Evaluasi umur sisa perkerasan kaku pada ruas jalan tol Solo-Ngawi

  • Mohammad Faizal Kelan Pambudi Program Studi Magister Teknik Sipil, Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
  • Sri Sunarjono Program Studi Magister Teknik Sipil, Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
  • Senja Rum Harnaeni Program Studi Magister Teknik Sipil, Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
Kata Kunci: AASHTO 1993, LHRT, jalan tol, VDF

Abstrak

Jalan merupakan prasarana pokok yang bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan suatu daerah yang mengakibatkan terbukanya hubungan sosial, ekonomi, dan budaya antar daerah. Jalan yang baik dan stabil akan berpengaruh terhadap kelancaran arus lalu lintas. Salah satu jalan tol yang terindikasi mengalami penurunan fungsi perkerasan yang diakibatkan berbagai faktor pengaruh kerusakan adalah ruas jalan tol Solo-Ngawi. Evaluasi umur sisa perkerasan kaku pada ruas jalan tol Solo-Ngawi bertujuan untuk mengetahui berapa nilai umur sisa perkerasan kaku pada ruas jalan tol tersebut dan digunakan sebagai referensi dalam penentuan metode pemeliharaannya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berdasarkan data- data sekunder dengan analisa acuan berdasarkan American Association of State Highway and Transportation Officials (AASHTO) 1993. Dapat diketahui berdasarkan hasil analisa evaluasi dengan berdasarkan buku AASHTO 1993, nilai CESAL rencana dari hasil analisa didapatkan nilai sebesar 22,913,047 ESAL, Sedangkan untuk CESAL Aktual Berdasarkan masing-masing lajur didapatkan nilai 8,239,688 ESAL untuk arah Solo-Ngawi dan 4,270,023 ESAL untuk arah Ngawi-Solo. Dari kedua hasil diatas dinyatakan bahwa umur sisa untuk masing-masing jalur didapatkan 64.04 % untuk Arah Solo-Ngawi dan 81.37 % untuk Arah Ngawi-Solo. Manfaat penelitian ini dapat diketahui terkait berapa umur sisa perkerasan dari ruas Tol Solo-Ngawi sehingga diharapkan dapat berkontribusi sebagai acuan pengelola jalan tol untuk peningkatan masa layan jalan lebih banyak lagi bagi pengguna kendaraan yang memilih jalan tol Solo-Ngawi.

Referensi

Ahmad, A. N. (2022). Analisis Kondisi Fungsional Ruas Jalan Jeni-Merakurak Dengan Menggunakan Metode PSI dan RCI Serta Prediksi Sisa Umur Perkerasan Jalan ( Remaining life ). Paduraksa, 11(2019), 127–139. https://doi.org/10.22225/pd.11.1.4834.127-139

Ahmed, F., Thompson, J., Kim, D., Huynh, N., & Carroll, E. (2021). Evaluation of pavement service life using AASHTO 1972 and mechanistic-empirical pavement design guides. International Journal of Transportation Science and Technology, xxxx, 0–2. https://doi.org/10.1016/j.ijtst.2021.11.004

Aji, Z. A., & Susilo, B. H. (2023). Evaluasi Tebal Perkerasan Jalan Menggunakan Program Software Kenpave. Jurnal Rekayasa Lingkungan Terbangun Berkelanjutan, 01(01), 96–105. https://doi.org/10.25105/jrltb.v1i1.15921

Apriyatno, T. (2015). Uji Komparasi Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur dan Kaku Metode AASHTO 1993 ( Studi Kasus Proyek KBK Peningkatan Jalan Nasional Banyumanik – Bawen ). Jurnal Teknik Sipil Dan Perencanaan, 17. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jtsp.v17i1.6895

Bagaskara, R., Riani, D., & Murniati. (2021). Kinerja Sisa Umur Rencana Jalan Berdasarkan Pertumbuhan Lalu Lintas di Kota Palangka Raya. Jurnal Kacapuri, 4(2), 194–201. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/jk.v4i2.6426

Dwiputra, A. Y., Utomo, S. H. T., & Mulyono, A. T. (2021). Prediksi Sisa Umur Perkerasan Lentur Dengan Metode Mekanistik-Empirik Ruas Jalan Prof. Dr. Wirjono Prodjodikoro, Yogyakarta. Jurnal Transportasi, 21(3), 173–186. https://doi.org/https://doi.org/10.26593/jtrans.v21i3.5447.173–186

