Ideologi dalam Pengembangan Pariwisata di Desa Penglipuran Kabupaten Bangli

  • A.A Sri Agung Pradnyaparamita Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana
  • A. A. Rai Sita Laksmi Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali

Abstract

Ideologi merupakan tatanan sosial dalam diri individu yang stabil dan terikat pada tradisi serta terdapat kekuasaan yang sepenuhnya ternaturalisasi dan tidak dipertanyakan. Artikel ini membahas tentang ideologi dalam pengembangan pariwisata di Desa Penglipuran Kabupaten Bangli. Tujuan artikel ini secara umum adalah untuk mengkaji nilai-nilai cultural studies yang berkaitan dengan ideologi. Secara khusus artikel ini bertujuan untuk memahami ideologi yang melatarbelakangi dan implementasinya dalam pengembangan pariwisata di Desa Penglipuran. Metode analisis yang digunakan dalam kajian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori praktik dari Bourdieau. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa pengembangan pariwisata di Desa Penglipuran dilatari oleh ideologi pariwisata berbasis masyarakat dan ideologi Tri Hita Karana. Implementasi ideologi berbasis masyarakat dapat dicermati pada sistem pengelolaan pariwisata yang melibatkan masyarakat, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Sedangkan implementasi Tri Hita Karana dapat dicermati dari pengelolaan pariwisata yang memperhatikan harmonisasi hubungan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia dan manusia dengan lingkungan.

References

Barker, Chris. 2014. Kamus Kajian Budaya. Yogyakarta: PT Kanisius.

Bourdieau, Pierre. 2010. Arena Produksi Kultural Sebuah Kajian Sosiologi Budaya. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Harker, Richard, Mahar, Cheelen, Wilkes, Chris. 2009. (Habitus x Modal) + Ranah = Praktik Pengantar Paling Komprehensif kepada Pemikiran Pierre Bourdieau. Yogyakarta: Jalasutra

Haryatmoko, 2016: Membongkar Rezim Kepastian. Yogyakarta: PT Kanisius.

Janamijaya, I Gede, dkk. 2000. Eksistensi Desa Adat, Budaya dan Pariwisata. Denpasar: Kerjasama Pusat Pengkajian Pedesaan dan Kawasan dengan Nusantara Aneka Jaya Abadi.

Moeljarto T. 1993. Politik Pembangunan Sebuah Analisis konsep, Arah, dan Strategi. Yogyakarta: Pt Tirta Wacana.

Pujaastawa, I.B.G. 2009. Buku Ajar Antropologi Pariwisata. Denpasar: Program Studi Antropologi Fakultas Sastra Universitas Udayana.

Takwin, Bagus. 2010. Akar-Akar Ideologi. Yogyakarta: Jalasutra.

Korten, David C. 1986 (ed.). Community Management : Asian Experience and Perspektives. Connncticut : Kumarian Press.

Sumber Peraturan Daerah dan Undang-Undang

Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 2 Tahun 2012 tentang Kepariwisataan Budaya

Published
2020-01-20
Section
Articles
Abstract viewed = 517 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 1783 times