Pemberdayaan Desa Mitra: Pengembangan Potensi Semarapura Kaja Menjadi Wisata Terintegrasi

  • Putu Ngurah Suyatna Yasa Magister Manajemen Universitas Warmadewa
  • I Made Mardika Pascasarjana Universitas Warmadewa

Abstract

Tujuan program ini adalah untuk membantu mitra dan UMKM, Lembaga kemasyarakatan Kelurahan Semarapura Kaja memecahkan masalah yang dihadapi dalam mewujudkan desa wisata terintegrasi. Solusi yang ditawarkan dalam penyelesaian masalah dilakukan secara bertahap selama tiga tahun adalah seperti yang dirumuskan pada tabel berikut ini. Metode pelaksanaan Pemberdayaan masyarakat dalam Pengembangan Kelurahan Semarapura Kaja sebagai DTW terintegrasi mencakup pelatihan, pendampingan dan promosi desa wisata. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Kelurahan Semarapura Kaja, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung telah berhasil dilaksanakan sesuai rencana. Ada program tahap I yang dapat diwujudkan mencakup: (1) Melakukan pendampingan dalam menyusun perencanaan infrastruktur (master plan) berbasis kearifan local, sehingga dapat diwujudkan gambar perencanaan pembangunan infrastruktur di kelurahan Semarapura Kaja. (2) Pendampingan dalam inventarisasi dan pemanfaatan sumberdaya lingkungan alam, pertanian, industri kerajinan dan warisan budaya lokal sebagai paket wisata terintegrasi. Tiga potensi yang dikembangkan yaitu Pura Dalem Celempung sebagai DTW spiritual, Agrowisata di lahan pertanian, produk aneka jajan trasional Bali sebagai cinderamata (3) Pelatihan dan pendampingan kepada Pokdarwis dalam ketrampilan bahasa Inggris, dan kepada penunjang sektor ekonomi seperti UMKM. (4) Penyuluhan kepada Masyarakat di bidang hukum perceraian, hukum waris, keamanan masyarakat dan bahaya narkoba (5) Pelatihan dan pendampingan manajemen startegis dalam pengelolaan DTW terintegrasi maupun pelaku UMKM, serta pendampingan pengolahan Sampah menjadi pupuk organik kompos.

References

Anom, I Putu dkk. 2015. Kajian Pengembangan Desa Wisata Di Kabupaten Badung. Denpasar. Universitas Udayana.

Jones, Leo. 1981. Functions of English. Cambridge. Cambridge University Press

Kasni, Ni Wayan, dan I Wayan Budiarta.2019. Pemertahanan Leksikon Khazanah Kuliner Tradisional Sebagai Penunjang Agrowisata di Kabupaten Badung. Denpasar. Universitasv Warmadewa.

Larson, Mildred.L. 1991. Translation Theory and Practice, Tension and Interdependency. John Benjamins Publishing Company

http://kabardewata.com/berita/berita-utama/pariwisata/alam-tirta-wisata-adventure-di-badung-utara.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Carangsari,_Petang,_Badung

Profil Kelurahan Semarapura Kaja Klungkung tahun 2019

Pedoman Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Warmadewa tahun 2019

Published
2021-04-28
Section
Articles
Abstract viewed = 141 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 146 times