Fahrurrozi, Wibisono, G., & Muhammad Yusa. (2020). Evaluasi Struktur Perkerasan Lentur Dengan Metode Empiris dan Mekanistik-Empiris. Jurnal APTEK, 12(2), 102–107. https://doi.org/https://doi.org/10.30606/aptek.v12i2.351

Hamdi, B., Putra, R., Alwinda, Y., & Aka, M. R. (2022). Penanganan Jalan Berdasarkan Umur Sisa Perkerasan dan Internatioanl Roughness Index ( IRI ) pada Ruas Jalan Nasional Simpang Kayu Ara - Batas Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau. Jurnal Teknik Sipil ITP, 9(2), 61–67. https://doi.org/10.21063/JTS.2022.V902.061-67

Hendito, H. (2021). Evaluasi Kerusakan Perkerasan Lentur Ruas Tol Jakarta - Cikampek dan Alternatif Penanganannya. Jurnal Mitra Teknik Sipil, 4(4), 837–844. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/jmts.v4i4.12640

Kardinata, & Darmadi. (2020). Evaluasi Tebal Perkerasan Kaku Menggunakan Metode PCA , Bina Marga 2002 , AASHTO 1993 , dan Hru. Jurnal Teknik Sipil - Arsitektur, 19(2). https://doi.org/https://doi.org/10.54564/jtsa.v19i2.48

Mubarak, M., Rulhendri, R., & Syaiful, S. (2020). Perencanaan Peningkatan Perkerasan Jalan Beton Pada Ruas Jalan Babakan Tengah Kabupaten Bogor. ASTONJADRO: Jurnal Rekayasa Sipil, 9(1), 1–13. https://doi.org/10.32832/astonjadro.v9i1.2694

AASHTO. (1993). AASHTO Guide for Design of Pavement Structure. Washington D.C: American Association of State Highway and Transportation Officials

Prasetyo, E., Sumina, Prayitno, K. J., & Amhudo, R. L. (2023). Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Pada Jalan Tol Solo - Yogyakarta - NYIA Kulon Progo Dengan Metode Bina Marga 2017. Journal Of Civil Engineering And Infrastructure Technology, 2(1). https://doi.org/10.36728/jceit.v2i1.2664

PT. Jasamarga Solo Ngawi. (2020). Company profile. In PT. Jasamarga Solo Ngawi.

Putra, N. M., Silitonga, S. P., & Robby. (2021). Analisis Sisa Umur Rencana Jalan Berdasarkan Pertumbuhan Lalu Lintas di Kota Palangka Raya. Jurnal Teknika, 4(2), 155–164. https://doi.org/https://doi.org/10.52868/jt.v4i2.2729

Rahadian, R. (2018). Evaluasi Kondisi Perkerasan Lentur dan Prediksi Umur Layanan Ruas Jalan Wonosari - Mulo KM 4 - 5 (Vol. 5) [Universitas Islam Indonesia]. https://doi.org/https://doi.org/10.36761/hexagon.v4i2.3232

Ratnasari, H., & Suparma, L. B. (2021). Prediksi Present Serviceability Index Untuk Analisis Sisa Umur Layan Perkerasan Lentur. Jurnal HPJI, 7(2), 153–162. https://doi.org/https://doi.org/10.26593/jhpji.v7i2.5059.153-162

Ridwan, F., & Care, A. M. (2012). Evaluasi Kondisi Struktural Perkerasan Lentur Menggunakan Metoda AASHTO 1993 Studi Kasus : Ruas Ciasem-Pamanukan ( Pantura ). Jurnal Teknik Sipil, 19(1), 53–64. https://doi.org/10.5614/jts.2012.19.1.5

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods).

Suryadi, A., & Susilo, B. H. (2017). Komputerisasi Penentuan Tebal Perkerasan Kaku Dengan Metode AASHTO 1993. Jurnal Teknik Sipil, 13(65), 1–20. https://doi.org/https://doi.org/10.28932/jts.v13i1.1425

Usman, R. S., Setyawan, A., & Suprapto, M. (2018). Prediction of pavement remaining service life based on repetition of load and permanent deformation Prediction of pavement remaining service life based on repetition of load and permanent deformation. IOP Publishing, 333. https://doi.org/10.1088/1757-899X/333/1/012089

Diterbitkan
2024-06-30
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 135 times
PDF (English) downloaded = 129 times