi. Bumi Aksara, Jakarta
Smith. BC, 1985. Decentralization: The Territorial Dimension of The State. George Allen & Unwin, London
Styhre, Alexander, 2007. The Innovative Bureaucracy. Routledge, New York
Thoha, Miftah, 2011. Birokrasi Pemerintahan Indonesia di Era Reformasi. Kencana Prenada Media Group, Jakarta
Copyright (c) 2018 PUBLIC INSPIRATION
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows: Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)